Jepara Dengan 27 Pulau Yang Mendunia

Jepara Dengan 27 Pulau Yang Mendunia

Wisata bawah laut Karimunjawa

 

Hay geng ketemu lagi dengan saya, Achmad Mustaqim. Semoga rekan-rekan pembaca diberi kesehatan dan keberkahan dalam rutinitas sehari-sehari. Sekian lama tidak ada kabar, Sekarang saya bertugas di KPP Ketapang  mungkin teman-teman yang kebetulan berada di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat ingin bertemu sekedar bertanya atau ngopi pancong sile-sile jak.

Setelah beberapa bulan saya absen menulis di KemanaKita ini, kali ini saya ingin menulis mengenai pengalaman trip saya ke Karimunjawa kemarin. Ada yang sudah pernah kesana atau cuma baru dengar dari internet, televisi, radio, majalah travel, atau bahkan belum tau sama sekali. Et et et,, belum pernah dengar ya?

Oke gak masalah kalau belum pernah dengar. Saya akan bantu sedikit jelaskan di tulisan ini.

Oiya, saya kelahiran jepara, asli jepara tetapi selama 26 tahun Alhamdulillah saya di beri umur, baru kemarin saya resmi menginjakkan kaki di pulau ini Hehehehehe, ada kisah tersembunyi di balik tertawa saya.

Yang saya bahas di sini khusus cerita backpackeran atau tidak menggunakan paket wisata alias WISATA MANDIRI, INGGATTTT ya namun apabila saya bahas mengenai paket wisata yakinlah itu hanya bumbu-bumbu semata.. hahahaha

 

LETAK GEOGRAFIS

Pertama-tama saya ingin bahas terlebih dahulu letak geografis pulau cantik ini. Karimun Jawa merupakan sebuah nama dari salah satu kecamatan di kabupaten jepara. Ya, Kecamatan Karimunjawa.

 

CARA AKSES

Akses ke karimunjawa sekarang dapat diakses melalui jalur laut atau udara. Jalur udara dari bandara Ahmad Yani Semarang sementara jalur laut  jalur laut dapat ditempuh melalui dua pelabuhan yaitu pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan pelabuhan Kartini Jepara, namun dalam tulisan ini yang saya bahas dengan perjalanan dari jepara ya, akses dimulai dari pelabuhan Kartini (jalur laut).

Kalau dari palabuhan kartini hari kamis dan jumat tidak ada penyeberangan ke Karimunjawa alias hampir tiap hari ada penyeberangan ke karimunjawa.

Masalah harga tiket murah kok, untuk tiket feri (KMP siginjai) seharga Rp 76.000 dengan perjalanan sekitar 4-5 jam sementara untuk KM express bahari Rp 154.000 dengan waktu tempuh sekitar 2.5 jam (harga tiket per November 2018) ingatttttt untuk KMP Siginjai mulai berlayar jam 07.00 WIB sementara KM Exspress bahari jam 09.00 WIB, jadi jangan sampai terlambat.

Untuk mengetahui update harga tiket bisa lihat di internet atau link ASDP.

 

SETELAH SAMPAI KARIMUNJAWA

Setelah samapai di Karimunajawa apa yang perlu dilakukan….Langsung selfie lah,,, hahahahaha… setelah  sampai di dermaga Karimunjawa, anda sudah disajikan pemandangan yang bagus, tapi tunggu, belum seberapa lah dengan yang lain.

Ketika sudah sampai disini anda perlu mencari penginapan, sewa motor/sepeda (rekomendasi motor), paket snorkeling.

Tapi kalau anda sudah ikut backpacker semuanya sudah ditanggung lah alias anda cukup duduk sudah kemana-kemana tetapi tidak leluasa dan tidak dapat motor.

Apabila kamu ingin backpackeran sendiri atau sama teman-teman tidak perlu takut mengenai kebutuhan anda disni, penginapan sangat banyak mulai harga Rp 80.000 sampai jutaan, sewa motor sehari cukup Rp 75.000, tour laut (sudah termasuk snorkeling) harga bisa bervariasi, hehehe nanti akan saya bahas lebih lanjut.

