Jurusan Bahasa Di Sma : Jurusan Minoritas Tapi Berkualitas

Jurusan Bahasa Di Sma : Jurusan Minoritas Tapi Berkualitas

Sumber: https://kevin-moseri.de/revolut-app-languages/

 

Dari waktu ke waktu, kebanyakan para orang tua mendoktrin anaknya yang lulus SMP untuk mengambil jurusan IPA ketika SMA. Dengan alasan klasik, kalo masuk jurusan IPA bisa milih jurusan apapun saat kuliah. Eitsss, tapi jangan salah jurusan gak mempengaruhi kesuksesan seseorang. Sukses itu tergantung dari diri kita sendiri.

 

Mungkin stigma masyarakat tentang JURUSAN BAHASA adalah JURUSAN BUANGAN kayaknya udah sering banget kita dengar. Jurusan bahasa sering dianggap rendah padahal belajar bahasa itu enggak mudah.  So, yuk simak beberapa ulasan tentang jurusan bahasa yang gak kalah keren sama jurusan lainnya!

 

1. Gampang Nyari Kerja

Kata siapa masuk jurusan bahasa gak punya masa depan cerah dan nyari kerja susah? Padahal faktanya, lulusan bahasa gampang banget nyari kerja. Kenapa gampang? Karena kita bisa menghasilkan uang dari sebuah karya tulis yang kita tulis. Memang, semua orang bisa menulis, tapi di jurusan bahasa kalian pasti akan diajari cara menulis yang baik dan benar, etika dalam kepenulisan dan sebagainya.

 

Menulis memang terlihat sepele, tapi jangan sangka, jadi penulis juga salah satu pekerjaan yang menjanjikan lho! Seperti J.K Rowling yang sukses dengan bukunya yang berjudul “Harry Potter” dan kemudian difilmkan. Gak cuma itu aja, anak lulusan bahasa juga gampang banget diterima di perusahaan karena bisa menguasai bahasa asing selain bahasa Inggris. So, jurusan bahasa itu keren, karena belajar berbagai bahasa itu gak mudah!

 

 

2. Saingan Gak Terlalu Ketat

Tau gak sih, kalau banyak jurusan bahasa ini belum ada di semua sekolah. Jadi, cuma sekolah tertentu aja yang ada jurusan ini. Nah, biasanya sekolah yang terdapat jurusan Bahasa ini cuma ada satu kelas. So, saingan kamu cuma sama temen sekelas sendiri buat ngedapetin kursi SNMPTN.

 

3. Cocok Buat Kamu Yang Gak Suka Hitungan

Kamu gak suka hitung-hitungan? Kayaknya jurusan ini cocok buat kamu yang gak suka sama hitung-hitungan. Eits, bukan berarti di jurusan bahasa gak ada mata pelajaran Matematika ya. Matematika emang masih ada, tapi matematika dasar banget, jadi gak bakal serumit anak IPA atau IPS. Kalau kamu masuk IPS cuma buat lari dari hitung-hitungan juga bakal salah besar, karena di IPS kamu masih dapet pelajaran Fisika yang konon bikin otak tersiksa :(.

 

4. Solidaritas Kuat

Jurusan bahasa biasanya terkenal dengan kekompakkan nya nih guys! Gimana gak kompak kalo 3 tahun bareng-bareng terus. Biasanya kalo lomba Classmeet, anak Bahasa selalu jadi The Best Supporter nya nih!

 

5. Berpeluang Besar Ikut Student Exchange

Biasanya di sekolah-sekolah ada program Student Exchange dimana anak bahasa memiliki peluang besar untuk keterima. Meskipun gak menutup kemungkinan juga anak IPA atau IPS juga bisa keterima. Seperti, di sekolah penulis ada program studentexchange  ke Jerman. Dan mengutamakan anak bahasa untuk join di program ini.

Salam Bahasa, Salam Persatuan!

Jadi, anak bahasa keren kan?