Khasiat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Khasiat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Saat hamil sangat dianjurkan untuk memakan makanan yang bergizi demi memiliki janin yang sehat. Mulai dari mengonsumsi sayur-sayuran yang rutin, atau pun buah-buahan untuk nutrisi janin. Tapi, tahukah kamu, Gengs! Jika buah semangka memiliki banyak kebaikan untuk Ibu hamil dan janin? Boleh disimak ya, Gengs.

 

Siapa yang tak kenal buah semangka sih? Buah berbentuk bulat ini ternyata sangat berbaik hati bagi para Ibu hamil. Memiliki daging berwarna merah, tekstur berair dan rasanya yang segar sehingga dapat menyegarkan tenggorokan lalu membuat semangka memiliki banyak peminat, dari kalangan muda hingga tua pasti sangat menyukainya.

 

Bukan hanya untuk sekadar santap-menyantap, tetapi buah semangka memang memiliki kandungan nutrisi yang beragam lho, seperti meredakan nyeri otot, meningkatkan insulin, dan menurunkan tekanan darah. Kelihatannya sih sepele ya, Gengs? Namun itulah kebaikan semangka yang jarang sekali kita ketahui.

 

Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Buah semangka terdiri dari 91 persen air dan 7,5 persen karbohidrat sehingga buah semangka hampir tidak mengandung lemak dan protein, hanya sedikit mengandung kalori. Kandungan airnya yang banyak sangat baik untuk tubuh untuk membantu terhidrasi dengan baik, terutama untuk Ibu hamil. Seperti yang kita tahu, Ibu hamil akan lebih banyak membutuhkan air daripada orang biasa.

 

Peran air memang sangat penting untuk tubuh manusia. Sehingga dianjurkan untuk mengonsumsi 2 liter air putih dalam sehari. Apalagi saat hamil pasti memerlukan air yang lebih banyak daripada biasanya. Air memang sangat penting bagi janin, untuk membantu pembentukan plasenta dan kantung ketuban. Jadi bagi para Ibu hamil, jangan biarkan diri kamu dehidrasi ya, Gengs. Hal itu dapat mengakibatkan komplikasi yang serius untuk kamu dan bayi.

 

Nutrisi Buah Semangka

A. Semangka mengandung likopen atau antioksida yang membuat warna daging semangka berwarna merah. Likopen dapat mengurangi risiko kanker dan terjadinya preeklampsia pada Ibu hamil dan kecilnya ukuran tubuh bayi saat lahir.

 

B. Semangka juga memiliki kandungan asam amino citrulline tertinggi. Citrulline pada buah semangka terdapat pada kulit putih yang mengelilingi daging semangka. Hal ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan cara melebarkan dan merelaksasi pembuluh darah

 

C. Buah semangka memiliki vitamin A, B5 dan C. Vitamin A penting untuk tumbuh kembang janin, terutama dalam membantu perkembangan paru-paru, ginjal, jantung, tulang, dll. Vitamin C untuk membentuk kolagen (pertumbuhan tulang dan memelihara kulit), serta membantu penyerapan zat besi. Vitamin B5 untuk meringankan kram pada Ibu hamil, dan membantu pembentukan hormon kehamilan.

 

Terlepas dari khasiat semangka untuk Ibu hamil, ternyata ada yang perlu kita ketahui juga dampak negatifnya, Gengs. Mengonsumsi buah semangka dalam keadaan hamil masih menjadi keraguan besar dalam masyarakat awam, itu terjadi karena mitos negatif masyarakat sekitar.

 

Menurut pernyataan medis jika mengonsumsi buah semangka minimal 3 irisan sehari bagi Ibu hamil akan mengurangi terjadinya preeklampsia. Hal ini mungkin sangat berbeda dengan asumsi masyarakat sekitar dan mitos yang beredar. Namun alangkah baiknya jika Anda berkonsultasi dengan dokter atau bidan terlebih dahulu. Pasalnya setiap makanan pasti akan berdampak untuk Anda dan janin Anda, baik itu untuk menambah nutrisi dan perkembangan lainnya.