Saya kemarin ke Karimunjawa backpacker an sendiri, dan Alhamdulillah aman, sehat walafiat, dan puas ber swafoto.

Awalnya dapat info dari teman-teman yang sudah pernah kesini semuanya murah tapi namanya baru pertama kali dan sendirian pastilah sampai Karimunjawa atau tempat baru agak bingung mau ngapain.

Pas saya turun dari kapal (kebetulan naik KM express bahari) jam 11.30 WIB sudah banyak orang menawarkan jasa sewa sepeda motor, penginapan, atau tour laut.

Apabila kamu backpackeran atau tidak ikut paket wisata anda bisa menggunakan jasa mereka, apalagi harga yang mereka tawarkan bersaing misal untuk sewa motor Rp 75.000 menjadi harga standar di karimunjawa. Nah untuk penginapan dan tour laut yang akan mulai terdapat perbedaan.

 

Lokasi wisata

Duh, ini nih agak susah menjelaskannya seperti apa, hampir semua lokasi di Karimunjawa bisa menjadi tempat wisata, wisata di sana terbagi dalam beberapa kelompok antara lain: wisata pulau, wisata pantai, wisata bukit, wisata kuliner, wisata pemandangan bawah laut, dan wisata memancing, nah mungkin pembaca yang pernah kesana menganggap kelompok wisata yang saya sebutkan kurang banyak, ya nanti boleh komen-komen,, hehehe.

 

1. Wisata Pulau

Foto cemara kecil, salah satu pulau dari 27 pulau

Terdapat 27 pulau yang berpenghuni atau tidak berpenghuni, ada juga pulau yang khusus untuk latihan militer. Teman-teman jangan masuk kesana ya, khawatir terkena peluru nyasar.

 

2. Wisata Pantai

Pantai pasir putih karimunjawa

Terdapat sangat banyak pantai yang sangat indah, mulai pasir putih yang bernyanyi sampai pepohonan yang menari terdapat di karimunjawa. Anda ingin tempat yang tenang, ada. Anda ingin tempat yang ramai, tentu pasti ada.

 

3. Wisata Bukit

Foto diambil dari bukit jaka tua, salah satu cara menikmati pemandangan dari atas

Sejauh pengetahuan penulis terdapat 2 (dua) bukit yang sangat elok untuk menikmati pemandangan karimunjawa dan pulau-pulau sekelilingnya, sunrise atau sunset pun oke. Disini anda bisa sambil ngopi atau ngeteh biar suasana lebih asoy.

 

4. Wisata Kuliner

Foto wisata kuliner di alun-alun Karimunjawa

Jika kalian bingung waktu malam mau kemana saat di Karimunjawa, anda tidak perlu khawatir karena anda bisa berjalan menuju alun-alun kecamatan, disitu banyak pedagang penjual makanan laut hasil tangkapan nelayan asli dan tentunya ikan segar endemik pulau Karimunjawa.

 

5. Wisata Pemandangan Bawah Laut

Foto snorkeling di Turtle island

Heemmmmm masih segar ingatan saya indahnya alam dan penghuninya di laut karimun. Ada nemo island, ada turtle island dan banyak sebutan lainnya. Yang paling berharga selama di sana adalah saat snorkeling melihat kura-kura sangat besar yang seakan tidak asing dengan keberadaan kami. hewan langka dan pengalaman langka, tentunya saya tidak menjamin teman-teman dapat melihat kura-kura seperti yang saya lihat. (sudah ada go pro milik pemilik kapal, jadi tidak perlu repot-repot bawa go pro)

 

6. Wisata Memancing

kalau yang satu ini sih, ga perlu repot-repot mencari spot memancing, karena dimanapun disitu terdapat ikan yang melimpah dan besar-besar, jika anda masih belum puas maka cukup sewa kapal nelayan sekitar kemudian pilih sendiri spot sesuai rekomendasi pemilik kapal atau warga sekitar.

