Tips Dan Trik Traveling Ke Nusa Penida Yang Low Budget

Tips Dan Trik Traveling Ke Nusa Penida Yang Low Budget

Sumber foto: nanabalitour.com

 

Setelah saya buat tulisan trip nusa penida dalam sehari, kali ini saya mau sharing bareng temen-temen traveler tentang perjalanan ke Nusa Penida tanpa paket wisata. Nah, kalau kita coba cek harga untuk paket halfday seharga 800 ribu perorang, itu untuk setengah hari.

Setelah saya buat tulisan trip nusa penida dalam sehari, kali ini saya mau sharing bareng temen-temen traveler tentang perjalanan ke Nusa Penida tanpa paket wisata. Nah, kalau kita coba cek harga untuk paket halfday seharga 800 ribu perorang, itu untuk setengah hari lho, sebut aja tour sehari dan budget 800ribu udah lengkap termasuk tiket naik speed boat yang sebenarnya seharga 100ribu.

Untuk para travelers yang low budget pasti sudah pada tahu lah tips dan trik bagaimana mengelola keuangan agar bisa berwisata walau modal pas-pasan. Ayo, Gengs kepoin kita!

 

1. Minimal 2 hari dan tentukan urutan tempat wisata yang akan dikunjungi.


Sumber foto: nanabalitour.com

 

Mengingat banyak nya tempat wisata yang mau di eksplore, dan menurut beberapa tour guide nusa penida ini minimal 2 hari untuk bisa  bertraveling ria, itu pun kata mereka belum cukup. Menentukan tempat sebelum tour juga dapat menghemat waktu daripada kita menentukan lokasi pada saat tiba di penginapan. Oh iya di nusa penida ini ada dua jalur wisata yaitu jalur barat dan timur, waktu 2 hari insya Allah cukup deh buat eksplore nusa penida.

 

2. Pesan homestay jangan yang lain dan pesanlah jauh-jauh hari.

Foto: Booking.com


Kalau budget pas pasan kita nggak perlu hotel berbintangkan untuk sekedar tidur? Kita bukan berwisata di hotel lho gengs. Dan pesan lah jauh-jauh hari karena padat nya arus wisatawan yang hilir mudik. Hal ini juga meminimalisir waktu agar tidak terbuang buat nyari-nyari homestay yang kosong, Gengs!

 

3. Pesan lewat aplikasi dan cari promonya.

Photo by bruce mars on Unsplash


Poin ini penting banget untuk kita saat uang pas pasan, homestay di nusa penida harganya berkisar 170ribu sampai 200ribu jika ditambah promo hotel kita bisa hemat beberapa puluh ribu rupiah.

 

4. Sewa motor

Photo by Hisu lee on Unsplash


Cukup murah sewa motor di nusa penida, sekitar 80 ribu terganting tahin dan kondisi motornya. Menurut saya sih kurang lebih sama dengan beberapa tempat wisata di Indonesia dalam hal persewaan motor. Berkisar 50 ribu sampai 80 ribu. Sewa motor ini juga mesti jauh jaih hari yang genks, biar tidak kehabisan stok motor.

 

5. Bawa bekal peralatan outdoor untuk memasak dan bahan-bahan makanan secukupnya.

Photo by Sage Friedman on Unsplash


Mengingat saya seorang muslim dan saudara saudara saya di Nusa Penida adalah seorang Hindu, di sini saya hanya mengantisipasi saja untuk makanan yang tidak dibolehkan. Namun dengan adanya peralatan tersebut kita bisa menghemat puluhan ribu rupiah untuk makan.

 

Coba kita totalkan ya gengs, dan coba kita bandingkan harga solo traveling dengan paket tour.


- Tiket speed boat PP seharga 175ribu.
- homestay untuk 2 hari anggaplah seharga 180 ribu x 2 hari yaitu 360 ribu
- sewa motor seharga 80 ribu x 2 hari yaitu 180 ribu
- masuk tempat wisata kita kasih budget 50ribu untuk 10 objek wisata.

 

Total solo traveler untuk 2 hari seharga 765 ribu bisa kurang jika kita mengajak satu orang teman, minimal kita bisa berbagi harga hotel, sewa motor dan masuk tempat wisatanya dan bandingkan dengan paket tour half day dengan harga 800ribu.

Oh iya untuk jadwal speed boat itu mulai berangkat jam 07.30, dan jadwal balik terakhir jam 16.00 dari pelabuhan nusa penida.

Ingat " tiada negara yang indah selain Indonesiaku" dan dunia ini tidak selebar kos kosan ke tempat kerja aja lho genks. Ayo piknik!