Kenapa Teman Saya Sering Liburan Ke Luar Negeri

Kenapa Teman Saya Sering Liburan Ke Luar Negeri

Saya heran dengan beberapa teman saya yang sering berpergian ke luar negeri, salah satunya si Dewi. Dia rutin mengunggah foto-foto liburannya ke mancanegara seperti Thailand, Vietnam, Yunani, Spanyol, Italia dan beberapa negara di benua eropa dan Amerika lho, Gengs.

Ada juga rekan kerja saya bernama Dhika dan Eko, Dhika baru saja mengunggah foto liburannya dengan keluarga ke Jepang yang latar belakangnya yaitu gunung fuji. Sebelum ke Jepang, Dhika pernah berjumpa dengan saya di Hang Nadim Airport Batam, aku tanya dia selesai liburan dengan keluarga ke Singapura.

 

 

Lain Dhika lain juga Eko, dia baru saja mengunggah foto liburan bersama keluarganya ke Korea yang sebelumnya dia juga berlibur ke Jepang. Nah yang paling mantab, Eko beserta keluarga rutin mengunjungi Kota Bangkok, Thailand. Luar biasa bukan?

Aku heran kenapa fenomena ini bisa terjadi, apa kurangnya sih wisata di Negara sendiri keindahannya pun diakui oleh wisatawan mancanegara, sebut saja Bali dan Lombok. Coba tanyakan pada wisatawan mancanegara, tau nggak mereka Bali dan Lombok? 

Coba sebut tempat wisata apa yang ada di Indonesia, mau wisata alam? Adaaaaa, mau wisata sejarah? Adaaaaa, mau wisata budaya? Adaaaaa. Di Indonesia ada semua model wisatanya dan ribuan, mau ngeliat sunset atau sunrise? Ukur deh garis pantai di Negara kita seberapa panjangnya?

Mau cari keindahan bawah laut? Berapa sih perbandingam daratan dan lautan di Negara kita? Karena itu Indonesia disebut negara maritim. Mau cari cerita di masa lalu? Mengenai perjuangan kemerdekaan Indonesia atau cerita pada masa kerajaan? disetiap kota di Indonesia memiliki sejarah nya masing-masing, dan itu sudah pasti.

Mau cari keindahan alam? Berapa sih jumlah gunung di Indonesia, berapa bule yang sudah coba mendaki gunung-gunung di Indonesia? Puncak kartens? Rinjani? Semeru? Setiap harinya pasti ada bule yang mau nikmati keindahan mereka.

Setelah baca deskripsi di atas coba bayangkan, kurangnya apa coba kekayaan Negara kita? Nggak ada yang kurang Gengs, malah berlebihan sang Kuasa memberikan kekayaannya kepada kita. Lalu pertanyaannya mengapa teman-teman saya tersebut suka liburan keluar negeri? Masalahnya apa?

Mungkin traveler udah pada tau kan? Klo yang belum tau, silahkan cek aplikasi seperti tiket.com traveloka atau airy atau apapun dan coba bandingin destinasi nya. Kalian pasti kaget soal ini.

Itulah jawaban yang saya dapat dari teman-teman saya dan saya pribadi juga menjawab demikian. Tiket domestik lebih mahal 2 kali lipat daripada tiket keluar negeri. Nggak percaya? Mari kita cek satu-satu, kita ambil sample lokasi kita di 2 tempat yaitu jakarta mengapa? Karena menurut saya Jakarta memiliki traffic penerbangan yang sangat tinggi dan satu lagi Pontianak karena saya tinggal di Pontianak.

Lets go bandingin harga tiketnya :

 

 

Dan berikut chat kawan saya yang sering berpergian ke eropa..

Kenapa bisa demikian? Saya sendiri tidak tahu jawabannya, yang pasti saya yang hobinya jalan dengan milihat fakta tersebut pun akan mikir 2 kali untuk singgah ke tempat-tempat wisata negeri sendiri. 

Sangat disayangkan mengapa perjalanan ke luar negeri lebih murah dibanding perjalanan ke dalam negeri? Tidak bolehkah kita sebagai warga negara untuk melihat keindahan negerinya sendiri? 

 

 

Mungkin artikel ini hanya sebatas curahan hati warga negara yang merasa kecewa terhadap biaya penerbangan di negaranya sendiri, dan jauh dari kesempurnaan dalam memberikan sebuah data.

Walau demikian adanya, saya tetap memiliki slogan "tiada negara yang paling indah selain Indonesiaku"