[Hobi] Keuntungan Memiliki Musik Fisik

[Hobi] Keuntungan Memiliki Musik Fisik

Pada era internet seperti sekarang ini, mau nonton film, mau membaca buku dan mau mendengarkan musik semuanya sudah enggak pakai repot. Selagi sinyal dalam kondisi setabil, kita tinggal mendownloadnya atau bahkan melakukan  streaming melalui gadget, ya kam gengs.

 

Tetapi bagi penikmat musik yang bukan kaleng-kaleng, mengumpulkan rilisan musik fisik memiliki tingkat kepuasan tersendiri. Lantas, keuntungan apa saja yang kita dapatkan dari hobi mengkoleksi musik fisik tersebut? 

 

1. Menambah Wawasan

Dengan memiliki album musik rilisan fisik, kita tidak hanya mendapatkan kepuasan, tetapi juga mendapat wawasan. Yaps! Dari rilisan fisiklah, kita bisa mengetahui siapa saja musisi yang menciptakan lagu pada album tersebut.

Melalui rilisan musik fisik pula kita bisa mengetahui kapan album itu dirilis dan mengetahui label rekamannya. Karena agak konyol rasanya, ketika kalian menyukai sebuah lagu, tetapi kalian tidak tahu siapa pencipta lagunya.

 

2. Musik Fisik Memiliki Kemasan Yang Spesial

Selain cover album yang menarik, didalam kemasan musik fisik terdapat juga booklet yang berisikan kumpulan lirik lagu  pada album fisik yang kita miliki. Bahkan jika memiliki kemasan musik fisik dalam bentuk boxset, rasanya itu sespesial kamu yang ada di hatiku. Ups. Dan tak jarang, rilisan musik fisik dirilis dalam jumblah yang terbatas. 

 

3. Kuwalitas Audio Yang Memupuni

Sefenomenal apapun lagu yang didengarkan, jika tidak didukung dengan kualitas audio yang wahwah, maka kenikmatan mendengarkan musik akan berkurang. Kuwalitas audio yang dihasilkan dari musik fisik tentunya dapat memberikan kenyamanan bila dibandingkan dengan musik hasil downlodtan yang frekuwensi audionya sudah di press. Enggak percaya? Coba saja bandingankan sendiri.

 

4. Mengkoleksi Musik Fisik Menambah Pajangan Di Rumah

Bukan hanya sebatas untuk dibeli dan didengarkan saja. Apapun bentuk musik fisiknya, entah itu berupa vinyl, kaset dan Cd, jika koleksi musik fisik sudah menumpuk, kita  bisa menatanya dengan rapi disebuah rak dan menjadikan musik fisik sebagai barang pajangan antik di sudut ruangan rumah kita. 

 

5. Memiliki Nilai Jual

Berbeda dengan musik digital yang menyampah di memory ponsel, musik fisik memiliki nilai jual yang cukup untuk membeli sawah sama kodok-kodoknya. Yaps! Bagi para kolektor musik fisik, album-album musik yang mereka miliki memiliki nilai jual kembali.

Bahkan tak jarang sebagian besar penghobi musik fisik menganggap, musik fisik merupakan salahsatu bentuk investasi yang memiliki nilai tinggi bila dijual kembali. 

 

"Musik itu terekam dan dikenang, karena ada rilisan fisiknya."

 

Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi.