Ini Dia 5 Kegiatan Libur Lebaran Seru Tanpa Mudik! Hati-hati, Nomor 4 Bikin Banjir Air Mata!

Ini Dia 5 Kegiatan Libur Lebaran Seru Tanpa Mudik! Hati-hati, Nomor 4 Bikin Banjir Air Mata!

Gambar ucapan selamat idul fitri by freepik.com


Lebaran sebentar lagi
Berpuasa dengan gembira
Menahan lapar menahan nafsu
Melatih diri sedari kecil
Membaca Qur'an Shalat Tarawih
Melatih iman sedari kecil

...
 
Potongan lirik lagu yang dibawakan dengan penuh penghayatan oleh grup band Gigi di atas, mengingatkan kita bahwa beberapa hari lagi Ramadhan akan selesai, Gengs. Itu artinya lebaran sudah di depan mata.

Pada moment lebaran ini, banyak yang memanfaatkan untuk  bisa berkumpul dengan keluarga besar di kampung halaman. Peristiwa ini lazim kita sebut, mudik.

Mudik dengan segala hiruk-pikuknya, perjalanan jauh, ongkos mahal, terkadang macet, belum lagi bawaan yang tidak sedikit, tetap menjadi ritual wajib bagi para perantau.

Bagaimana dengan kamu Gengs,  apakah lebaran ini mudik? Buat yang mudik, saya ucapkan, selamat berbahagia berkumpul bersama keluarga. 

Eits, buat yang nggak mudik, jangan berkecil hati dulu. Ssstttt ... sini saya bisikin 6 kegiatan yang dijamin bikin libur lebaran Gengs tetep asyik. Mau?

Check them out, Gengs!

 

1. Silaturrahim dengan teman lama atau saudara

Libur lebaran biasanya lumayan cukup lama, apalagi yang sekalian ambil cuti tambahan. Nah, momen langka ini bisa dimanfaatin untuk mengunjungi teman lama atau saudara yang sudah lama nggak dikunjungi, karena kesibukan pekerjaan atau jarak yang lumayan jauh.

 

2. Berwisata

Libur lebaran biasanya serentak, sehingga seluruh anggota keluarga dimungkinkan bisa berlibur dalam waktu bersamaan. Nah! Keadaan ini cocok banget kalau direncanakan untuk bisa berwisata bareng keluarga.

 

3. Rencanakan kegiatan seru bersama tetangga atau saudara lain yang nggak mudik

Ada kalanya karena satu dan lain hal kita nggak bisa mudik. Pun beberapa tetangga kita. Biar suasana tetap ramai, penuh kebersamaan, ada baiknya merencanakan kegiatan bersama tetangga.

Kegiatannya bisa berupa, lunch bareng di rumah yang telah disepakati, lapangan, atau gedung serba guna. Nyate, bakar-bakar bareng, atau kegiatan lainnya. 

 

4. Video call dengan orang tua atau keluarga di kampung halaman

Kerinduan akan kampung halaman terkadang membuat kita sedih karena nggak bisa kumpul bareng. Dengan melakukan video call mungkin bisa mengobati sedikit kerinduan. Jangan lupa siapin tissue atau sapu tangan, ya, Gengs. Sebab, virus  rindu bisa menyebar ke dada.

Membuat dada sesak, mata perih berair, dan hidung meler. Meski mata bisa melihat wajahnya, telinga bisa mendengar suara, tetapi raga nggak bisa memeluk mereka. Inilah yang bikin virus rindu dahsyat menjangkiti kalbu.

 

5. Melakukan kegiatan hobi

Libur lebaran juga bisa dimanfaatin untuk melakukan hobi lebih tenang. Gengs bisa berenang, berkebun, memasak, rapi-rapi rumah, nonton, main game, dan sebagainya dengan lebih tenang, tanpa mengkhawatirkan waktu kerja.

Nah, kamu mau coba kegiatan yang mana, Gengs? Bebas yaaa...

Selamat berlibur. Mohon maaf lahir dan batin, minal 'aidzin wal fa'idzin, taqobbalallahu minna wa mingkum taqobbal yaa kariim. Happy Ied Mubarok 1440 H.