Sering Merasa Tidak Percaya Diri, Ikuti Tips Berikut Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Sering Merasa Tidak Percaya Diri, Ikuti Tips Berikut Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Foto: unsplash.com/@joshhild

 

Gengs, bagi seseorang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi tentu saja menjadi nilai plus bagi mereka, untuk memiliki rasa percaya diri memang susah Gengs.

Mungkin masih banyak diantara kamu sampai sekarang memiliki tingkat percaya diri yang rendah, istilahnya kurang PD.

Untuk meningkatkan rasa percaya diri memang tidak semudah membalikkan telapak tangan Gengs, butuh keberanian dan dorongan untuk mengubah tingakt penrcaya diri.

Kamu yang memiliki tingkat percaya diri rendah, memiliki sikap pemalu, pasif dan tidak ingin kegiatannya diperhatikan apalagi di ekspos ke publick.

Tetapi jika kamu memiliki percaya diri yang tinggi, kamu akan selalu enjoy dan mudah dalam menjalani semua aktifitas.

Contohnya tidak semua orang berani untuk tampil di hadapan semua orang untuk menampilkan sebuah persentasi. Bagi kamu yang memiliki percaya diri yang tinggi, akan melakukan persentrasi dengan suara lantang dan tidak malu-malu apalagi tidak terlihat gugup serta tidak takut memandangi mata mereka yang menyaksikan kamu.

Tentu saja kamu tidak ingin selalu menjadi orang yang berperan di belakang layar bukan, inilah saatnya kamu menunjukan siapa kamu dan apa yang bisa kamu lakukan.

Berikut tips untuk meningkatkan rasa percaya diri seseorang :

 

1. Selalu positif thingking

Memiliki sikap selalu berfikir positif sangat penting untuk meningkatkan rasa percaya kamu Gengs. Berhentilah melihat sisi negatif dan mulailah untuk berfikir postif.

Berhenti mengatakan itu kelemahan saya, itu kekurangan saya. Tekankan di dalam diri kamu bahwasannya kamu bisa melakukannya, cari dan gali kelebihan yang kamu miliki dan kembangkan kelebihan kamu tersebut.

Tentu saja semua orang memiliki kelemahan dan kekurangan, sebab tidak ada yang sempurna. Tetapi jangan terfokus dengan kekurangan yang kamu miliki, justru fokuskan kelebihan kamu yang membuat kamu berbeda, unik dan special.

Saat kamu mulai berfikir positif, kamu akan lebih mencintai diri kamu dan membuat rasa percaya terhadap diri kamu sendiri meningkat sehingga kamu bisa mewujudkan impian yang sempat menjadi mimpi saja.

 

2. Jangan meremehkan diri sendiri

Selalu meremehkan diri sendiri hanya akan membuat kamu lebih terpuruk, menurunnya rasa percaya diri dan tidak bisa melangkah ke depan.

Kamu hanya akan menyikasa dirikamu sendiri dengan selalu mengatakan kamu lemah dan tidak bisa berbuat seperti itu. Selalu berikan motivasi dan sugesti kepada diri kamu bahwasannya kamu bisa melakukannya dan terus berjuang dengan impian kamu, dengan begitu rasa percaya diripun akan muncul Gengs.

 

3. Jangan menyalahkan keadaan

Saat semua yang kamu rencakan sesuatu, tidak terlaksana dengan baik dan kacau balau. Jangan menyalahkan keadaan, jangan salahkan orang-orang disekitar kamu, apalagi jnagan menyalahkan diri kamu sendiri. Try fix it again, jika kamu jatuh kamu mesti bangkit kembali, memang hari ini kamu belum beruntung, tetapi masih ada hari esok, esok nya lagi.

Berikan dorongan kepada dirimu bahwa kamu pasti bisa melewati semua yang menjadi hambatan kamu, dengan begitu kamu pun akan kembali merasa percaya diri.

 

4. Mngontrol diri

Tidak semua orang bisa mengontrol diri apalagi emosi. Saat seseorang mengacaukan sesuatu tidak sedikit dari mereka marah-marah dan bahkan membanting-banting apa yang ada di sekitar mereka, cara melampiaskan kecewa setiap orang berbeda-beda, mereka sering lose control dan mengalami kepanikan.

Jika kamu mampu mengontrol diri, saat semua yang kamu rencakan menjadi kacau, kamu tetap percaya diri dengan menghadapi segala situasi sebab kamu yang memegang control atas semuanya.

 

5. Tidak lupa tersenyum

Bukti kamu memiliki percaya diri tinggi dengan selalu melemparkan senyuman, dengan tersenyum akan memberikan kebahagian terhadap diri kamu sendiri.

Jusrtu saat kamu menghadapi keadaan dengan cemberut hanya akan membuat kamu lebih kalut dan mudah panik.