Ingin Sukses? Yuk Lakukan Tips Berikut!

Ingin Sukses? Yuk Lakukan Tips Berikut!

Photo by Razvan Chisu on Unsplash

 

Siapa sih yang nggak mau jadi orang sukses? Sukses merupakan dambaan setiap orang tentunya. Nah, menurut mereka orang-orang yang sukses, untuk menuju ke sana bukanlah hal yang mudah seperti yang kita bayangin, Gengs! 

Banyak aral, halangan serta rintangan yang mereka lalui. Ketika gagal, mereka bangkit lagi. Gagal bangkit lagi. Demikian seterusnya. Sampai pada akhirnya mereka menuai apa yang mereka tanam dengan susah payah. Yakni sebuah kesuksesan. 

Menurut Bapak Ahmad Iskak, Tutor Mata Kuliah Bahasa Indonesia saya, sebenarnya untuk meraih kesuksesan itu gampang. Ada tiga hal yang mempengaruhi kesuksesan seseorang, penasaran gengs apa aja tiga poin itu?  Yang pertama IQ 20%, EQ 80% dan SQ 20%, berikut uraiannya:

 

IQ ( Intelegensi Quotient)

Yang pertama ada intelegensi Quotient atau kecerdasan intelektual seseorang. Nah, kecerdasan intelektual ini menurut beliau mempengaruhi kesuksesan seseorang hanya 20% saja. 

 

EQ (Emotional Quotient)

yang kedua adalah Emotional Quotient atau kecerdasan emosi seseorang. Bagaimana mereka menggunakan perasaan mereka. Bagaimana mereka menggunakan hati mereka.  Nah untuk menjadi cerdas secara emosional ada beberapa point penting yang perlu kalian perhatikan gengs: 

Rajin,  seperti yang diawal tadi saya tulis bahwa menjadi sukses itu tidak mudah. Rajin di sini berkaitan dengan kegiatan atau aktivitas ya gengs. Aktivitas yang kalian lakukan secara berulang-ulang dan teratur pasti akan menghasilkan sesuatu. Apapun aktivitas itu. 

Disiplin, nah kalau point ini berkaitan dengan waktu ya gengs. Seseorang yang ingin sukses menurut Bapak Ahmad Iskak, mestilah pandai-pandai mengatur waktunya. 24 jam itu mereka gunakan untuk apa saja. Waktu itu kejam seperti pedang. Waktu terus berlalu tanpa memberi tahu. Mereka yang tidak siap menghadapi perubahan perlahan akan tersingkir. Gunakan waktu kamu sebaik-baiknya, pesan beliau pada setiap kesempatan.

Jujur. Point selanjutnya adalah jujur. Jujur kepada siapa? Tentunya jujur kepada siapa saja yang kita temui dan paling penting adalah jujur pada diri sendiri.

Tanggung jawab, setiap tindakan yang kita lakukan pastilah mengandung akibat baik untuk diri kita maupun orang lain. Jadilah pribadi yang tanggung jawab. 

Selalu ingin tahu dan merasa tertantang, Seseorang yang ingin mencapai sukses tentunya memiliki rasa ingin tahu yang begitu luar biasa. Mereka haus akan ilmu dan informasi yang belum mereka ketahui. Dan selalu merasa tertantang akan hal-hal yang baru. 

Buang jauh jauh rasa malas, Dan point terakhir adalah mengusir jauh-jauh penyakit yang sering hinggap di diri kita. yaitu penyakit malas. Coba lah ingat-ingat sudah sejauh apa usaha yang telah kita lakukan. Ingat-ingat lagi apa-apa yang sudah kita lalui. Ingat tujuan, harapan dan mimpi-mimpi kita. 
 

SQ (Spiritual Quotient)

Yang terakhir mempengaruhi kesuksesan seseorang adalah spiritual Quotient yakni kecerdasan spiritual. Seberapa dekat seseorang dekat Tuhan-Nya. Seberapa sering ia mengadu, mengeluh, meminta dan merayu-Nya. Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala-galanya.

Demikian gengs, beberapa hal yang mempengaruhi kesuksesan seseorang. Semoga yang saya uraikan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua. Amiin.....