Kebiasaan Sehari-Hari Yang Bisa Merusak Kecantikan Kamu

Kebiasaan Sehari-Hari Yang Bisa Merusak Kecantikan Kamu

Photo by Marius Muresan on Unsplash

 

Semua wanita pasti menginginkan untuk selalu tampil cantik apalagi kalau sudah menghadiri sebuah acara. Tampil dengan kulit bersih, halus dan lembut impian semua wanita. Betul apa salah Gengs?

Untuk tampil cantik biasanya wanita melakukan bermacam-macam perawatan, dimulai perawatan dari dalam seperti menjaga pola makan sehat, rutin mengonsumsi buah dan sayuran dan rajin minum air putih dalam sehari, perawatan dari luar pun juga dilakukan wanita seperti pergi ke salon, pergi ke spa dan melakukan aktifitas fisik seperti olahraga.

Tetapi sahabat saliha terkadang kamu tidak sengaja melakukan kegiatan atau bahkan sudah menjadi kebiasaan kamu yang justru memberikan dampak negatif terhadap kecantikan kamu dan terkadang kamu tidak menyadarinya.

Berikut kebiasaan sehari-hari yang bisa merusak kecantikan kamu sahabat saliha :

 

1. Tidak menggunakan tabir surya


 

Penggunaan tabir surya sangat penting bagi wanita, apalagi kalau kamu sering melakukan aktifitas outdoor pasti sinar matahari akan langsung mengenai kulit kamu, Gengs.

Sebab jika kulit terlalu lama terpapar sinar matahari akan memberikan efek buruk bagi kecantikan kamu apagi wajah. Jika terus berlanjut kamu tidak memakai tabir surya kulit kamu nantinya akan muncul bercak-bercak hitam pada wajah.

Oleh karena itu penggunaan tabir surya sangat penting untuk melindungi kulit wajah dari sinar UV. Semakin tinggi kandungan SPF tabir surya yang kamu gunakan semakin bagus bagi kulit kamu sebab proteksinya juga akan lebih baik.

 

2. Tidak membersihkan sisa makeup

Foto: journal.sociolla.com


Terkadang setelah beraktifitas seharian atau habis pulang hangout bersama sahabat dan  kencan bersama pacar saat sampai di rumah kamu sering merasa lelah dan malas untuk membersihkan sisa makeup kamu dan langsung tidur.

Tidur dengan sisa makeup yang masih menempel pada wajah kamu hanya akan merusak kecantikan wajah kamu sebab hanya akan mempercepat proses penuaan, selain itu kotoran, polutan dan bahan kimia dari produk makeup yang menempel pada kulit kamu akan masuk ke dalam pori-pori kulit wajah sehingga bakal tumbuh jerawat.

Makeup akan memecah kolagen dan elastin pada wajah kamu sehingga kulit kamu akan cepat keriput, terbentuknya garis halus dan kulit menjadi kusam. Tidur dengan riasan mata hanya akan membuat mata menjadi kering, kemerahan, iritasi dan infeksi. Bulu mata kamu akan mudah rontok dan rapuh.

 

3. Terlalu sering membersihkan wajah


Menjaga kesehatan kulit wajah memang sangat penting untuk dilakukan sebab mencegah terjadinya penumpukan kotoran dan bakteri pada wajah. Terkadang di saat kamu merasa wajah kamu kotor dan lengket-lengket pasti kamu merasa sangat risih dan langsung mencuci muka.

Ahli kosmetik menyarankan agar kamu melakukan scrub untuk membersihkan wajah sebaiknya dua kali sehari, sebab terlalu sering melakukannya akan membuat kulit mejadi kering sehingga kulit tampak keripu sebab minyak pada wajah berkurang dan menurunkan sistem kekebalan kulit.

 

4. Sering gonta-ganti produk make up


 

Kebiasaan gonta ganti produk make up justru tidak baik untuk kesehatan kulit kamu, sebab kulit kamu terlalu banyak bersentuhan dengan produk make up, apalagi kamu yang memiliki kulit yang sensitif akan langsung memberikan efek kepada kulit seperti kulit kemerahan, gatal-gatal dan bahkan berjerawat.

Jika kamu sudah cocok memakai produk make up tetap setia menggunakan produk tersebut agar kesehatan kulit kamu tetap terjaga.

 

5. Sering memencet jerawat


 

Gengs, disaat jerawat tumbuh di wajah kamu pasti kamu selalu merasa risih dan tidak sedikit dari kamu yang memegang jerawat tersebut dan bahkan ada yang sampai memencet mencet jerawat tersebut dengan alasan tidak nyaman melihat jerawat tersebut.

Kebiasaan kamu yang seperti itulah justru akan membuat jerawat menyebar dan meninggalkan bekas di wajah.

 

6. Mandi dan mencuci wajah dengan air hangat

Foto: Hallosehat.com
 

Mandi dengan air dingin merupakan salah satu tantangan terbesar, apalagi kamu yang tinggal di daerah dengan suhu lebih dingin. Sehingga kamu lebih memilih mandi dengan air panas, justru kebiasaan ini lah yang akan merusak kecantikan kamu sahabat saliha, sebab air panas bisa menghilangkan secara paksa minyak yang terdapat pada kulit, sehingga kulit menjadi kasar dan kering.

 

7. Sering melewatkan waktu makan


Photo by Pablo Merchán Montes on Unsplash

 

Terkadang karena kesibukan beraktifitas kamu sering melewatkan waktu makan atau kamu sedang menjalani program diet, tapi diet yang jalani terlalu ekstrim sehingga kamu melewatkan waktu makan sebab menginginkan hasil yang maksimal dan cepat.

Justru yang kamu lakukan itu hanya akan membuat perut kamu kelaparan dan berimbas dampaknya terhadap kesehatn kulit kamu, sebab tubuh akan mengambil nutrisi yang tersimpan pada kulit untuk mencukupi kebutuhan tubuh.

Oleh karena itu teraturlah makan walaupun tengah sibuk bekerja agar kulit tetap sehat dan tidak kering serta jalani program diet yang benar sebab diet bukan berarti tidak makan tetapi pola makan dan porsi makan yang mesti diatur.

 

8. Kurang tidur

Photo by Vladislav Muslakov on Unsplash


Jika kamu keseringan kurang tidur akan membuat kamu tampak pucat, lusuh, kusam dan kecerahan kulit kamu menurun, terlebih lagi jika area di sekitar mata tampak hitam.

Terkadang kebiasaan tersebut tidak terlalu kita pikirkan dampaknya, terkadang memang dampaknya tidak langsung kita rasakan, tetapi tidak ada salah nya bukan untuk waspada.