Tips Mewujudkan Mimpi Ibu Melahirkan Bayi Sehat

Tips Mewujudkan Mimpi Ibu Melahirkan Bayi Sehat

Photo by Chema Photo on Unsplash

 

Menjadi seorang ibu merupakan anugerah terbesar bagi setiap wanita, apalagi seorang ibu yang melahirkan bayi dalam keadaan sehat. Oleh karena itu ibu harus mampu menjaga kandungan mereka. Ibu hamil yang memiliki pola hidup tidak sehat seperti merokok atau begadang selama kehamilan akan berdampak buruk terhadap kesehatan kandungannya.

Oleh karena itu sangat penting bagi ibu untuk menerapkan pola hidup sehat lho Gengs. Berikut tips ibu melahirkan anak yang sehat : 


1. Mengonsumsi makanan yang bergizi

Mengonsumsi makanan yang bergizi sangat penting selama masa kehamilan, terutama untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Jika ibu tidak,  ibu akan beresiko melahirkan anak dengan berat badan di bawah normal atau kecerdasan otak anak menurun.

Hindari mengonsumsi makanan yang tidak sehat seperti junk food. Lebih baik ibu hamil banyak mengonsumsi buah dan sayuran yang segar


2. Hindari mengonsumsi kafein 

Ibu hamil mesti menghindari mengonsumai minuman dan makanan yang mengandung kafein walaupun dulunya menyukai minuman ini. Biasanya kafein di jumpai pada kopi, teh, cokelat, roti dan minuman bersoda.

Jika terlalu sering mengonsumsi kafein selama kehamilan akan menyebkan perkembangan dan pertumbuhan janin menurun, resiko melahirkan bayi dengan keterbelakangan mental dan cacat. Lebih baik ibu hamil mengonsumsi minuman yang sehat dan menyegarkan seperti jus buah dan air putih.


3. Hindari penggunaan barang yang mengandung bahan kimia

Menggunakan produk kecantikan saat hamil juga mesti berhati-hati, jangan sembarangan memakai produk kecantikan, ibu mesti memeriksa kandungan bahan yang terkandung di dalam kosmetik tersebut apakah aman untuk digunakan, dan ibu jangan tergiur dengan iming-iming harga yang murah, apalagi jika kosmetik mengandung bahan kimia seperti merkuri, AHA,  retinoid dan zat kimia lainnya.

Lebih baik ibu menggunakan bahan alami saja apalagi jika ibu menggunakan masker, ibu juga bisa membuat sendiri di rumah. Selain produk kecantikan ibu mesti menghindari mengonsumsi sembarang obat sebelum dianjurkan dokter. 


4. Dianjurkan mengonsumsi kacang almond

Kacang almond mengandung nutrisi yang kaya berupa vitamin E, B2, B9, kalsium, protein dan serat. Jika ibu hamil mengonsumsi kacang almond akan memberikan dampak positif bagi janin seperti menguatkan tulang, melancarkan pencernaan, mengatasi alergi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh saat lahir.

Jika ibu hamil bosan mengonsumsi kacang almond, ibu juga bisa mengomsumsi kacang almond olahan seperti kacang almond yang terdapat pada roti, biskuit dan coklat. 


5. Rutin berolahraga

Selama kehamilan tidak di larang kok bagi ibu untuk berolahraga, olahraga juga penting untuk kesehatan ibu dan janin, dengan berolahraga tubuh menjadi bugar dan tidak tersegang penyakit serta melancarkan metabolism.

Tapi pilihlah olahraga yang sesuai untuk ibu hamil, jangan memaksakan diri untuk melakukan olahraga ektrem dan berat, apalagi akan menyebabkan kandungan ibu mengalami keguguran.

Walalupun dulunya ibu sebelum hamil menyukai olahraga yang berat dan ektrem seperti sit up, push up dan angkat beban. Lebih baik ibu melakukan olahraga ringan saja tapi tetap menyehatkan tubuh mom, seperti yoga, senam, renang dan jalan santai. 


6. Tidur cukup

Ibu hamil sangat tidak di sarankan untuk begadang apalagi sampai larut malam. Idealnya orang dewasa tidur selama 6-8 jam per hari, lebih baik untuk ibu hamil waktu tidurnya lebih dari 8 jam, agar ibu mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas, jika ibu tidak cukup tidur akan menyebabkan ibu kelelahan dan tidak bersemangat dalam melakukan aktifitas fisik.

Saat hamil ibu mesti mengurangi memikirkan hal yang yang akan mengganggu kesehatan ibu dan kandungan, coba pikirkan saja hal hal yang positif saja. 


7. Rutin memeriksa kehamilan

Memeriksa kehamilan juga penting selama kehamilan, walaupin kita merasa kehamilan kita baik-baik saja akan lebih baik minimal sekali sebulan memeriksakan kepada dokter kandungan. Ikuti semua saran yang diberikan dokter agar kandungan ibu selalu dalam keadaan sehat.


8. Rajin mencari informasi 

Selain berkonsultasi dengan dokter, ibu juga mesti rajin mencari informasi dari buku dan browsing seputar kehamilan. Galilah informasi dari sumber terpercaya. Selain itu cobalah sharing dengan teman atau keluarga yang telah pernah hami, tetapi perlu di pilah pilah informasi yang kamu dapatkan. 


Ibu mesti menjaga kesehatan janin dan diri selama kehamilan terutama saat memasuki kehamilan 9 bulan, ibu mesti mempersiapkan kesehatan fisik tubub dan mental sehingga proses persalinan berjalan lancar.