Kamu Sering Mabuk Perjalanan? Jangan Khawatir Gengs, Saya Punya Solusinya

Kamu Sering Mabuk Perjalanan? Jangan Khawatir Gengs, Saya Punya Solusinya

Foto: matthewtweediehypnosis.com

 

Halloo sahabat Reviens media,
Pernah gak sih saat kalian asyik-asyiknya mau bepergian / piknik, tapi malah terganggu gara-gara mabuk perjalanan? 

Huffftt, mengganggu banget, bukan? 

Sebenarnya, saya menulis artikel ini berdasarkan pengalaman pribadi lhoo, Gengs. Pasalnya saya sendiri juga sering mabuk kendaraan. Hu hu (emot sedih)

Gengs, Mabuk perjalanan atau bahasa kerennya motion sickness terjadi karena sistem vestibular (pusat keseimbangan di telinga bagian dalam) terganggu.
 
Terganggunya pusat keseimbangan di telinga ini merangsang produksi zat histamin yang merangsang otak untuk menimbulkan reaksi mual & ingin muntah. Naah, ini yang terjadi saat kita berada dalam perjalanan. Karena apa? Karena posisi duduk tidak pernah seimbang saat kita dalam perjalanan, Gengs. 

Mabuk kendaraan juga bisa terjadi karena kita punya sugesti “Nanti pasti saya mabuk”. Naah, makannya, sugesti harus positif yaa gengs, karena sugesti sangat mempengaruhi kita mabuk/tidak saat dalam perjalanan. Katakan “Aku baik-baik saja”, “perjalanan lancar dan menyenangkan”. Jangan berkata “aku tidak akan mual / pusing” karena hal itu malah mengingatkan diri kita, bahwa kita sebenarnya suka mabuk perjalanan.

Di samping itu, mabuk perjalanan juga terjadi karena kurangnya sirkulasi udara segar yang baik sehingga membuat otak kurang oksigen.


Tips agar tidak mabuk perjalanan :

 

1. Pilih tempat yang paling sedikit goncangan nya

Gengs, jika kamu sering mabuk perjalanan, usahakan memilih tempat yang paling sedikit goncangannya yah saat dalam kendaraan ( seperti bus, mobil ). Kalau saya pribadi, karena sudah terkenal “Tukang mabuk kendaraan” saat bepergian bersama keluarga besar ataupun rekan-rekan, pasti ditempatkan di depan. He he
Karena apa? Karena goncangannya lebih sedikit. 

 

2. Tidak makan makanan yang dapat menimbulkan mual

Makanan yang mengandung bahan kimia, terlalu manis, ataupun yang dapat menyebabkan kembung itu jangan dikonsumsi. Tahu gak sih Gengs? Makanan yang mengandung coklat juga bisa menyebabkan mabuk selama perjalanan lhoh.

 

3. Usahakan perut tidak dalam keadaan kosong atau kekenyangan

Sebelum menempuh perjalanan jauh, usahakan perut dalam keadaan terisi tapi tidak sampai kekenyangan yaa gengs.  Makan secukupnya saja agar perut tidak mual terkena guncangan selama kendaraan berjalan. Kalau sebelum perjalanan kita makan kekenyangan, yang ada malah enek selama perjalanan daaan kemungkinan mabuk lebih besar. Di samping itu, perut yang kosong juga tidak baik gengs, karena akan menghasilkan gas berlebih di lambung jadi banyak angin / eneg.

 

4. Bawa camilan yang tidak menimbulkan enek

Gengs, selama perjalanan, kamu bisa membawa camilan yang tidak bikin enek. Seperti kacang, keripik, buah potong atau puding. Kalau saya pribadi, lebih suka membawa bengkoang yang sudah dikupas dan dipotong kecil-kecil selama perjalanan. Usahakan hindari makan makanan berat seperti roti atau nasi ya gengs. 

 

5. Bawa minyak angin, balsem, atau  aromaterapi

Menghirup aroma minyak angin atau aromaterapi bisa juga menjadi obat mual lhoo gengs. Kita wajib membawanya saat bepergian jauh. Untuk jaga-jaga siapa tahu kamu mendadak mual atau kedinginan karena hawa AC. Jika saat perjalanan terasa mual, jangan panik dulu yaa gengs. Usapkan minyak angin, balsem, atau  aromaterapi disekitar pusar.

 

6. Tutup pusar dengan Salonplas sampai lubangnya tidak terlihat lagi

Gengs, mungkin tips terakhir ini terdengar aneh. Tetapi saya sudah membuktikan keajaibannya lhoh. Saya pribadi mendapat tips ini langsung dari ibu saya. Sebenarnya, belum ada penjelasan ilmiah mengenai hal ini, tapi kemungkinan besar menutup pusar mempengaruhi sugesti pemikiran kita.

Berdasarkan ilmu barat, center of gravity dari tubuh adalah di sekitar perut. Contohnya jika kita sedang cemas kita bisa menaruh tangan kita di perut. Biasanya kita akan merasa lebih baik.

Sedangkan menurut pengobatan China. Daerah seputar perut dan pusar merupakan pusat energi. Jadi jika dipengaruhi dengan pengaruh positif dapat membuat badan menjadi lebih kuat. dan khasiat positif lainnya.

Naah itu adalah beberapa tips agar tidak mabuk kendaraan dari saya. Semoga perjalananmu menyenangkan yaa gengs.