Ini Dia! 3 Tips Menyambut Ramadhan

Ini Dia! 3 Tips Menyambut Ramadhan

Ilustrasi Berbuka Puasa by honestdocs.id


Beberapa hari lagi, kita akan kedatangan tamu agung, Gengs. Apa itu? Ya, benar. Bulan Ramadhan. Nah, pasti kalian sudah pada tahu, 'kan, kalau di bulan ini, kita akan melakukan banyak ritual ibadah. Salah satu yang wajib dilakukan adalah, berpuasa. 

Dalam berpuasa, akan ada beberapa pola yang berubah dari keseharian kita. Di antaranya, pola tidur dan makan. Nah! Supaya perubahan ini tidak membuat fisik lemah, kita harus melakukan beberapa persiapan dari sekarang. Yaitu; persiapan mental, fisik, dan amal.

 

Persiapan Mental

Hal pertama dan utama yang harus dipersiapkan dalam menghadapi bulan Ramadhan, supaya kita siap dan sukses dalam menjalani ibadah, adalah melakukan persiapan mental. Apa aja? Kuy, chek this out, Gengs.

 

1. Semangat dan Bersuka Cita

Kita harus tanamkan semangat dan bersuka cita, dalam menyambut Ramadhan. Jika sudah semangat, tentu bangun sahur pada dini hari, berpuasa sepanjang siang, dan solat tarawih, serta melakukan ibadah lainnya, dijamin nggak akan kendor. Pantang menyerah sebelum lebaran. 

 

2. Pengetahuan

Hal lain yang penting kita persiapkan adalah pengetahuan seputar puasa. Seperti; hal-hal yang membatalkan puasa, manfaat berpuasa, tips sahur yang tepat, tata cara sholat tarawih, zakat, dan ibadah lain yang harus dilakukan. 
 

Ini penting, Gengs, agar dalam melakukan puasa dan ibadah lainnya, bukan sekadar ikut-ikutan, apalagi asal kelihatan oleh calon mertua. Jangan, ya, Gengs! Karena kita nggak akan mendapatkan berkah jika melakukannya tanpa ilmu. So, dari sekarang buruan deh nanya ke Ustadz/dzah, atau pergi ke perpustakaan, cari sedetail mungkin pengetahuan tentang Ramadhan. 

 

Persiapan Fisik

Banyaknya ibadah yang dianjurkan untuk dilakukan pada bulan Ramadhan, tentu memerlukan kekuatan fisik yang prima. Kalo nggak, badan akan tumbang di tengah jalan. 

 

Nah! Yuuk, lakukan beberapa hal berikut ini, untuk menunjang kekuatan fisik kita!

 

1. Jaga Pola Tidur

Biasakan untuk nggak begadang, atau bangun kesiangan dari sekarang, Gengs. Agar kita bisa melakukan tarawih tanpa kantuk dan dapat bangun malam untuk makan sahur dalam keadaan bugar.

 

2. Jaga Pola Makan

Biasakan makan yang teratur mulai sekarang, Gengs. Kurangi ngemil di siang hari, sebagai salah satu bentuk latihan berpuasa. 

 

3. Siapkan Suplemen atau Obat

Bagi pekerja, puasa bukan alasan untuk cuti atau berhenti bekerja. Bekerja dalam keadaan berpuasa, tentu memerlukan kekuatan fisik yang prima. Untuk meningkatkan dan menjaga kekuatan fisik, ada baiknya mengkonsumsi suplemen.
 
Bagi Gengs, yang punya gangguan lambung, sebaiknya konsultasikan kesehatan pada dokter sebelum berpuasa, atau persiapkan selalu obat pereda nyeri lambung.

 

4. Melakukan Olahraga Teratur

Untuk menjaga tubuh agar tetap bugar di bulan Ramadhan, olahraga teratur perlu dirutinkan dari sekarang, Gengs. Cukup yang ringan saja, jalan kaki keliling komplek, misalnya.

 

Persiapan Amal

Amal yang dianjurkan agar kita dapat dipertemukan dengan Ramadhan di antaranya:

 

1. Berdo'a

Usia adalah rahasia Allah. Nggak ada satu manusia pun, yang dapat menjamin keberlangsungan hidupnya barang satu detik, saja. Oleh karena itu, berdoa menjadi ikhtiar agar umur kita diperpanjang, diberi kesempatan melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan.

 

2. Memperbanyak Sedekah

Memperbanyak sedekah merupakan salah satu wasilah penyebab dikabulkannya doa. 


3. Meningkatkan Puasa

Meningkatkan kuantitas puasa sebelum Ramadhan tiba, akan membuat tubuh kita lebih siap berpuasa satu bulan penuh saat waktunya tiba. Terutama, bagi Gengs yang tahun lalu masih punya hutang puasa, sesegera mungkin membayarnya sebelum Ramadhan.

 

4. Membiasakan Mendirikan Sholat Sunnah

Di bulan Ramadhan setiap amal akan dilipatgandakan, maka, kita dianjurkan banyak melakukan ibadah yang dianjurkan. Salah satunya sholat sunnah, seperti; rawatib, dhuha, tarawih, dan witir. Nah! Agar di bulan Ramadhan terbiasa, hendaknya kita membiasakannya mulai sekarang, Gengs.

Nah, Gengs. Sudah jelas, ya? Okeh, yuuk bersiap dari sekarang. Semoga kita dipertemukan dengan Ramdhan dan bisa melaksanakan ibadah dengan tuntas, sampai hari raya tiba.