Kuliah Di Perguruan Tinggi Swasta? WHY NOT? Inilah Beberapa Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah Di PTS

Kuliah Di Perguruan Tinggi Swasta? WHY NOT? Inilah Beberapa Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah Di PTS

Photo by CX Insight on Unsplash

 

Sebagian orang mungkin menginginkan untuk kuliah di Perguruan Tinggi Negeri alias PTN. Selain karena akreditasi, kuliah di PTN katanya sih cenderung terlihat lebih keren apalagi kalau pake almamater dari universitas ternama pasti suatu pride yang besar.

 

Nah, kebalikan sama PTS. Katanya, kuliah di PTS itu untuk yang kaum yang berduit dan yang gagal masuk PTN. Gak jarang, anak PTS sering dianggap rendah. Padahal nih, mau kuliah di PTS atau PTN sama aja. Semua punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan buat kamu yang ragu buat masuk PTS yuk simak beberapa keuntungan kuliah di Perguruan Tinggi Swasta :

 

1. Fasilitas Lebih Lengkap

Tak dapat dipungkiri, memang terkadang fasilitas di Universitas Swasta lebih lengkap, lebih modern dan lebih keren dibanding Universitas Negeri. Ya, karena besarnya biaya kuliah di PTS sebanding dengan fasilitas-fasilitasnya. Oleh karena itu, dengan berbagai fasilitas yang memadai dan super duper lengkap, sistem pembelajaran akan berjalan secara optimal dan maksimal.

 

2. Program Beasiswa Melimpah

Di Perguruan Tinggi Swasta banyak sekali program beasiswa yang diberikan bahkan sebelum jadi mahasiswa, kok bisa? Bisadong!

 

Jadi, untuk Perguruan Tinggi Swasta dibawah BUMN ada namanya Beasiswa Aperti BUMN yang diberikan kepada siswa berprestasi yang lolos seleksi. Ada 8 Perguruan Tinggi Swasta yang menjadi pilihan buat kamu yang mendaftar beasiswa ini. Tapi inget ya, cuma bisa pilih satu aja.

 

Nah, gak hanya beasiswa aperti BUMN aja, tapi ada beasiswa OSC MEDCOM.  Beasiswa ini bekerja sama dengan beberapa Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Nah, keren kan? Bisa dapet beasiswa sebelum jadi maba lagi, buruan tunggu apalagi?!

 

3. Waktu pendaftaran lebih lama

Kamu gak keterima di PTN? Eitss,tenang! Perguruan Tinggi Swasta biasanya akan membuka pendaftaran lebih lama, bukan berarti kekurangan siswa, tapi mereka memberi kesempatan buat kamu yang gagal di PTN tapi tetap ingin kuliah. Inget ya, kuliah dimana aja itu sama. Sukses itu bukan karena Universitas kamu keren, melainkan karena diri kamu sendiri!

 

4. Kualitas lulusan PTS dapat bersaing

Kata siapa lulusan PTS susah cari kerja? Malah sebagian dari mereka bukannya cari kerja, malah nyiptain lapangan pekerjaan. Iya,biasanya lulusan PTS difokuskan untuk berwirausaha meskipun tidak semuanya.

 

Inget ya, kamu kuliah di PTN bukan berarti cari kerja gampang. Buktinya, masih banyak lulusan dari PTN ternama yang jadi pengangguran. Jadi, mau kuliah di PTN atau di PTS semua memiliki kesempatan yang sama untuk memperoleh pekerjaan. Karena sebenarnya yang dibutuhkan zaman sekarang gak cukup bermodal ijazah dari Universitas ternama doang, melainkan skill tiap individu.

 

5. Dosen yang berkualitas

Kuliah di Perguruan Tinggi Swasta bukan berarti dosennya sembarangan ya! Di PTS kualitas dosen benar-benar diperhatikan. Karena banyak dari mereka adalah seseorang yang telah berpengalaman di bidangnya dan bahkan juga memiliki sertifikasi internasional. Dan gak jarang, ada juga PTS yang mendatangkan tutor dari luar negeri untuk membantu proses pembelajaran dalam perkuliahan. Ya logika aja sih, kalo dosennya asal-asal an atau sembarangan pasti citra kampus juga bakal jelek.

 

So, mau kuliah dimanapun emas tetap menjadi emas. Jangan buat kamu keren karena almamatermu, tapi buatlah almamatermu keren karenamu!