Kamu Harus Tahu ! Ini 4 Permainan di Indonesia yang Hampir Punah

Kamu Harus Tahu ! Ini 4 Permainan di Indonesia yang Hampir Punah

Sebelum teknologi berkembang secara pesat, dulu permainan tradisional masih sangat digemari oleh anak-anak kecil. Tapi, sayangnya seiring perkembangan zaman dari waktu ke waktu permainan tradisional tergantikan dengan teknologi seperti gadget, ps dan lain sebagainya. Anak kecil zaman sekarang lebih memilih untuk bermain game online daripada bermain permainan tradisional.

 

Nah, penasaran apa saja permainan tradisional di Indonesia yang terancam punah? Yuk simak pembahasan berikut ini:

 

1. Congklak

 

Congklak adalah permainan tradisional yang berasal dari Timur Tengah Mancala. Congklak juga merupakan salah satu game tertua di dunia. Setiap daerah memiliki panggilan yang berbeda dalam menyebut permainan ini. Permainan ini dimainkan dua orang dengan cara bermain bergantian mengisi lubang-lubang pada congklak. Tujuan permainan ini adalah mengumpulkan biji sebanyak-banyaknya dalam induk lubang. Pemain yang mendapatkan biji terbanyak, ialah pemenangnya.

 

2. Lompat Tali

Sumber: keluargacaplang.com

 

Permainan ini terdengar tidak asing di telinga kita. Iya, permainan lompat tali sudah ada sejak zaman dahulu. Tapi, sayangnya sekarang sudah jarang sekali anak-anak yang bermain lompat tali. Lompat tali ini biasanya dibuat dengan karet gelang yang disambung sampai panjang. Kemudian dimainkan oleh dua orang lebih. Dua orang yang memegang tali, sedangkan yang lain melompati tali tersebut.

 

3. Kelereng

Sumber: suarakalbar.co.id


Nah, permainan kelereng ini pernah hits juga pada zamannya, lho! Biasanya permainan ini dimainkan oleh anak laki-laki. Jadi, permainan ini dimainkan 2-5 orang kemudian 1 orang berusaha memencarkan kelereng yang telah dikumpulkan jadi satu dan dilakukan bergantian ya. Terlihat sepele, tapi bermain kelereng ini bisa melatih arah mata,fokus, dan strategi, lho!
 

4. Layangan

 

Siapa nih yang sering nonton Upin Ipin? Pasti gak asing sama yang namanya layangan. Iya, layangan ini merupakan salah satu permainan tradisional yang digemari anak-anak zaman dulu.  Main layangan bukan sembarangan main ya! Selain bersaing kekuatan dan ketinggian dalam menerbangkan layangan kita juga harus memperhatikan cuaca dan angin juga. Wah, kira-kira zaman sekarang masih banyak gak ya, anak-anak kecil yang bermain layangan?