Tips Ini Recomended Banget Untuk Membalas Orang Yang Membenci Dan Menyakitimu. Don't Miss It

Tips Ini Recomended Banget Untuk Membalas Orang Yang Membenci Dan Menyakitimu. Don't Miss It

Photo by Matthew T Rader on Unsplash

 

Haloo Gengs!

Pernah enggak sih, dibenci dan disakiti oleh orang yang tidak kita duga? Bisa dari teman, sahabat karib, atau rekan kerja yang iri atau tidak suka dengan kita?

Padahal kita sudah menganggap baik orang itu, tetapi pada kenyataaannya kebaikan kita malah dibalas dengan kejahatan dan kebencian. Bagai peribahasa “Air susu dibalas dengan air tuba”. Sakittt sekali, bukan?

Kali ini saya ingin membagikan tips untuk membalas orang yang menyakitimu. Tetap dijalur yang Positif dong yaa pastinya.


1. Do’akan Dia

Photo by Ben White on Unsplash

Gengs, saya menulis artikel ini bukan berarti saya mengarang yah. Ini juga sudah lakukan sendiri. Setiap kali selesai beribadah, Do’akan yang baik-baik untuk dia yang menyakitimu. Jangan malah do’a yang buruk-buruk lhoh yaa. Karena apa? Karena do’a yang baik juga akan kembali untuk kita. 

Jangan pernah  lelah  untuk mendo’akannya. Minta pada sang maha Pembolak-balik hati, Tuhan yang Maha Esa untuk melunakkan hatinya. Do’a yang baik itu bisa berupa : diberikan kesehatan, rezeki yang berkah, umur yang bermanfaat, dll


2. Minta Nasihat Orang yang lebih tua

Photo by rawpixel on Unsplash

Nah, ketika ada orang yang benci kepadamu, coba deh kamu minta nasihat dari orang yang lebih tua, agar kamu tidak merasa down. Terkadang ketika disakiti atau dibenci, orang yang mentalnya kurang akan merasa bersedih, down, bahkan menyalahkan diri sendiri.

Eeiits, bukan kamu yang sepenuhnya salah lhoh ya. Kita hidup di bumi ini pasti ada pasangannya. Ada siang ada malam, ada kemarau ada penghujan, ada yang menyukai adapula yang membenci.

Satu nasihat dari guru saya yang selalu saya ingat sampai sekarang yaitu “Yen ana wong sing ora seneng karo sampeyan, ameh ngelek-ngelek ning mburi, utawa ning ngarep, ojo digomeni, santai wae. Thoh rasa bencine kui malah ndadikke penyakit kanggo dheweke. Ora masalah yen ana wong benci karo sampeyan, asal aja nganti Tuhan benci karo sampeyan”

Yang orang Jawa pasti sudah tau. He he he

Ini translatenya “Jika ada yang tidak suka denganmu, mau menjelek-jelekkanmu dibelakang bahkan didepanmu, jangan diladeni, santai  saja. Thoh, rasa benci tadi malah bisa menjadi penyakit untuk orang itu. Tidak masalah jika ada yang benci denganmu, asal jangan sampai Tuhan benci denganmu”.


3. Beri Dia Hadiah

Photo by Larm Rmah on Unsplash

Sahabat, kita pasti tahu kan, batu karang di laut pasti bisa mengikis karena terkena deburan ombak ? 

Yupz, begitu juga dengan hati manusia. Jika kita selalu berbuat baik dengan dia yang benci dan menyakiti kita, pasti lambat laun ia akan luluh.

Sesekali, beri lah dia hadiah. Harus ikhlas yaah pastinya. Jika kita tidak ikhlas, percuma semua itu akan sia-sia.