Walaupun Cuma Hitam Putih Potretnya, Candi Borobudur Malah Tambah Menawan.

Walaupun Cuma Hitam Putih Potretnya, Candi Borobudur Malah Tambah Menawan.

Candi borobudur (Foto: kilatfintech.com)

 

Di medsos saat ini sedang ramai-ramainya membicarakan tentang candi Borobudur dengan foto hitam putihnya, khususnya di media sosial Facebook. Sumbernya di dapat dari salah satunya yaitu grub Indonesia tempo doeloe, keramaian ini berawal dari akun FB atas nama Agustian mengupload beberapa foto jadul dari Candi Borobudur dengan menulis 

 

Reruntuhan candi Borobudur ditemukan pertama kali pada tahun 1814, saat Inggris menguasai Jawa, di bawah pimpinan Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles.

Borobudur sebelum proses restorasi Theodoor van Erp. (Sumber: Borobudur, Periplus Editions HK Ltd. 1990)

 

Pemugaran pertama yang dilakukan pemerintah Hindia Belanda oleh Theodore van Erp sekitar tahun 1907-1911. Dan berlanjut pemugarannya tahun 1973-1983.

Sumber: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Postingan ini terbukti sangat viral, karena sampai dengan saat ini sudah mencapai 1000 kali lebih di share oleh warganet.

Memang membicarakan candi borobudur tidak akan pernah ada habisnya, selalu saja menarik. Mulai dari reliefnya, mulai dari kajian yang menyatakan bahwa candi Borobudur adalah peninggalan Nabi Sulaiman, sampai misteri jam raksasa yang akhir-akhir ini menambah ramai menjadi perbincangan. Nah berikut foto-foto yang menandakan bahwa Borobudur memang sudah menawan, waktu pertama kali ditemukan, walaupun bentuk dan strukturnya belum lengkap seperti sekarang.

Kita sebagai anak millenial wajib menjaga warisan budaya bangsa, yang telah diakui sebagai warisan dunia. Peran kita dalam menjaga keutuhan bangunan bersejarah ini sangatlah penting gengs, sebab jika tidak generasi selanjutnya tidak akan ikut menikmati dan mengetahuinya kebanggaan hasil karya bangsa Indonesia.