Mau Travelling Indonesia Gratis ? 3 Cara Ini Wajib Kamu Coba

Mau Travelling Indonesia Gratis ? 3 Cara Ini Wajib Kamu Coba

Photo by Steven Lewis on Unsplash

 

Travelling merupakan amunisi bagi kita untuk melepas penat dan jenuh dari segala aktifitas dan rutinitas kita sehari hari, selain itu travelling juga bisa meningkatkan mood dan semangat kita untuk menjalankan aktifitas kita kembali.

sekali kali pergilah travelling ke tempat yang jauh dan belum kita kunjungi karena itu akan menambah wawasan dan pengetahuan kita terhadap dunia luar sekitar kita.

Sayangnya kendala budget masih menjadi alasan utama kita mengurungkan diri untuk menjelajah dunia luar. Tapi hal tersebut bukan lagi hambata bagi kita untuk pergi travelling kemanapun kita suka, kalian bisa travelling secara gratis dan semau kalian. Bisa keliling indonesia gratis, siapa yang tida mau, iyakan ?

Berikut tips untuk kalian yang ingin pergi keliling indonesia secara gratis.

 

1. Hitchhike / Nebeng Kendaraan Orang Lain

Photo by pixabay.com

am negeri, cara jalan-jalan gratis yang satu ini patut dicoba. Di beberapa negara barat, hitchhiking merupakan sebuah metode bepergian yang masih sering dicoba para backpacker.

Sayangnya, budaya ini belum diadaptasi secara baik-baik oleh rakyat Indonesia karena tingkat keamanan yang dikabarkan minim.

Walaupun begitu, kamu masih tetap bisa mencoba tips satu ini kok, asal pastikan saja kamu tidak sendiri dan sudah tahu keadaan aman sebelum masuk mobil.

 

2. Ikut komunitas CS

Foto: pixabay.com/JESHOOTS-com

 

Andika Aji Nugroho, seorang dokter asal Nganjuk, Jawa Timur, membuka pintu rumahnya selebar-lebarnya untuk para traveller. Baik pelancong dalam negeri maupun turis asing. Kok bisa? 

Pria yang biasa disapa Aji menceritakan, dirinya bergabung dengan komunitas Couchsurfing (CS) sebuah website yang khusus dibuat bagi para traveler di seluruh dunia untuk bisa saling berbagi pengalaman, saling membantu dan memperluas jaringan.

Diperkenalkan pada 2004 silam, CS menjadi salah satu website  jejaring sosial berupa hospitality exchange atau jaringan silaturahmi terbesar di dunia. Saat ini, jumlah anggota CS tercatat adalah 2,6 juta orang di 246 negara dan wilayah.

Terdapat 3 inti kegiatan yang ditawarkan dalam CS yakni menerima tamu, menjadi teman jalan-jalan couchsurfer (sebutan member CS) yang sedang datang di kotanya atau menjadi traveller yang ingin menginap. 

Tak hanya sampai disitu, para member CS  juga bisa mengadakan event gathering dan dapat mengundang berbagai member yang kebetulan berada di kota yang sama. Dan Untuk bergabung dengan komunitas inipun sangatlah mudah. Kita hanya diharuskan untuk membuat akun di website couchsurfing dan setelah itu melengkapi data diri kita.
 

3. Networking

Photo by Elizeu Dias on Unsplash

 

Memperluas jaringan kita dengan memiliki banyak teman di berbagai daerah, kota bahkan negara memiliki segudang manfaat, diantaranya saat kita berkunjung ke tempat tersebut kita bisa menginap dirumahnya bahkan bisa menjadi tour guide kita untuk mengunjungi tempat tempat yang menakjubkan sesuai dengan domisili tempat tinggal teman teman kita.