Tips Mengontrol Gaji Bulanan

Tips Mengontrol Gaji Bulanan

Hari menerima gaji merupakan hari yang paling membahagiakan dan sangat dinantikan oleh para karyawan, setelah sebulan bekerja keras akhirnya mendapatkan upah.

Tetapi terkadang saking senangnya menerima gaji kamu langsung membelajakannya dan saat gaji kamu menipis tapi masih tengah bulan dan akhirnya kamu terpaksa meminjam uang rekan kerja saat akhir bulan.

Sikap seperti ini lah yang mesti kamu ubah sebab nantinya akan menjadi kebiasaan yang akan merugikan kamu sendiri Gengs. Oleh karena itu ikuti tips menghemat gaji agar cukup selama sebulan :

 

1. Membuat anggaran pengeluaran sebulan

Membuat anggaran pengeluaran sangat penting dalam mengontrol uang gajian kamu. Kamu mesti perkirakaran uang yang mesti kamu keluarkan selama sebulan ini Genhs, apa saja kebutuhan yang butuhkan selama sebulan ini, kamu juga mesti memperkiraan pengeluaran yang kamu keluarkan tiba-tiba. Kamu harus bisa mengalokasikan gaji kamu agar mencukupi selama sebulan.

 

2. Mengangsur membayar cicilan ataupun hutang

Disaat kita sudah bekerja dan memiliki gaji sebagai upah kerja selama sebulan, banyak hal yang ingin kamu miliki dan terkadang butuh waktu lama untuk mengumpulkan uang. Oleh karena itu terkadang orang membeli barang tersebut dengan cara mencicilnya, misalnya membeli rumah pasti membutuhkan waktu lama untuk mengumpulakn uang dan terkadang jika sudah terkumpul ada saja yang membuat uang tersebut digunakan.

Cicilan tersebut mesti kamu bayarkan setiap bulannya agar tidak bertumpuk dan membuat kamu sulit untuk melunasinya, Gengs.

Begitu pun dengan hutang, jika sudah gajian langsung bayarkan hutang kamu agar tidak menumpuk dan menjadi beban pikiran bagi kamu.

 

3. Usahakan mempunyai tabungan 2 buah

Salah satu trik untuk menghemat uang gaji kamu selama sebulan yaitu menyiapkan dua buah tabungan bank. Jadi saat kamu gajian uang sisa dari perhitungan pengeluaran kamu disimpan di tabungan satunya lagi sebab kamu juga mesti punya tabungan walaupun sedikit, supaya tidak ada keinginan untuk mengambil uang gaji kamu. Jika seluruh uang kamu simpan di tabungan yang sama tentu saja kamu sulit mengontrol untuk tidak mempergunakannya. 

 

4. Hitung pengeluaran dan anggaran

Saat kamu menghitung anggaran yang mesti kamu keluarkan selama sebulan dan pengeluaran yang telah kamu keluarkan selama sebulan ini, lalu bandingkan antara keduanya, apakah hasilnya sesuai anggaran yang kamu.

Jika pengeluaran mendekati anggaran yang di buat maka rencana kamu berhasil dan terapkan kembali pada bulan berikutnya.

Tetapi jika melebihi dari anggaran kamu mesti merevisi kembali anggaran yang kamu buat dan berusaha maksimal untuk menghemat pengeluaran.

 

5. Dahulukan kebutuhan

Sering kali saat kita berbelanja yang kita beli tidak sesuai dengan rencana awal, tujuan awal membeli tas tetapi melihat sepatu yang menarik hati kamu lalu membelinya.

Sikap seperti ini mesti di rubah jika ingin mengontrol keuangan kamu. Kamu mesti mendahulukan apa yang kamu butuhkan bukan yang kamu inginkan.

Jika tujuan kamu membeli tas ya beli saja tas, tidak usah melirik sepatu atau barang lain. Itu hanya akan membuat pengeluaran kamu semakin membengkak.

 

6. Menggunakan uang tunai

Saat kamu pergi keluar selalu gunakan uang tunai saat berbelanja dan selalu membawa uang pas-pasan. Jika kamu membawa uang dalam jumlah besar, keinginan untuk banyak berlanja pun akan timbul.

Bukannya berhemat kamu hanya akan menambah pengeluaran kamu. Jadi kamu hanya bisa belanja apa saja yang kamu prioritas kamu.

 

7. Jangan curi kesempatan untuk menggunakan ATM

Kamu sering mencuri kesempatan mempergunakan uang yang kamu simpan di dalam ATM kamu, walaupun kamu bertekad hanya akan menggunakan uang tunai, kamu mesti teguh pendirian untuk menggunakan ATM kamu kecuali di saat genting seperti kamu terkena musibah atau pulang kampong mendadak.

Kamu mesti patuh dengan anggaran yang kamu bikin sendiri dan berusaha jangan membelanjakan gaji kamu dengan semena-mena sebab kamu sendiri yang akan menyesal jika kamu bersikap boros.

 

8. Berteman dengan orang sederhana

Pengaruh lingkungan juga berpengaruh terhadap perilaku kamu, terutama teman dekat ataupun teman bermain. Bergaul dengan semua orang memang diharuskan tetapi kamu mesti memilih milih teman yang memang mengajak kamu kepada hal yang baik.

Hindari berteman dengan orang yang tingkat konsumtif nya tinggi sebab kamu bisa juga terpancing memiliki sikap konsumtif.

Jangan ikuti gaya kehidupan orang lain, sesekali royal tentu saja boleh. Pilihlah teman yang sederhana saja, sederhana dalam berbelanja, sederhana saat hangout, tanpa disadaripun sikap kamu pun akan mengikuti teman kamu yang sederhana. Memberikan dampak postif bukan bagi kehidupan kamu.