Jangan Menikah, Sebelum Tahu Yang Ini

Jangan Menikah, Sebelum Tahu Yang Ini

Foto: pexels.com/@imagestudio

Mumpung masih awal tahun, masih pantas membicarakan resolusi. 
Gengs, di akhir Desember kemarin, atau di awal Januari pasti banyak yang membuat evaluasi dan resolusi untuk dijalani di tahun 2019 ini, ‘kan? Mungkin, ada yang menjadikan menikah sebagai resolusi. Siapa yang seperti ini, Gengs? Coba acungkan jarinya. 

Nah buat yang punya resolusi untuk menikah di tahun ini, jangan keburu nikah, sebelum tahu yang ini. Yuuk disimak sebelum terlambat, Gengs!

 

1. Niat dan Tujuan Menikah

Niat dalam melakukan suatu hal, sangat penting. Agar istiqomah dalam menjalankannya. Pun, sangat penting mengetahui tujuan dari melakukan sesuatu. Agar tindakan yang akan kita ambil tepat sasaran.

Begitu pula dengan menikah. Niat menikah sangat penting. Kalau niatnya cuma sekedar menyatukan cinta, percayalah, ini tidak akan bertahan lama. Karena tujuan pasti seputar fisik. Manusia, semakin hari akan menua. Kecantikan, ketampanan, akan memudar seiring usia yang terus bertambah. 

Apalagi jika niatnya hanya karena ingin melepas lajang, ini salah! Karena akan membuat kita tergesa-gesa, dan pastinya akan mendatangkan penyesalan dari ketergesa-gesaan itu.

Jika niat dan tujuan karena bisnis, harta, dan kedudukan, niscaya bahagia hakiki akan menjauh. Hanya sebentar, di awal. Selanjutnya kehinaan, penyesalan, dan penderitaan akan menemani hari-hari. 

Yuuk, perbaiki niat dan tujuan menikah, Gengs. 

Niatlah karena Tuhan. Karena demi Dia, pasti semua diberkahi, diberi kemudahan, dan kebahagian. 

Jika kita sudah menemukan seseorang yang cocok, segera niatkan untuk ibadah. Tujuannya agar terpelihara dari zina, membuka pintu rezeki, mendapatkan keturunan yang shalih dan shalihah, serta menyebarkan kebaikan.

 


2. Persiapan

Untuk mencapai tujuan yang baik, persiapan harus lah dikelola dengan matang. 

Apa aja sih yang harus dipersiapkan sebelum menikah?

- Mental
Menikah itu untuk seumur hidup bukan drama yang tayang cuma dua-tiga jam. Meski awalnya bahagia, riak pasti muncul dalam  pernikahan, bisa juga badai. Jangan sampai permasalahan kecil, menyulut perceraian. Nah, dalam menghadapi problematika pernikahan inilah, diperlukan persiapan mental yang matang.

- Keuangan

Meski uang bukan segalanya, tapi segala sesuatunya memerlukan uang. Dari mulai acara lamaran, cetak undangan, sewa gedung, katering, dan biaya resepsi lainnya memerlukan biaya. Tentu, ini semua harus disesuaikan dengan kemampuan. 

So, menyiapkan keuangan untuk keperluan sebelum, saat, dan sesudah menikah sangat penting.

 

3. Calon

Ini yang lebih penting dari dua hal sebelumnya, Gengs. CALON. Ingat, beda gender, ya!  Jangan sampai, menikah dengan benda mati, seperti, patung, robot,  jembatan, menara, atau lainnya seperti yang ada di portal gosip. Kenapa? Itu sia-sia.

Nah, kalau semuanya sudah ready, bolehlah Gengs melamar saya, eh, maksudnya calon istri atau suami. Semoga resolusi Gengs semuanya bisa terwujud.