Menjadi Guru Taman Kanak-kanak, Harus Siapkan 5  Hal ini!

Menjadi Guru Taman Kanak-kanak, Harus Siapkan 5  Hal ini!

Foto: pixels.com/nappy

 

Berprofesi sesuai dengan cita-cita masa kecil, adalah suatu kebahagiaan tersendiri.

Saat masih kecil, kita sering ditanyakan masalah cita-cita. Ada yang menjawab konsisten dengan satu jawaban, ada pula yang menjawab berbeda-beda pada setiap kesempatan. 

Di antaranya, mungkin ada yang ingin menjadi guru. Guru adalah profesi yang mulia, pahlawan tanpa tanda jasa. Semua profesi dilahirkan dari jasa seorang guru. Guru TK, berada di garda awal dalam mengantarkan anak meraih cita-citanya.

Adakah di antara kamu yang mau jadi guru TK, Gengs? Nah simak yuuk, apa aja sih yang harus disiapkan?

 

1. Kamu Harus Jadi Pribadi yang Penuh Kesabaran

Hal pertama yang harus kamu miliki adalah stok sabar tanpa batas, kenapa? Karena anak TK yang berusia 4-6 tahun masih labil emosinya, terutama di awal masuk sekolah. Mudah menangis, takut ditinggal orang tua, muntah, buang air di sekolah, itu semua harus ditangani seorang guru TK dengan penuh kesabaran. 

 

2. Kamu Juga Harus Jadi Orang yanh Tidak Jijik-an

Menangani anak usia 4-6 tahun selain harus sabar, juga tidak boleh jijik-an. Mereka terkadang muntah di kelas karena suatu hal, ingusan karena flu, atau buang air besar di sekolah. Anak-anak adalah tanggung jawab kita saat di sekolah, tentu jika kejadian di atas terjadi, kita dituntut untuk bisa mengatasi. Jika kita masih jijik-an, bagaimana bisa membersihkan anak-anak? 

 

3. Tampilan Harus dapat Menarik Murid-muridmu

Untuk bisa dekat dengan anak-anak, seorang guru TK harus tampil menarik. Bukan berarti harus tampil cantik dengan make-up tebal atau modis, tapi cukup berpenampilan rapih, bersih, dan energik (bukan centil). 

 

4. Penting Menajadi Orang yang Kreatif

Pembelajaran yang diterapkan di TK dengan prinsip bermain seraya belajar dan belajar seraya bermain, menuntut guru TK untuk kreatif dalam mengaplikasikan berbagai metode. Mencari ide untuk prakarya di setiap tema, dan membuat media pembelajaran, dari mulai memanfaatkan barang-barang bekas, menggubah lagu, sampai mendongeng.

 

5. Yang Terakhir Harus Terus Belajar Tanpa Batas

Zaman terus berubah, kecanggihan teknologi semakin berkembang, menuntut seorang guru TK untuk terus menggupgrade dirinya agar dapat memanfaatkan teknologi untuk memperlancar dan mendukung proses belajar mengajarnya, maupun untuk hal administrasi.

Nah, itu dia yang harus dipersiapkan untuk menjadi guru TK. Kamu tertarik jadi guru TK, Gengs?