Sering Merasa Insecure? Coba Terapkan Beberapa Hal Berikut Ini!

Sering Merasa Insecure? Coba Terapkan Beberapa Hal Berikut Ini!

Photo by Andrew Neel on Unsplash

 

Insecure adalah perasaan tidak nyaman yang membuat seseorang merasa  gelisah, malu, tidak percaya diri terhadap suatu hal dalam berbagai kondisi. Ada banyak hal yang menyebabkan terjadinya insecure, baik dari dalam maupun dari  luar. Dan biasanya insecure ini terjadi karena omongan atau perlakuan orang lain yang sering membeda-bedakan dan memandang seseorang sebelah mata.

 

Nah, perasaan insecure ini bisa menghambat aktivitas kehidupan sehari-hari,lho Gengs! So,berikut cara tepat mengatasi perasaan insecure :

 

1. Stop membandingkan diri dengan orang lain

Tuhan menciptakan manusia dengan segala kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Ketika kita melihat kelebihan orang lain yang tak kita miliki hanya akan membuat kita merasa tidak percaya diri dan tidak bersyukur. Inget ya, kamu itu cantik dan unik dengan kelebihanmu sendiri!

 

2. Jauhi teman-temanmu yang toxic!

Tanpa kamu sadari, terkadang yang membuat kita insecure adalah orang yang berada di sekitar kita. Saat kita jatuh, kita membutuhkan support dan motivasi yang membangun. Tapi, teman kita yang toxic malah menjatuhkan kita dengan bersembunyi dibalik kalimat “ini buat kebaikanmu dll”.

 

Padahal komentar negatif dan kritik yang tidak membangun bisa membuat diri kita insecure. So, tinggalkan lingkungan seperti itu, dan temukan seseorang yang suportif yang bisa memberi dampak positif terhadap kamu.

 

3. Berikan reward untuk dirimu sendiri

Keberhasilan sekecil apapun yang telah kamu lakukan wajib kamu apresiasi. Hal ini adalah suatu cara agar kamu lebih menghargai diri kamu sendiri. Entah kamu berhasil melawan insecure kamu, atau kamu berhasil mencapai sesuatu, kamu wajib merayakannya dengan diri kamu sendiri. Tak perlu mahal, kamu bisa merayakannya dengan makan cokelat, membeli es krim, pergi ke salon dan lain sebagainya.

 

4. Positive Thinking

Apapun masalah yang terjadi terhadap diri kamu cobalah untuk selalu berpikir positif. Karena bisa jadi, kehidupan yang kamu jalani sekarang adalah kehidupan yang diinginkan orang lain. Dan yang namanya kehidupan pasti selalu ada suka dan duka di dalamnya. Tapi, kita tak perlu ambil pusing, karena hanya akan membuat kita stress. Be grateful for what you have right now.

                       

 

5. Bangun kepercayaan diri

Tidak mudah untuk membangun sebuah kepercayaan diri bagi seseorang yang insecure. Iya, karena menghilangkan perasaan insecure tak dapat dihilangkan dalam semalam. Tapi bukan berarti gak bisa ya, semua butuh proses.

 

Untuk membangun kepercayaan diri, mulailah untuk memberanikan diri untuk bersosialisasi dan berkenalan dengan orang baru. Dengan begitu tanpa kamu sadari, kepercayaan diri kamu akan meningkat. Dan perasaan insecure terhadap diri kamu akan mulai hilang secara perlahan.