Telaga Sarangan, Pesona Alam Yang Sangat Indah di Lereng Gunung Lawu

Telaga Sarangan, Pesona Alam Yang Sangat Indah di Lereng Gunung Lawu

Foto: wikimapia.org/5923733/Sarangan-Lake#/photo/3582578

 

Hay gengs, kali ini saya punya referensi yang recommended untuk kalian berlibur bersama keluarga. Apaa itu? Hayoo pasti penasaran yaah,

Cekidoot,

Gengs, tahu gak sih? Gunung Lawu yang merupakan salah satu gunung terkenal keramat di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur ini ternyata menyimpan banyak pesona alam.

Bukan cuma keindahan air terjunnya, tetapi Gunung Lawu juga menyimpan telaga di lerengnya, yaitu Telaga Sarangan.

Telaga Sarangan ini tergolong beda dari telaga umumnya karena telaga ini memiliki luas sekitar 30 hektare dengan kedalaman 28 meter di atas gunung lhoo gengs. Karena ketinggiannya berada 1.200 meter di atas permukaan laut membuat udara disekitar Telaga menjadi sangat sejuk.

Untuk bisa menuju ke Telaga Sarangan, kalian bisa menempuh perjalanan dari Kota Magetan, Jawa Timur gengs. Jangan khawatir, Jaraknya tidak terlalu jauh kok, hanya sekitar 16 kilometer. Oh yaa, jangan kaget yaa. Karena letaknya di lereng gunung, jadi jalan yang harus ditempuh pun berkelok-kelok dan naik-turun.

 

 

Tiket masuknya cukup terjangkau lhooh guys. Cukup dengan uang Rp 20.000,- kalian sudah bisa menikmati keindahan Telaga Sarangan. Lalu untuk parkir kendaraan roda dua dikenakan tarif Rp 2.000,- dan roda empat Rp 5.000,-

Untuk kalian yang ingin bermalam disekitar telaga Sarangan, tenang saja yah. Disini terdapat banyak penginapan, mulai dari yang model hotel sampai wisma. Tarif per malamnya pun bervariasi dan tergolong murah, mulai dari Rp 150 ribu sampai Rp 700 ribu per malamnya. Murah, bukan gengs?

Lokasi penginapannya pun bisa dipilih berdasarkan keinginanmu, gengs. Ada yang benar-benar ditepi telaga dan ada pula yang berada di dekat pemukiman penduduk. Tinggal pilih saja mau yang mana.. he he

Saat memasuki kawasan Telaga Sarangan kalian akan langsung dihadapkan pada telaga luas yang airnya begitu jernih dan terdapat sebuah pulau kecil di tengah-tengahnya. Di tepian telaga, kalian akan menemukan banyak kuda telah disiapkan bagi pengunjung yang mau mengelilingi telaga sambil berkuda.

 

Foto: sewarga.com

 

Gengs, Wisata Telaga Sarangan juga menyediakan Toilet yang bersih.

Sekalipun Telaga Sarangan menyajikan suasana yang tenang nan damai, tapi nyatanya di sini kalian bisa sedikit memacu adrenalin lho, gengs. Karena di telaga yang punya luas 30 hektare dan kedalaman 28 meter ini bisa kalian jelajahi menggunakan speedboat atau kapal cepat.

Tapi perlu diingat kalau menjelajahi telaga dengan speedboat ini bukan termasuk perjalanan yang santai, melainkan lebih kepada memacu adrenalin. Kok bisa?

Yaa jelas lah. Pengendara speedboat sudah pasti memacu speedboat-nya ‘ugal-ugalan’, alias sangat kencang hingga membuat jantung kita pun berpacu. Jadi, saya sarankan bagi kalian yang punya penyakit jantung, lebih baik tidak usah yaa. He he

Saat menaiki speedboat kalian akan berada seperti di tengah-tangah ajang balapan speedboat karena pengendara bakal memacu dengan kecepatan tinggi, kemudian pengendara akan membuat speedboat meliak-liuk di atas air hingga membuat kita terombang-ambing. Pengendara speedboat juga akan mencari ombak untuk dihantam agar speedboat melonjak naik dengan kecepatan tinggi.

Woww.. seru sekali, bukan?

 

 

Eits, Soal keselamatan, Jangan khawatir yaa gengs. Di setiap speedboat sudah disediakan pelampung yang bisa digunakan. Untuk bisa naik speedboat ini cukup murah. Tarif yang diberikan cukup Rp 60 ribu per kapal untuk sekali putaran atau langsung paket Rp 150 ribu untuk tiga putaran. Satu kapal bisa diisi 3-4 penumpang.

Disekitar Telaga, penduduk menjajakan dagangannya, seperti aneka makanan, minuman, juga cindera mata. Jadi, jangan takut kelaparan yaah saat berkunjung kesini. He he

Cindera mata khas Telaga Sarangan juga sangat cocok kalian bawa pulang untuk buah tangan dan kenang-kenangan.

So, kamu kapan kesini bareng keluarga atau pasangan?