 

Perbedaan Menggunakan Paket Wisata Dan Traveler Sendiri (Nonpaket)

PAKET WISATA

Saya mulai bahas terlebih dahulu mengenai paket wisata, jujur saya tidak mengikuti paket wisata tapi dari beberapa teman yang saya kenal terdapat kelebihan dan kekurangannya.

 

Kelebihan:

  • Tiket perjalanan kapal sudah dibelikan PP
  • Penginapan sudah tersedia jadi tidak perlu repot-repot mencari sendiri
  • Tour laut bisa dengan satu grup
  • Antar jemput dari dermaga karimunjawa
  • Makan termasuk dalam paket

Kelemahan:

  • Waktu tidak fleksibel
  • Masih harus pinjam sepeda motor sendiri
  • Biaya lebih mahal
  • Penginapan biasanya bercampur dengan peserta paket yang lain
  • Tidak bisa memilih menggunakan transportasi udara (belum pernah dengar cerita)
  • Lokasi wisata terbatas

Sedikit saja ya bahas mengenai paketan wisata, tapi intinya bagi anda yang tidak ingin repot-repot bisa langsung pesan dan hubungi agen paket wisata Karimunjawa.

 

WISATA MANDIRI / BACKPACKER

Saya memang tipe pewisata backpacker, jadi apa-apa belajar mandiri, rasa tertantang di lokasi baru, pengusaan waktu penuh, keleluasaan lokasi wisata, dan tentunya penghematan biaya lah.

Oiya kebetulan saya pas kemarin ke Karimunjawa bertemu dengan penduduk lokal asli Karimunjawa, namanya mas inung orangnya sangat baik, ramah, dan berfilosofi “pengunjung harus datang lagi” dari motonya sudah terbayang kan seperti apa baiknya bapak kelahiran asli Madura yang menikah dengan penduduk local satu ini.

Mulai dari penginapan yang harganya Rp 80.000 sampai harga jutaan, tour laut dengan harga murah dan kualitas sama dengan yang  ditawarkan paketan wisata, rental sepeda motor, warung makan murah sd mahal, memlihi souvenir khas yang langka (nah nanti Tanya sendiri ya, kenapa saya sebut langka), lokasi memancing, rekomendasi-rekomendasi lain yang ada di paketan wisata atau yang banyak tidak diketahui orang lain di mas Inung ada semua dan bisa dicarikan.

Oiya mas Inung pekerjaan sehari-harinya adalah nelayan tetapi kadang tidak menentu, kalau wisatawan membludak terkadang mas inung sebagai gaet/tour leader.

Sayangnya saya tidak ada fotonya yang untuk dibagi tapi tenang saya masih ada nomor hp nya untuk dibagi. Teman-teman tidak perlu khawatir menghubungi beliau, saya sudah izin dengan beliau untuk membagi nomor ke kawan-kawan apabila perlu bantuan dan hitung-hitung untuk menaikkan perekonomian mas Inung dan keluarga. Beliau dapat dihubungi di nomor HP. 0823-3005-0616 (mas Inung).

Saya hitung-hitung total pengeluaran pokok saya untuk wisata ke karimun jawa adalah sebagai berikut (non paketan):

 

1 Tiket berangkat dengan kapal cepat (ekspress bahari) Rp 156.000
2 Penginapan (2 malamx 3 hari) @Rp 80.000 Rp 160.000
3 Makan 6 kali @10.000 Rp   60.000
4 Sewa sepeda motor (sehari cukup) Rp   75.000
5 Tour laut (termasuk dapat makan n alat snorkeling) Rp 175.000
6 Tiket kapal pulang (feri siginjai) Rp   76.000
  TOTAL Rp 702.000

 

Demikian sedikit yang bisa saya bagi untuk teman-teman yang mempunyai rencana menghabiskan hari libur ke kecamatan Karimunjawa.

INGAT. JANGAN BUANG SAMPAH SEMBARANG DAN JAGA KEARIFAN LOKAL