Yuk, Ikuti Tips Hidup Hemat Untuk Anak Kos

Yuk, Ikuti Tips Hidup Hemat Untuk Anak Kos

Photo by Andrew Neel on Unsplash

 

Pergi merantau dan memilih untuk hidup mandiri dan jauh dari kedua orang serta serta mencoba merasakan menjadi anak kos, Gengs. Saat kamu berstatus menjadi anak kos akan bertambah satu pikiran selain belajar yaitu bagaimana caranya uang yang dikirimkan orang akan cukup digunakan selama sebulan untuk memnuhi kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan kuliah lainnya, sehingga uang kamu hanya habis begitu saja tanpa tersisa sedikit untuk kamu tabung.

Tantangan berat bukan sahabat ? Tetapi don’t worry Gengs, saya akan membagikan tips hidup hemat buat kamu yang anak kos.

 

1. Cari kos yang banyak fasilitas tersedia dan letaknya strategis

Saat kamu mencari kos, kamu mesti mempertimbangkan fasilitas yang disediakan dan letaknya strategis. Kalo bisa fasilitas seperti wifi supaya internetan gratis sehingga kuota internet bisa hemat, tempat tidur, kipas angina, lemari sehingga kamu tinggal bawa koper sama pakaian saja, sehingga pengeluaran kamu semakin sedikit.

Selain fasilitas kos, letak kos juga mesti di perhitungkan, jika jarak kos dengan kantor atau kampus dekat kamu bisa jalan kaki saja sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi.

 

2. Catat setiap pengeluaran

Saat kamu ingin membeli suatu barang kamu harus memikirkan dan memastikan apakah barang tersebut patut untuk kamu beli? apakah barang itu kamu butuhkan? apakah kamu wajib untuk memimiliki barang tersbut. Jangan hanya mengandalkan nafsu belaka saja, kamu juga mesti memikirkan manfaat barang tersebut jika kamu beli.

Contohnya kamu mendapat kiriman uang jajan satu juta sekali sebulan. Dari uang satu juta coba kamu bagi untuk uang jajan, uang makan, keperluan kuliah dan usahakan menabung walaupun sedikit. Misalnya jatah uang untuk sehari 30.000, usahakan masak di kos dan jangan membeli sebab hanya akan menambah pengeluaran. Beli saja beras dan lauk sederhana saja. Catat semua pengeluaran secara detail sehingga kita mengetahui pengeluaran kamu.

 

3. Saat keluar rumah bawa uang secukupnya.

Kebiasaan membawa banyak uang saat keluar rumah juga mesti di rubah sebab saat kamu memiliki uang lebih di saku kamu, otomatis keinginan untuk berbelanja pun besar. Jadi lebih baik membawa uang cukup saat keluar rumah, sudah pasti kamu berbelanja apa yang kamu butuhkan saja dan tidak bisa membeli barang lainnya sebab uang kamu hanya cukup membeli barang yang kamu butuhkan.

 

4. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan

Kita seringkali mudah tergoda untuk membeli sesuatu apalagi di iming-imingi dengan harga murah, diskonan, limited edition, apalagi jika barang tersebut sangat kamu inginkan. Sikap itulah yang mesti kamu rubah, kamu mesti memikirkan saat akan membeli sesuatu, apakah barang tersebut kamu butuhkan atau hanya sedekar nafsu ingin memilikinya saja.

 

5. Jangan terlalu sering nongkrong

Saat tidak ada jam kuliah, anak kos biasanya cuma tidur-tiduran di kos, atau main gadget di kos. Tapi jika seharian hanya memandang dinding kos memang bosan makanya kamu hamgout keluar sama tema. Tapi ingat, keseringan nongkrong itu lah pengeluaran kamu membengkak, mulai sekarang coba lah mengurangi frekuensi nongkrong bareng teman satu sampai dua kali sebulan, supaya kamu bisa program penghematan kamu berhasil.

 

6Usahakan menabung

Kalo untuk menabung bagi anak kos agak mustahil sebab pasti pengeluaran sebagai anak kos besar, walaupun demikian kamu mesti menyisihkan uang kamu untuk kamu tabung, tidak perlu banyak yang penting kamu menabung, sebab tabungan nanti pasti akan berguna, misalnya saja kamu sedang sakit atau keperluan yang sangat mendesak dan uang yang kamu miliki pas-pasan sehingga disinilah peran dari tabungan kamu.

 

7. Usaha kecil-kecilan

Terkadang hidup sebagai anak kos, uang bulanan yang kamu miliki tidak mencukupi kebutuhan kamu selama sebulan, seringkali kamu kekurangan uang saat akhir bulan, jika kamu meminjam uang teman, otomatis saat awal bulan kamu mesti membayar kembali uang yang kamu pinjam, tidak mungkin kamu terus-terusan seperti itu.

Jadi coba lah Gengs, kamu menjalankan usaha kecil-kecilan seperti menjual pulsa, menjual sncak ringan, menjual minuman di sekitar kampus. Dengan begitu kamu bisa menggunakannya saat akhir bulan dan kamu tidak perlu meminjam uang teman.

Awalnya memang sulit menerapkan tips tersebut, tapi tidak ada salahnya bukan mencobanya mulai dari sekarang, sebab semua hal di mulai dari hal yang kecil. Hidup serba hemat dan pas-pasan udah biasa kok untuk anak kos, seperti kata pepatah “bersakit-sakit kehulu berenag-renang kemudian. Semangat berjuang bagi kamu yang anak kos,