Waspadalah! 4 Hal Ini yang Membuat Uang Gaji Anda Cuma Numpang Lewat

Waspadalah! 4 Hal Ini yang Membuat Uang Gaji Anda Cuma Numpang Lewat
Waspadalah! 4 Hal Ini yang Membuat Uang Gaji Anda Cuma Numpang Lewat
Waspadalah! 4 Hal Ini yang Membuat Uang Gaji Anda Cuma Numpang Lewat
Waspadalah! 4 Hal Ini yang Membuat Uang Gaji Anda Cuma Numpang Lewat
Waspadalah! 4 Hal Ini yang Membuat Uang Gaji Anda Cuma Numpang Lewat

Masalah klasik yang sering dihadapi sebagian besar pegawai yang selalu mengeluhkan bahwa uang gaji hanya numpang lewat sering sekali kita dengar. Bahkan uang gajinya mampir di rekening tabungan hanya sejenak lalu menghilang entah kemana hingga tak tersisa, kalaupun tersisa hanya saldo minimum, duh udah gitu ngeluh dan memelas saat cari pinjaman kesana kemari, eits jangan jadi kebiasaan ya Gengs!

Terkadang kamu bingung sendiri saat uang gajimu selalu ludes dalam sekejam. Jangan heran Gengs, mungkin saja ada yang salah dengan caramu mengelola keuanganmu sendiri, kroscek dan coba telusuri apa sih yang jadi penyebabnya dan ubahlah kekeliruan yang kamu lakukan selama ini.

Memang setiap orang memiliki kebutuhan, tapi apakah anda sudah menyesuaikan pemasukan dan pengeluaranmu selama ini? Jangan sampai minus ya Gengs! Jika kamu pintar-pintar mengatur keuanganmu, besar kemungkinan keuanganmu akan aman, dan terhindar dari masalah keuangan.

Nah berikut, 4 hal yang perlu kamu waspadai agar uang gajimu tak selalu numpang lewat.

 

1. Kalap dan khilaf saat pegang uang gaji

Photo by Mark Zamora on Unsplash

 

Apa sih yang pertama kali kamu lakukan saat terima gaji Gengs? Makan-makan, nonton, atau shopping ke mall. Wah-wah wow! Boleh dan sah-sah saja Gengs, karena itu uangmu sendiri, tapi jangan sampai kebablasan dan lupa diri, kalap pas lihat diskonan dan khilaf hingga membeli barang-barang yang sebetulnya tidak kamu butuhkan, yang berakhir penyesalan ketika uangmu tiba-tiba ludes.

Ingat kebutuhan pokokmu sudah dibayar belum? Seperti tagihan listrik, telpon dan cicilan kreditanmu setiap bulan yang wajib kamu bayar sudah disisihkan belum? Dan ingat satu lagi kebutuhan makanmu selama sebulan juga harus disisihkan terlebih dahulu, jangan sampai soal makan juga ngutang Gengs.

Kebiasaan menghamburkan uang setelah terima gaji, tentu saja tidak sehat buat kantongmu Gengs. Segera bagi dan pisah-pisahkan agar kamu tidak bingung, bayarlah tagihan pokokmu, sebagian lagi simpan buat ditabung entah berapa persennya yang penting menabung, hal ini perlu untuk kebutuhan - kebutuhan mendadak tak terduga yang mungkin saja menimpamu, berapapun yang ingin kamu simpan tinggal sesuaikan dengan gajimu yang penting konsisten menabung. Dan sisanya terserah anda, bebas mau buat apa saja yang jelas jangan lupa sedekah ya Gengs.

 

2. Gaya hidup mewah yang tak sesuai dengan gajimu

Photo by David Potaczala on Unsplash

 

Berapa besar gaji yang kamu terima, apabila tak mampu menggunakan dengan bijak, maka masalah keuangan akan selalu mampir padamu dan sudah dipastikan gajimu akan amblas dalam waktu sekejap.

Apalagi gajimu itu kamu pergunakan hanya untuk gaya hidup yang selalu ingin dipandang wah supaya dapat pengakuan status sosial dari orang lain,  sehingga pengeluaran yang kamu gunakan melampaui batas gaji yang kamu miliki, bisa jadi kamu nekat berhutang hanya untuk hal tersebut.

Soal gengsimu yang kelewat tinggi akan berimbas pada persoalan keuangan yang parah, apabila tak segera kamu ubah kebiasaan dan gaya hidup mewahmu itu Gengs. Singkirkan gengsimu dan hiduplah apa adanya sesuai dengan uang yang kamu miliki.

 

3. Sok jadi bos dan traktir-traktir temanmu

Photo by Toa Heftiba on Unsplash

 

Boleh sih sekali-kali kamu mentraktir teman-temanmu Gengs, tapi sesuaikan dengan gaji yang kamu miliki dan jangan terlalu sering juga, hanya karena ingin dipanggil "Bos" lantas kamu mentraktir mereka terus menerus hingga uang gajimu habis tak tersisa, kalau sudah begitu siapa yang perduli Gengs! Kalau kamu bokek gara-gara mentraktir mereka, tentu saja penderitaan ga punya duit kamu sendiri yang tanggung, hanya gara-gara sok jadi "Bos".

Well, janganlah sok-sokan nge-bos Gengs, kalau hal tersebut justru membuat kantongmu kebobolan.

 

4. Berfoya-foya

Photo by freestocks.org on Unsplash

 

Bagi sebagian orang yang suka berfoya-foya menghamburkan uang untuk hal-hal yang sebetulnya tidak terlalu penting. Bahkan cenderung mengarah ke hal-hal yang bersifat negatif, seperti makan-makanan atau minum-minuman mewah yang harga selangit, mabuk-mabukan, dugem dan pesta-pesta yang ga jelas  merupakan pemborosan yang disengaja untuk kesenangan sesaat. Tentu saja hal tersebut menguras dompetmu.

Jika kebiasaan berfoya-foya tak segera kamu hentikan, al hasil gajimu bakal lenyap sekejap dan hidupmu akan selalu dirundung masalah finansial yang tak kunjung kelar, sadarlah buatlah hidupmu memiliki manfaat dan jangan mengejar kesenangan semata dan memuja kemerlapnya dunia yang bersifat semu Gengs.

Kelola uangmu dengan bijak Gengs, dan hindari 4 hal tersebut, jika ingin hidupmu lebih baik nantinya, biasakan menabung biar untung dan tak lagi buntung. Pastinya uang gajimu tak bakal numpang lewat kayak iklan-iklan di televisi. Semangat ya Gengs!