Tahu Nggak Kalian 4 Metode Menyeduh Kopi? Barista Sejati Pasti Tahu!!!

Tahu Nggak Kalian 4 Metode Menyeduh Kopi? Barista Sejati Pasti Tahu!!!

Seiring berjalannya waktu, teknik dan metode pengolahan kopi terus berkembang. Seperti halnya Petani Kopi yang dulu asal petik sekarang beralih ke petik merah karena sebagian besar petani kopi telah teredukasi dalam hal pengolahan bibit sampai paska panen, sehingga didapatlah karakter kopi dan flavour yang kaya dan inilah kopi yang dapat dijual dengan harga tinggi.

 

Paska panen juga seperti itu, ini yang kemudian menjadikan kopi memiliki kaya rasa. Awal proses paska panen, petani hanya memakai satu metode saja yaitu natural process dengan cara ceri kopi dijemur sampai kering. Namun sekarang ada bermacam proses seperti wash, full wash, honey proses (red honey, yellow honey, black honey).

 

Kemudian proses roasting, yang dahulu secara traditional menggunakan tungku dan wajan untuk menyangrai biji kopi sekarang  proses sangrai kopi menggunakan alat-alat canggih yang harganya pun ikutan canggih seperti giesen, slyer dan yang lainnya.

 

Nah dari roastingan ini kemudian ada istilah level roasting seperti light, medium, medium to dark dan dark. Yang mana tiap tingkatan memiliki rasa berbeda dan yang jelas semakin lama sangrainya (dark) akan semakin dominan rasa pahitnya. dan biasanya pada level medium to dark sampai dark akan ditambahkan susu untuk menetralisir rasa pahit nya. Pada level roasting ini sering kita jumpai pada warung kopi tiam (heinan) dan vietnam kopi.

 

Nah setelah kita sedikit berbicara mengenai proses pengolahan kopi dari penanaman bibit sampai level roasting kita akan membahas mengenai metode untuk menyajikan kopi agar mantab dan nikmat. Pasti barista dan penikmat kopi udah pada tahu nih berapa sih metode penyeduhan kopi yang ada saat ini, berikut macam dan penjelasannya:

 

1. Boiling

 

Boiling adalah proses mendidihkan kopi yaitu kopi dicampur dengan air lalu dididihkan diatas tungku api sampai mendidih atau kalau orang turki biasa mendidihkannya dengan media pasir dan biasa disebut Turkish Coffee.

 

2. Immersing

 

Adalah metode perendaman, jadi air panas dengan suhu tertentu di tuangkan kedalam kopi dan direndam selama beberapa menit untuk ekstraksi kopinya. Metode perendaman ini biasa ditemukan pada penyeduhan ala kopi kampung atau kopi tubruk. Ada juga yang menggunakan alat moderen yaitu dengan alat plunger atau french press.

 

3. Pour over

 

Adalah metode tetesan, atau biasa orang mengenal alat nya dulu sebelum nama metodenya. Jadi alat pourover yang sering digunakan adalah V60, kalita, melitta, origami, koka, december dan sebagainya. Seperti temen-temen ketahui soal V60 atau metode pour over ini yang kita butuhkan adalah paper filter, dripper, kettle gooseneck (optional).

 

4. Pressing

 

Kita tahu ya arti pressing itu apa, yup yaitu tekanan contoh alatnya ya mesin espresso. Kemudian apa sih definisi espresso adalah sari kopi yang dihasilkan dari ekstraksi kopi melalui tekanan minimal 9 bar. mesin espresso pun ada dua macam gaes yaitu elektrik mesin dan manual mesin (aeropress, flair, rockpresso, manusso, dll)

 

Yup diatas sudah sedikit dijelaskan mengenai 4 macam metode dalam penyeduhan kopi dan setelah baca artikel ini saya harap tidak ada yang salah paham mengenai metode penyeduhan terutama pemilik kedai kopi. Karena pengalaman saya sendiri, jujur malu banget waktu ditanya soal metode kopi dan jangan sampai pemilik kedai saat ada customer lalu ditanya soal metode penyeduhan dijawabnya metode V60 atau metode nya french press, maaf bro sekali lagi itu bukan metode seduh tapi alat seduh.

 

So geng, mudah-mudahan artikel singkat ini bisa menambah wawasan temen-temen soal khasanah perkopian.