Makanan Khas Cirebon yang Wajib Kamu Coba

Makanan Khas Cirebon yang Wajib Kamu Coba

Apa sih yang terbenak dalam isi kepala mu tentang Cirebon? Panasnya? Budanya? Atau Tempat wisatanya? 

Di sini aku akan menceritakan tentang kuliner yang berada di Cirebon, Gengs! Khas kulinernya gak kalah enak dengan kota atau daerah lain. Yang belum pada coba, ini dia apa saja makanan khas kuliner Cirebon menurut aku.

 


1. Empal Gentong 

Foto via cookpad.com

 

Bukan berarti kamu bisa menikmati kuliner ini di gentong nya ya, Gengs? Hanya saja memasaknya di atas gentong, nanti ambil pake piring atau mangkok yang sudah di sediakan. Makanan khas ini mirip-mirip dengan opor ayam atau sejenis gulai. Dan isi nya adalah daging sapi, usus dan lemak lainnya. 

Dan juga bisa di sajikan dengan nasi atau lontong. Empal gentong yang bisa kamu sajikan ini bisa kamu temui di daerah Plered. Kabupaten Cirebon. Di situ banyak sekali empal gentong yang berjajaran di pinggir jalan. Dan ramai sekali oleh pengunjung dari luar kota maupun domestik.

 

2. Nasi Jamblang

 

Nah, nasi ini banyak sekali pilihan lauknya di mulai dari, perkedel, daging sapi, pepes jamur, tahu goreng, sambal goreng, usus, otak-otak, sate kentang dan masih banyak lagi. Nasi ini di bungkus dengan daun jati yang masih segar. Dan di situ ciri khasnya. Menggunakan daun jati bukan menggunakan bungkus nasi yang warna coklat muda. Dan bisa kamu sajikan dengan mengambilnya sendiri atau biasa di sebut dengan prasmanan.  Bisa kamu temukan di daerah Jamblang di Kabupaten Cirebon. Orang-orang di daerah Cirebon, biasa menyebutnya sega jamblang yaitu nasi jamblang, Gengs.

 

3. Nasi Lengko

Foto via Instagram: @lene2506

 

Kuliner ini bisa kamu jumpai di daerah kota Cirebon atau di dekat rumah mu yang berada di Cirebon. Nasi lengko ini di lengkapi dengan bumbu kacang yang sudah di haluskan. Dan isi nya ada tahu dan tempe yang di iris potong dadu. Ada irisan timun di potong secara acak dan di atasnya di taburi daun kucai. Dan kecap. Ada tambahan menu lainnya seperti telor dadar dan kerupuk udang.

 

4. Mie Koclok 

Foto via indoblognet.com

 

Mungkin kamu pernah mendengarkannya di mie instan dan pasti mengira nya berasal dari daerah bandung. Memang dari nama ada kemiripan. Tetapi dari cara rasa dan rupa nya sangat berbeda. Kalau Mie kocok Bandung itu berkuah nah kalau Mie koclok Cirebon itu kuah juga tapi berbahan dasar dari tepung kanji seperti cream soup gitu sausnya. Dan di atasnya di taburi suwiran ayam yang menggugah selera. 

Ini Makanan Favoritku selama di Cirebon dan belum aku temukan di daerah Bandung hehe

 Apakah kamu sangat ingin mencobanya saat mengunjungi daerah Cirebon? Grab Fast it Gengs!