Kuning Pada Bayi Anda!? Jangan Khawatir Ya Bun, ikut tips ini!

Kuning Pada Bayi Anda!? Jangan Khawatir Ya Bun, ikut tips ini!

Photo by Katie Emslie on Unsplash

 

Salam Sehat Bunda. Artikel ini saya tulis dari pengalaman pribadi, yang mana saat bayi saya baru lahir mata bayi saya kuning dan hampir sekujur tubuhnya kuning. Saya coba tanyakan ke Dokter kenapa hal demikian terjadi? kata Dokter sih memang demikian karena fungsi hatinya belum sempurna.

Jadi Gengs begini, ternyata bayi yang baru lahir itu organ tubuhnya betul-betul belum sempurnya seperti fungsi ginjal, fungsi hati, fungsi mata dan lainnya. Kata Dokter hal ini sangat lazim, maka dari itu Bayi yang baru lahir 70-80% mengalami kuning. Perlu diketahui ya Bun, kuning pada bayi berbeda dengan kuning pada orang dewasa.

Kuning pada bayi terjadi karena banyaknya bilirubin pada darah, kata Dokter di berberapa artikel bilirubin merupakan sampah dari tubuh yang harus dikeluarkan melalui feses atau pipis. Dan karena fungsi organ dalam bayi belum sempurna maka terjadi penumpukan bilirubin yang menyebabkan mata dan tubuh bayi berwarna kuning.

Apakah ini berbahaya? tenang Bun, kita observasi dulu ya, apakah kuning ini berbahaya? Nah, sekarang Bunda fokus aja pada 2 minggu pertama pasca melahirkan dan ikuti tips dan trik dibawah ini.

Oh iya tips dan trik ini saya rangkum dari beberapa sumber baik dari artikel dan konsultasi ke Dokter anak untuk mengatasi Kuning pada Bayi. Sebagai berikut:

 

1. Banyakin Minum Asi

Bayi baru lahir biasanya akan tidur sepanjang hari ini yang membuat Bunda khawatir, karena bayi baru lahir harus minum ASI minimal 2 jam sekali atau lebih kurang 8 sampai 12 kali sehari. Banyak minum ASI juga akan mempercepat keluarnya bilirubin melalu kencing dan feses.

 

2. Dijemur Pada Pagi Hari

Kurang lebih dilakukan selama 2 minggu, kalau Bayi saya dulu sesuai arahan dokter dijemur pada jam 6 atau jam 7 pagi selama 15 menit jangan lebih. Dengan cara menghadapkan bayi ke arah matahari dan lindungi mata si kecil dengan tangan agar tidak silau.
Oh iya, waktu itu saya melepas pakaian si kecil agar seluruh tubuhnya terkena sinar matahari itupun atas saran dokter.

 

3. Konsultasikan ke Dokter setelah 2 minggu pasca melahirkan

Jika selama kurang lebih 2 minggu bayi masih berwarna kuning maka konsultasikan ke Dokter anak. Secara umum memang Bayi selama seminggu pasca melahirkan akan terlihat banget warna kuning di mata dan sekujur tubuhnya, tapi setelah hari ke 7 dan 8 sampai hari ke 14 warna kuning di tubuh dan mata akan berangsur-angsur menghilang.

Perlu diketahui ya Bun, kondisi Bayi berbeda-beda ada yang seperti Bayi saya yang 2 minggu lebih kuningnya menghilang, ada yang satu bulan masih kuning, ada juga seperti rekan saya yang Bayinya tidak mengalami kuning.

Jadi pada intinya, kita sebagai orang tua harus waspada namun jangan bimbang atau terlalu khawatir terhadap kuning si kecil, karena kuning pada bayi 70-80 % memang terjadi. 

Dan jangan lupa minumkan ASI ke Bayi anda sesering mungkin minimal 8-12 kali sehari dan rutin di jemur tiap pagi sampai kurang lebih 2 minggu pasca kelahiran. Setelah urutan tersebut telah dilakukan saya yakin bayi anda kuningnya akan hilang karena bilirubin telah larut dan terbuang melalui pipis dan feses.

Namun, jika tahapan di atas telah dilalui dan bayi anda masih kuning segera konsultasikan ke dokter. Salam sehat ya Bun...!!