Tips Sederhana Berikut Memabantu Kamu Dalam Mengatasi Stres

Tips Sederhana Berikut Memabantu Kamu Dalam Mengatasi Stres

Foto: https://unsplash.com/@creedi

 

Stres hampir dialami oleh semua orang, dan banyak faktor yang menyebabkan orang mengalami stres. Misalnya saja kesibukan dan rutinitas yang kamu alami sehari-hari bisa menyebabkan kamu mengalami stres Gengs.

Stres sudah hal yang lumrah pada zaman modern sekarang. Stres tidak hanya mempengaruhi pikiran, suasana hati dan mood seseorang, tetapi juga berdampak kepada kesehatan tubuh.

Jika kesehatan pikiran dan tubuh kamu terganggu kamu mesti bisa mengatasi stres yang kamu alami. Cobalah kamu lakukan tips berikut ini agar kamu bisa mengelola stres yang kamu alami :

 

1. Mengontrol penggunaan sosial media

Memang tidak semua yang ada di sosial media memberikan dampak negatif tetapu juga ada dampak positif yang bisa kita ambil. Tetapi tanpa kamu sadari, kamu selalu berpatokan terhadap sosial media sehingga membuat kamu berubah.

Kamu lebih peduli dengan pendapat orang lain di sosial media sehingga kamu akan terus berusaha dan selalu tampil dengan sempurna, indah dan enak untuk mata memandang, apakah itu membuat kamu bahagia?? Terkadang sikap kamu yang seperti itu lah yang membuat kamu kehilangan jati dirikamu yang sebenarnya Gengs.

Kamu mesti berpura-pura bahagia dan bersikap agar sesuai dengan yang terdapat di sosial media tersebut. Bermain sosial media itu memang tidak di larang tetapi kita juga mesti mengontrol nya sebab jika kita tidak memahami kita juga akan tergolong gaptek.

Lebih baik sibukkan diri kamu dengan menikmati hidup kamu sendiri dan bermanfaat bagi orang lain. Dengan begitu kamu akan merasa lebih tenang dan enjoy menikmati hidup.

 

2. Biasakan bangun pagi awal

Awali hari kamu dengan bangun pagi dan menikmati pagi yang cerah sambil menghirup udara pagi yang masih fresh ataupun berjalan-jalan di sekitar kompleks rumah, itu akan membuat suasana hati kamu menjadi lebih baik sehingga akan bersemangat melakukan aktifitas sepanjang hari.

Tetapi jika kamu bangun kesiangan pikiran menjadi kalut dan suasana hati buruk sebab kamu akan di kejar waktu untuk mandi, berpakaian dan berangkat ke kantor, dan kamu sering melewatkan sarapan pagi.

Saat kamu bangun pagi, kamu tidak akan tergesa-gesa untuk bersiap-siap ke kantor, apalagi kalo masih ada waktu kamu bisa menikmati secangkir teh hangat yang membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks Gengs.

 

3. Isi waktu weekend dengan jalan-jalan atau wisata.

Biasanya saat weekend kamu bermalas-malasan di rumah sambil ngemik dan menonton TV atau bermain gadget. Sebab kamu beranggapan setelah lelah sibuk dengan urusan pekerjaan di saat weekend ingin mengistirahatkan tubuh dan pikiran.

Justru disaat weekend inilah kamu bisa memanfaatkan waktu untuk memanjakan dirikamu dengan pergi jalan-jalan atau liburan sehingga pikiran dan suasana hati kembali ceria Gengs.

Tidak perlu ke tempat yang jauh dan butuh buget tinggi, cukup berkumpul dengan teman atau keluarga di taman atau tempat wisata dekat daerah kamu tinggal. Bermanfaat bukan waktu weekend kamu.

 

4. Saling berbagi

Perbanyaklah saling berbagi dengan sesama seperti berkunjung ke panti asuhan atau panti jompo, memberi walaupun sedikit kepada orang yang lebih membutuhkan, mengikuti kegiatan bakti sosial dan lainnya.

Saat kamu berbagi dengan orang lain, kamu akan merasakan kedamaian dan lebih bersyukur dengan keadaan kamu yang sekarang ini. Berbagi tidak akan membuat kamu kekurangan, justru hidup yang kamu jalani lebih bahagia dan damai.

 

5. Rajin mengonsumsi air putih

Gengs, ternyata rajin mengonsumsi air putih membantu kamu mengatasi stress dan ketegangan yang sedang melanda kamu. Saat kamu mengalami stress, cairan yang terdapat didalam tubuh akan berkurang sehingga tubuh kamu akan cepat merasa lelah, terlebih lagi saat kamu mengalami stress tubuh kamu mengeluarkan banyak keringat.

Dengan meminum air putih tubuh pun terhindar dari kekurangan cairan, sehingga tubuh kembali vit dengan begitu stress bisa sedikit berkuramg.

 

6. Berolahraga

Saat kamu berolahraga selain menjaga kesehatan fisik tubuh dan menjaga kesehatan pikiran dan jiwa. Saat kamu mengalami stress cobala berolahraga, misalnya olahraga pagi di sekitar kompleks rumah sambil menghirup udara segar sehingga pikiran kamu bisa sedikit lebih jernih dari sebelumnya.

Selain itu, saat kamu melakukan olahraga terjadinya peningkatan produksi hormone endorphin yang memberikan efek relaksasi pada otak dan pikiran. 

 

7. Usahakan tubuh mendapatkan istirahat cukup

Saat tubuh kamu merasakan lelah yang terus menerus akan menyebabkan orang tersebut sulit mengendalikan tekanan yang dialami tubuh termasuk mengendalikan emosi dan tingkat stress yang dialaminya.

Jika tubuh sudah merasakan lelah jangan paksakan tubuh untuk terus beraktifitas sebab tubuh juga butuh istirahat. Tubuh yang kurang berirtirahat akan membuat daya konsentrasi dan ingat menjadi menurun serta tidak fokus dalam melakukan suatu pekerjaan.

Tubuh mesti membutuhkan waktu istirahat selama 7 – 8 jam lamanya dalam sehari. Saat tubuh mendapatkan istirahat cukup, kamu pun akan bersemangat beraktifitas, tubuh teras lebih segar, dan berkonsentrasi serta fokus dalam melakukan aktifitas