Solusi Ampuh Hilangkan Sifat Pelupa yang Wajib Kalian Coba !

Solusi Ampuh Hilangkan Sifat Pelupa yang Wajib Kalian Coba !

Photo by Allef Vinicius on Unsplash

 

Siapa di antara kalian yang sering banget lupa Gengs? coba tunjuk jari! 
Mulai lupa naruh barang di mana, lupa janji dengan siapa, lupa pelajaran minggu lalu apa saja, lupa membalas pesan dan lupa-lupa yang lainnya. 

Lupa merupakan sifat manusiawi yang banyak dialami oleh orang banyak dalam hidupnya. Bukan hanya dialami oleh orang tua saja tapi juga bisa menimpa yang umurnya masih tergolong muda. Jangan biarkan sifat lupa kalian berlama-lama iya Gengs, ntar bisa jadi pikun lho, nggak mau kan masih muda sudah jadi pikun. Agar sifat ini tidak berlanjut lebih jauh, nggak ada salahnya lho mencoba solusi di bawah ini!

Apa saja iya solusinya? Yuk disimak!

 

1. Buatlah Jadwal

Tulislah semua rencana kalian termasuk hal-hal yang kecil sekalipun, kalau perlu bikin juga check listnya. Coret setiap hal yang telah kalian lakukan. Dengan membuat jadwal kegiatan apa saja yang akan kalian kerjakan hari ini dan juga hari-hari berikutnya akan meminimalir kemungkinan ada pekerjaan yang terlewatkan. Lama-lama kalian juga akan terbiasa bikin perencanaan dan nggak cepat lupa lagi.

 

2.Fokus

Tahu nggak gengs jika kalian melakukan beberapa pekerjaan sekaligus akan memaksa otak untuk bekerja keras, yang akhirnya bisa menurunkan kinerja otak dan daya ingat kalian. So, fokuslah! Buatlah pekerjaan-pekerjaan kalian jadi lebih sederhana, misalnya dengan menyelesaikan pekerjaan satu per satu jangan sekaligus. Dengan begitu, beban pikiran kalian pastinya akan lebih ringan.

 

3. Belajar Mengingat Ulang

Mulailah meluangkan waktu setidaknya 10-15 menit setiap malam untuk mengingat kembali hal-hal penting yang telah kalian jadwalkan di sepanjang hari. Hal ini akan memudahkan ingatan dalam memperlihatkan hal-hal yang penting sehingga tidak akan ada yang terlupakan.

 

4. Jangan Panik

Tahu nggak sich kalau sikap panik itu bisa membuat tambah lupa lho?
Sudah berapa kali kalian langsung jadi panik saat mencari-cari sesuatu hingga bingung dan menjadi kesal sendiri. Namun saat kalian tahu, apa yang kalian cari malah ada di depan kalian sendiri. Lucu kan ? hehe

So, tarik nafaslah dalam-dalam, tenangkan pikiran, saat kalian santai akan lebih mudah mengingatnya.


5. Kembalikan barang pada tempatnya
 
Jika kalian masih sesuka hati menaruh sesuatu setelah digunakan, mulai sekarang disiplinlah, biasakan untuk mengembalikan barang-barang yang habis kalian gunakan ke tempat semula. Selain itu jika ada yang meminjamnya jangan lupa diingatkan untuk dikembalikan di tempat semula pula. Sesuatu yang diletakkan pada tempatnya akan lebih mudah mencarinya jika suatu saat diperlukan.

 

6. Jangan Menunda

Setiap orang pasti punya kesibukan sendiri-sendiri tapi perlu kalian ingat gengs, jangan pernah sekali-kali menunda apa yang harus kalian lakukan. Kerjakan saja langsung selagi ingat. Karena menunda-nunda tuch malah akan bikin kalian lupa lagi. So, dengan segera melakukannya akan membantu mengatasi sifat pelupa.

Nah, jika kalian tidak ingin terus-menerus menjadi orang pelupa, jangan lupa iya coba tips di atas!

Selamat mencoba, semoga bermanfaat!