Keindahan Candi Ngawen di Muntilan Magelang yang Ngehits

Keindahan Candi Ngawen di Muntilan  Magelang  yang Ngehits

Foto: wikipedia

 

Gengs!! Candi Ngawen yang ada di wilayah Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang ternyata keindahannya menajubkan. Kalau Kamu ingin tahu keindahannya Candi Ngawen datang langsung ke Muntilan ya!!! Ngawen adalah: salah satu dusun di Desa Gunung Pring, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

 

Dari Dusun Ngawen ini ada yang berbeda dengan dusun-dusun lainnya yang ada di daerah Muntilan, Magelang yaitu: adanya candi yang kemudian dikenal dengan nama Candi Ngawen. Candi Ngawen yang terletak di Dusun Gunungpring, Desa Ngawen, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang ini keberadaannya dikenal sebagai peninggalan  candi Budha memiliki keindahan yang eksotif baik dilihat dari struktur bangunan, dinding, stupa, reliefnya yang arsitekturnya tidak biasa, unik menjadi cirikhas candi Ngawen. 

 

Candi Ngawen yang berada di Desa Ngawen, Muntilan ini sering dijuluki candi peralihan, karena candi dibangun dua dinasti yang berbeda dibangun abad V saat Dinasti Syailendra dan Rakai Pikatan berkuasa. Candi Ngawen dibangun saat 2 dinasti berbeda tetapi candi ini adalah candi Budha dapat dilihat dari bangunan memiki stupa dan teras berundak-undak yang menjadi simbol candi Budha. Candi Ngawen dengan ciri khas stupa dan teras berundak- undak yang kemudian menjadi simbol candi Budha ini memang indah mempesona. Keindahan Candi Ngawen dapat dilihat dari struktur bangunan candi yang terdiri dari 5 candi kecil.

 

Dua candi memiliki arca singa jantan di keempat sudut bangunannya kemudian menariknya bangunan utama candi berbentuk sebuah patung Budha yang kini kepalanya hilang. Keindahan lain yang tak kalah menarik dari Candi Ngawen adalah patung Budha yang memiliki sikap Ratna Sambawa atau biasa disebut Dyani Budha Ratna Sambawa, Sikap tangan Dyani Budha Ratna Sambawa adalah Bumi Sparca Mudra juga menjadi Keindahan tersendiri bagi Candi Ngawen.

 

Keindahan lain yang tak kalah menarik dari Candi Ngawen adalah patung Budha yang memiliki sikap Ratna Sambawa atau biasa disebut Dyani Budha Ratna Sambawa, Sikap tangan Dyani Budha Ratna Sambawa adalah Bumi Sparca Mudra juga menjadi Keindahan tersendiri bagi Candi Ngawen.

 

Keindahan candi Ngawen memang mempesona tidak hanya struktur bangunannya yang dianggap  mirip candi Hindu dimana bangunan candi meruncing, tetapi cirikhas candi Ngawen adalah memiliki stupa dan teras/ berundak- undak yang menjadi simbol candi Budha. Keindahan lain dari candi Ngawen adalah relief yang ada pada dinding  dan kaki candi Ngawen sungguh eksotis  mempesona berupa berbentuk relief kala makara  dan   kinara- kinari. Relief-relief yang ada di dinding bangunan candi ini yang berbentuk relief Kinara-Kinari masih terlihat jelas dengan beragam bentuk ukiran yang indah. Relief Kinara kinari adalah makhluk kayangan berwujud setengah manusia, setengah burung  bertugas penjaga kalpataru dan pertunjukan kemudian relief yang tak kalah menarik kinara kinari selalu diukir mengapit kalpataru kemudian keindahan lain dari ukiran Kinara Kinari adalah relief daun-daunnya yang berjuntai dengan aneka macam perhiasan yang indah. 

 

Keunikan lain dari  candi Ngawen yaitu: arca singa yang menumpang empat sisi bangunan candi menyerupai lambang singa pada lambang negara Singapura yang memiliki fungsi mengaliri air yang keluar lewat mulut arca. Bentuk arca singa mirip gaya Singapura masih misterius kemudian disisi lain candi Ngawen berfungsi tempat beribadah umat Budha, namun jarang dikunjungi sebagai tempat wisata Candi yang letaknya 5 kilometer dari Candi Mendut menarik untuk dikunjungi. Wisatawan tidak saja dapat melihat dari dekat keindahan candi Ngawen, melainkan juga wisatawan juga dapat berwisata melihat keindahan sekitar candi yang masih alami dan asri.

 

Lokasi candi Ngawen dikelilingi sawah dan pemukiman penduduk membuat kawasan Candi Ngawen makin mempesona. Candi Ngawen yang juga candi Budha dibangun sejak abad ke-8 oleh Wangsa Syailendra, zaman kerajaan Mataram kuno. Candi Ngawen memang tidak sepopuler candi Mendut yang ada disekitarnya, namun keindahan candi yang eksotis membuat wisatawan ingin melihat peninggalan bersejarah dari dekat. Lokasi candi Ngawen yang berada di Desa Ngawen makin mempesona setelah kini Desa Ngawen menjadi desa wisata yang kemudian dikenal dengan nama Desa wisata Ngawen sejak tahun 2015 Menikmati keindahan Candi Ngawen yang berlokasi di Desa Ngawen, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang Jawa Tengah 56415 hal yang mengasyikkan.

 

Harga tiket saat weekday hari senin - jumat dan weekand hari Sabtu dan Minggu Rp 3000. Candi Ngawen buka jam 07.00 pagi sampai Jam 17.00 sore hari.