Kenali 5 Alasan Hirsutisme (Rambut Yang Muncul Pada Bagian Pipi Wanita)

Kenali  5 Alasan Hirsutisme (Rambut Yang Muncul Pada Bagian Pipi Wanita)

Rambut tubuh yang berlebihan pada wanita, yang muncul dalam pola pria, juga disebut hirsutisme.
Hirsutisme biasanya disebabkan oleh peningkatan produksi hormon pria yang disebut androgen atau oleh peningkatan sensitivitas kulit terhadap androgen. 

Mungkin ada beberapa alasan mengapa tubuh Anda tiba-tiba menghasilkan lebih banyak hormon pria atau mengapa kulit Anda tiba-tiba menjadi lebih sensitif terhadap hal ini, termasuk:

 

1. Kamu memiliki Sindrom Cushing
Cushing Syndrome juga dapat menyebabkan pertumbuhan rambut ekstra. Ini bukan sindrom umum. 1 dari 50.000 orang mendapatkannya, tetapi wanita memiliki peluang lebih tinggi untuk mendapatkannya daripada pria. Sindrom Cushing adalah suatu kondisi hormon yang disebabkan oleh hormon, kortisol. Kamu tidak hanya bisa menjadi lebih berbulu, tetapi juga dapat menyebabkan penambahan berat badan, peningkatan risiko memar dan tulang dan otot yang kurang kuat.

 

2. Kamu memiliki PCOS
PCOS adalah suatu sindrom di mana cairan lecet (kista kecil) terbentuk di ovarium, sehingga ovulasi dan menstruasi mungkin tidak (selalu) terjadi. Seolah itu tidak cukup mengganggu, keseimbangan hormon Kamu juga bingung. Ini dapat memastikan bahwa wanita dengan PCOS memiliki lebih banyak rambut.

 

3. Berat badan Kamu berperan
Pernahkah Kamu memperhatikan rambut di dagu, atau tiba-tiba mulai menurunkan berat badan?  ada dua alasan untuk ini. Kelebihan berat badan mengganggu keseimbangan hormonmu. Dan hormon-hormon inilah yang memengaruhi pertumbuhan rambutmu. Tetapi tidak hanya kelebihan berat badan dapat mengganggu keseimbangan ini, orang yang kehilangan banyak berat badan juga mungkin harus menghadapinya. Apakah penurunan berat badan terlalu ekstrem? Kemudian sangat kecil, rambut tipis dapat muncul di kulit. Ini dikenal sebagai lanugo.

 

4. Kamu minum obat tertentu
Sebagian besar pengobatan tidak memiliki efek samping dari pertumbuhan rambut yang berlebihan, tetapi tentu saja ada pengecualian. Obat berat, khususnya, dapat menyebabkan ini, seperti kemoterapi dan obat-obatan tertentu untuk epilepsi. Ada juga "obat-obatan" yang dapat menyebabkan pertumbuhan rambut berlebihan yang tidak boleh Kamu ambil sama sekali, seperti steroid anabolik, yang diambil secara ilegal dalam olahraga kompetitif tertentu.

 

5. Kamu semakin tua
Pertumbuhan rambut yang berlebihan mungkin bukan gejala yang berhubungan dengan kesehatan, itu bisa juga terjadi hanya karena kita semakin tua. Wajar bagi Anda untuk mendapatkan keringanan seiring bertambahnya usia, terutama selama menopause.