Sendal Milik Suku Togutil, Ternyata Mirip Dengan Sendal Gunung Model Saat Ini

Sendal Milik Suku Togutil, Ternyata Mirip Dengan Sendal Gunung Model Saat Ini

Fotonya dari Darmin Subarno dari Grub Maluku Utara Tempo Doloe

 

Hayo siapa nih yang suka naik gunung? Atau suka beraktivitas di luar ruangan? Semestinya kalian pasti akan menjawab iya, soalnya beberapa tahun kebelakang ini kegiatan di luar ruangan sedang digandrungi oleh anak-anak millenial. Disamping untuk mendapatkan foto moment-moment menarik mereka juga memanfaatkan kegiatan ini untuk lebih mengenal alam Indonesia yang terkenal kaya dengan sumber daya alam dan budayanya. Nah lewat hal inilah mereka akan merasa lebih dekat.

Coba pernahkah kalian berfikir bahwa peralatan yang kalian gunakan saat ini untuk berkegiatan di luar ruangan tercipta atau terbuat dari mana dan diilhami oleh siapa? khususnya untuk produk sandal gunung? Apabila kalian belum tau yuk kita simak dan cari tau info tentang sendal gunung yang kalian pakai saat ini, itu terilhami dari mana?

 

Sandal Gunung Ada Sudah Sejak Dulu

Perlu kalian catat nih Gengs, sendal gunung yang kalian pakai saat ini, dengan berbagai merek dan model yang begitu banyak. Ternyata telah ada sejak dahulu, dan bahkan jauh sebelum sendal gunung di ciptakan, sudah ada pada salah satu suku di Nusantara yang telah menggunakan bahkan sudah menciptakan terlebih dahulu dari perusahaan sendal gunung terkenal saat ini.

 

Mereka adalah suku togutil atau sering di sebut suku tobelo dalam.

Suku togutil yang mendiami hutan di pedalaman Halmahera ini mempunyai model hidup yang nomaden, jadi mungkin dengan di temukannya dengan adanya sendal yang mereka buat itu memungkinkan untuk lebih aman dalam perjalanannya. Ketika mereka berpindah tempat tinggal, untuk mendapatkan tempat yang mereka ingin tinggali.

 

Bahan Dasarnya Diperoleh dari Alam

Menariknya lagi, sendal yang mereka pakai sendiri terbuat dari bahan dasar yang mereka peroleh dari alam. Bahan dasarnya didapat dari pohon palem dan rotan. malahan ada salah satu merek terkenal sendal gunung saat ini yang telah menggunakan teknologi desain sendal milik suku togutil.

Kalian harus bangga lho Gengs, ternyata suku-suku pedalaman yang mendiami Indonesia telah mengenal teknologi seperti ini. Yang mungkin tidak di temukannya oleh suku-suku terkenal di dunia. Kalian harus bangga ya, terutama untuk kawan-kawanku yang tinggal di Halmahera.