Kepingin Aman dan Nyaman dengan Kosmetik, Ini Yang Harus Diperhatikan!

Kepingin Aman dan Nyaman dengan Kosmetik, Ini Yang Harus Diperhatikan!

Photo by kevin laminto on Unsplash

 

Berbicara soal wanita memang tidak ada habis-habisnya. Salah satu yang sangat menarik untuk dibahas adalah kosmetik dan kecantikan. Yang merasa wanita, betul nggak, Gengs? hehe he. Setiap diri seorang wanita pastilah ingin terlihat cantik. Nah, salah satu yang dapat menunjang untuk mempercantik wajah tak lain dan tak bukan adalah kosmetik. 

Peran utama dari kosmetik tersebut adalah melindungi kulit serta memperindah wajah. Tapi, ada juga lo Gengs kosmetik yang membawa bencana pada kulit. Karena faktanya tidak semua kosmetik yang beredar di pasaran aman dan nyaman di kulit.

Banyak sekali Gengs bahan kosmetik yang mengandung zat berbahaya bagi kulit kita seperti rodhamin, hydroquinone, mercuri dan zat lainnya. Bayangkan deh kalo zat-zat berbahaya itu nempel dikulit kita dan bukannya mempercantik, eh malah jadi rusak deh kulit kita. Serem kan?

Ini dia ada tips dari dr. Tina Wisesa, SpKK agar terhindar dari kerusakan kulit. Minimal ada empat hal yang harus kita perhatikan jika kita hendak membeli dan menggunakan kosmetik. 

 

1. Mengenal Jenis Kulit

Photo by rawpixel on Unsplash


Pertama, sebelum membeli kosmetik. Coba kamu kenali dulu jenis kulitmu. Apakah kulitmu tergolong kulit yang kering, berminyak atau berjerawat. Untuk lebih mudahnya, meminta bantuan kepada beautician untuk memilihkan kosmetik yang sesuai dengan jenis kulitmu. 

 

2. Mengetahui Kandungan Bahan

Photo by Element5 Digital on Unsplash


Sebagai konsumen atau pengguna kosmetik, kita wajib mengetahui bahan-bahan apa saja yang terkandung dalam kosmetik tersebut. Pastikan bahan-bahan dalam kosmetik aman dan nyaman untuk dipakai dikulit. Hal ini bertujuan agar kita terhindar dari kerusakan kulit. 

 

3. Tidak Sering Berganti Merek

Photo by Gabrielle Henderson on Unsplash


Nah, ini nih yang sering banget dialami wanita-wanita jaman now. Yaitu gonti-ganti merek kosmetik. Betul apa betul? Kalau cocok sih enggak masalah. Seminggu pake kosmetik A. Seminggu kemudian pake kosmetik B. Lihat temen kulitnya lebih kinclong dengan kosmetik C, eh dia ikut-ikutan. Penggunaan kosmetik yang bergonta-ganti merek, selain bikin dompet nangis. Kulitmu bisa jadi meringis lho, Gengs.

Jika memang ingin berganti merk kosmetik, sebaiknya habiskan dulu kosmetik kalian sebelumnya (maksudnya biar gak mubazir, hihihi), baru memakai merk kosmetik yang baru. Dan, jika memang tidak aman dan nyaman untuk kulit kita, maka memang seharusnya dihentikan.

 

4. Mencatat Batas Waktu Kadaluwarsa

Photo by Felicia Buitenwerf on Unsplash


Dan yang terakhir adalah jangan pernah dan jangan sampe lupa kalo membeli suatu produk adalah tanggal expired nya atau tanggal kadaluwarsanya. Kosmetik yang sudah kadaluwarsa biasanya mengalami perubahan baik dari warna, bentuk maupun baunya. 

Nah itu dia Gengs, yang mestinya kalian perhatikan sebelum membeli kosmetik. Semoga apa yang saya tuliskan dapat bermanfaat untuk kalian. Dan sebenarnya ada satu lagi Gengs yang bisa mempercantik atau memperindah kulit wajah kita.Yaitu dengan hati yang cantik. Atau istilahnya inner beauty. Jika hatimu cantik, makan akan memancar melalui tatapan mata yang menyejukkan dan selengkung senyum bibir yang menawan. Masih belum percaya?