Lihat Uraian ini Begitu Mulai Merosotnya Moral Anak Bangsa

Lihat Uraian ini Begitu Mulai Merosotnya Moral Anak Bangsa

Photo: unsplash.com/@bielmorro

 

Geng, saat ini negara kita memang dalam ambang batas terpuruk dalam hal moral. Kenapa saya berani bilang seperti itu? Alasannya adalah, kita lebih enak menerima kebudayaan dari luar ketimbang mempertahankan dan melestarikan budaya sendiri. Saya rasa itu penyebab utama terjadinya kemerosotan moral.

 

Banyak anak-anak sekarang pintar melantunkan lagu-lagu barat, tapi terlihat bodoh ketika menyayikan lagu-lagu daerah. Banyak yang fasih berbahasa inggris, tapi terbata saat berbicara menggunakan bahasa jawa kromo inggil, atau bahasa daerah lain di nusantara ini. Sungguh tidak menghargai kekayaan bahasa sendiri.

 

Itu hanya salah satu contoh saja, yang lain masih banyak lagi. Memang ironis negara ini gengs, artis dibayar mahal hanya untuk merusak generasi muda. Sedangkan tenaga pendidik, guru misalnya di bayar murah untuk mencerdaskan bangsa.  Sebenarnya  negara ini bagaimana? Mau di bawa  ke arah mana negara ini, itu tergantung dari diri kalin sendiri. Jangan anggap sepele lho gengs.. permasalahan moral ini.

 

Coba lah menerawang kedepan 10 tahun saja, tak usah 30 tahun atau 50 tahun. Indonesia ini akan seperti apa? kalau anak-anak muda moralnya tidak baik. Kita mengetahui segala sesuatu yang negara-negara barat lakukan itu enak-enak. Tapi apakah yang enak-enak tadi itu baik buat kita? Jawabannya tidak, mereka itu sengaja membuat situasi seperti ini. Supaya negara kita ini lemah dari dalam.

 

Ahirnya keropos dan negara ini tumbang dengan sendirinya, horeee kata itu yang akan keluar dari mulut mereka. Setelah itu penjajahan di indonesia terjadi kembali. Dan kita semua bisa apa, cuma bisa meratapi nasib, sambil bilang kapan kita merdeka lagi? Apakah kalian mau itu terjadi? Tanya pada hatimu sendiri.  kita ini punya identitas sendiri.

 

Kebudayaan kita lebih kaya dari mereka, jauh-jauh lebih beragam. Harusnya kita yang menginvansikan kebudayaan kita, bukan mereka gengs.

 

Selain pemerintah, kita sebagai warga negara yang baik sebaiknya juga membantu pemerintah dalam meminimalisir penyakit sosial ini demi masa depan moral anak bangsa.