Pesona Destinasi Wisata Kawah Sikidang Dieng  yang Recomended Banget Buat Kamu

Pesona Destinasi Wisata Kawah Sikidang Dieng  yang Recomended Banget Buat Kamu

Dataran tinggi Dieng adalah sebuah tempat yang sangat mengagumkan lho, Gengs. Di sini banyak sekali obyek wisata yang membuatmu terpana akan keindahannya. Duh, salah satunya yaitu wisata “Kawah Sikidang Dieng”.

Kawah ini terletak  di daerah Bakal Buntu, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah. Untuk mencapainya sangat mudah karena letaknya dekat dengan kompleks Candi  Arjuna dan Candi Bima. Di antara kawah-kawah lainnya di Dieng, Kawah Sikidang adalah kawah yang paling mudah dicapai dan dinikmati karena terletak di tanah datar.

Untuk memasuki kawasan wisata Kawah Sikidang Dieng, kita hanya perlu merogoh kocek Rp 10.000,- . Ini artinya sebelum ke Kawah Sikidang, kita juga bisa menikmati obyek wisata candi dengan satu tiket terusan. Harga yang murah meriah bisa untuk tiga obyek wisata sekaligus. Hmmm..., Kapan lagi berwisata dengan tiket yang murah seperti ini? Iyaa kan? Hehehe. Kawah Sikidang dibuka setiap hari dari jam 07.00 – 16.00 WIB.

 Seperti kawah-kawah pada umumnya, kawah Sikidang Dieng juga tinggi akan kandungan sulfur atau belerang serta zat beracun lhoo, Gengs. Jadi, bau gas yang keluar dari kawah sangat menyengat dan beracun. Untuk itu, jika berwisata ke Kawah Sikidang, jangan lupa memakai masker atau penutup mulut lainnya agar kita tidak keracunan gas, yaa...

Jika lupa membawa masker, jangan khawatir. Disekitar obyek wisata ini banyak  sekali orang-orang yang berjualan masker.

Eits, di samping itu, kita juga harus mematuhi rambu-rambu yang tertera di dekat Kawah, yang melarang pengunjung untuk menyalakan api, membuang puntung rokok ,dan benda lain yang menimbulkan api ke dalam kawah. Karena apa? Karena api yang mengenai zat-zat dari gunung berapi bisa memicu ledakan dan kebakaran. Nah, peraturan itu dibuat juga untuk keselamatan kita sendiri. Jadi, harus dipatuhi yaa!

 

 

Karena kandungan sulfur dari  Kawah, tanah di sekitar kawahpun ikut memutih lhoo. Itulah alasan mengapa saat kita berkunjung di Kawah Sikidang yang kita lihat hanyalah tanah tandus berwarna  keputihan karena pepohonnan mati akibat aktivitas kawah. Untuk  keamanan, pengelola obyek wisata ini memasang pagar pembatas dari bambu untuk menjaga jarak aman dari kawah agar tidak terlalu terpapar gas beracun dan tercebur ke kawah.

Tau gak sih? Kawah Sikidang Dieng terkenal dengan fenomena kawahnya yang bisa berpindah atau melompat dalam satu kawasan yang luas lhoo , Gengs. Itulah sebabnya mengapa Kawah ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Dalam suatu kesempatan, penulis mengunjungi obyek wisata kawah  Sikidang Dieng bersama rekan-rekan guru. Kala itu hujan gerimis, sehingga kurang menikmati. Di samping banyaknya wisata domestik, ada beberapa wisata mancanegara yang ikut mengunjungi  kawah ini. Di sekitar kawah juga terdapat pasar yang menjual oleh-oleh khas Wonosobo, diantaranya Kentang, Carica, Purwoceng ( Minuman khas Dieng ), dll.

Nah, orang-orang dari luar negeri saja penasaran dengan keindahan obyek wisata Kawah Sikidang Dieng. Lalu, kamu kapan?