Menu Diet Food Combining Bikin Dietmu Tidak Sia-sia lho, Yuk Coba!

Menu Diet Food Combining Bikin Dietmu Tidak Sia-sia lho, Yuk Coba!

Photo by rawpixel on Unsplash

 

Buat kalian yang sedang program diet untuk menurunkan berat badan, namun selalu gagal karena tidak konsisten. Yakin sudah benar program dietnya, Gengs? Atau malah terlalu memaksa karena ingin cepat-cepat kurus? Hati-hati lho, Gengs, diet yang salah dapat memicu penyakit, lho. Sekarang kamu tidak perlu bingung dan menyiksa diri kalau sudah mengenal istilah Food Combining. Apa itu Food Combining? Simak penjelasan di bawah ya!

 

Apa Itu Food Combining?

Sudah pernah mendengar istilah Food Combining? Atau baru hari ini? Jadi Food Combining (FC) adalah istilah untuk pendekatan gizi yang menganjurkan untuk kombinasi makanannya sesuai dengan pola hidup yang sehat. Metode ini bertujuan, untuk menyeimbangkan kondisi tubuh dan dapat berjalan dengan optimal. Kalau secara jelasnya sih, diet ini berprinsip untuk menghindari penggabungan antara protein hewani dan karbohidrat dalam satu makanan karena makanan tersebut bersifat asam, jadi tidak boleh dimakan bersamaan.

Kalau makanan bersifat asam, harus dimakan bersamaan dengan makanan bersifat basa (sayuran dan protein nabati), Gengs. Bingung ya mencernanya? Jadi begini, contohnya itu menu yang sesuai kaidah Food Combining adalah nasi (asam), dengan sayur dan lauk tempe atau tahu (basa) atau capcay (basa) yang isinya sayuran dan campuran daging ayam atau seafood (asam). Nah, pola makan seperti ini yang seimbang, dengan kombinasi makanan karena mengusahakan tubuh menerima dan menyerap dengan baik  kandungan gizi yang ada dalam satu makanan. 

 

Lalu, buat kalian yang ingin mencoba Food Combining, begini caranya:

 

Sarapan

Foto: pixels.com/pixabay.com

 

Pukul 04:00 s/d 12:00 itu fase dimana sistem pencernaan sedang dalam fase pembuangan, mau itu dalam bentuk kotoran, urine keringat ataupun nafas. Fase ini butuh energi yang besar, maka dianjurkan untuk tidak membiarkan perut kosong dan dikuasai cacing, hihi. Tidak ada larangan atau timbulnya masalah jika kamu mengonsumsi buah-buahan sebagai sarapan. Buah-buahan bersifat basa, dan pastinya akan mudah lapar kembali. Untuk itu makannya jangan setengah-setengah, ya?

Kamu bisa membeli mangga, pisang, pepaya, jambu air, dan melon. Hindari buah-buahan seperti cempedak dan durian karena tidak sesuai dengan kriteria buah yang baik dikonsumsi saat pagi hari.

 


Makan Siang

Photo by Anna Pelzer on Unsplash

 

Pukul 12:00 s/d 20:00, sistem pencernaan sedang berada dalam fase penyerapan. Nah, pada siang hari sangat boleh untuk makan yang berat-berat. Mulai makan siang, cemilan, sampai makan malam. Eits, tapi harus dapat kombinasi menunya ya! Karbohidrat+sayur atau protein+sayur. Sebisa mungkin, kamu harus mengindari karbohidrat dengan protein.

Contoh menunya, seperti ikan goreng, ayam goreng, atau telur goreng dimakan bersamaan dengan sayur. Namun, alangkah lebih baik jika memakan sayur yang mentah. Seperti lalapan kol dengan ayam penyet, tapi tanpa nasi ya.

 

Makan Malam

Photo by rawpixel.com from Pexels

 

Pukul 20:00 s/d 04:00, sistem pencernaan berada dalam fase pengolahan. Jangan main-main pada fase ini, walaupun malam digunakan untuk tidur, tetapi fase ini harus memiliki energi yang cukup besar. Itulah mengapa, ketika kita terbangun dari tidur akan selalu merasa lapar. Makanya, jangan melewatkan makan malam, ya? Tapi setelah pukul 8 malam, jangan mengonsumsi makanan berat lagi. Kalau lagi laper-laper banget, bisa minum air putih banyak-banyak atau makan buah, deh. 

Contoh menunya, bisa memakan sayur-sayuran tetapi jangan makan pakai nasi ya! Jika ingin memakan sayur-mayur, seperti tumis buncis maka boleh juga pasangkan dengan ikan goreng. Atau biasanya memakan dengan cocolan sambal terasi, itu juga bisa menjadi pilihan yang bagus. 


Gimana? Mudah sekali kan caranya? Bisa kamu coba sendiri di rumah! Tetapi, usahakan ya jangan sering-sering makan nasi kalau sedang diet, karena terlalu tinggi kandungan karbohidrat di dalamnya. Selamat mencoba dan selalu semangat ya Gengs!