Jangan Panik, Lakukan Ini Saat Kamu Kapalmu Terbalik Dipantai

Jangan Panik, Lakukan Ini Saat Kamu Kapalmu Terbalik Dipantai

Photo by Milan Seitler on Unsplash

 

Menghabiskan waktu liburan memang asik pergi ke pantai, apalagi bisa melihat sunrise maupun sunset. Tidak hanya itu kita juga dapat bermain snorkling, banana boat hingga camping ceria dipesisir pantai. Namun apa jadinya jika banana boat atau kapal yang kalian tumpangi terbalik.

 

Seperti yang terjadi pada enam wartawan istana presiden yang terbalik di peraiaran Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Jika ini terjadi pada kalian jangan dulu panik yah guys karena justru itu akan membuat kalian tidak bisa berpikir untuk menyelamatkan diri kalian.

Berikut hal yang harus kalian lakukan, terutama bagi kalian yang tidak bisa berenang.

 

1. Mengapungkan diri di pantai

Bagi yang tidak bisa berenang perkara ini tentu menjadi momok yang menakutkan, namun usahakan diri kalian tetap rileks dan tenang ya, Sob. Karena jika kalian panik justru hal ini akan menguras energi kalian, serta mempercepat kalian untuk tenggelam.

Selain itu kalian juga jadi tidak bisa berpikir untuk melakukan pertolongan pertama, teknik mengapungkan diri bisa jadi solusi bagi yang tidak bisa berenang.

Caranya ialah posisikan diri kalian dengan tidur terlentang di atas permukaan laut atau biasa dikenal dengan gaya ultimate. Usahakan wajah tetap menghadap ke atas guna membantu pernapasan kalian, jangan lupa untuk merentangkan kedua tangan dan kaki hingga separuh posisinya berada dibawah permukaan laut ya.

 

2. Cari Benda di sekitar pantai

Sembari melakukan teknik ultimate, usahakan kalian juga mencari benda apapun yang ada di pantai, seperti kayu, rakit, daun pintu dan benda lainnya yang dapat membuat kalian tetap mengapung di atas permukaan laut.

 

3. Menjauh dari Kapal

Jika kapal yang kalian tumpangi berukuran besar, segeralah menjauh dari kapal tersebut agar kalian tidak tertindih oleh puing puing kapal, selain itu kapal yang besar juga bisa menyedot dan menghisap kalian hingga tenggelam, usahakan untuk tidak hipotermia dia atas permukaan laut ya.