Fakta Menarik Negeri Diatas Awan Ciamis

Fakta Menarik Negeri Diatas Awan Ciamis

Foto: medcom.id

 

Hai Milenialis yang kian hari kian kece. Gimana, Bro N Sis? Jelang libur akhir pekan ini, sudah pada punya rencana berkunjung ke tempat wisata belum? Ya, jalan-jalan dan jajan-jajan getoh guna ngerefresh otak yang ruwet karena mikirin mantan, eh? Bukan-bukan itu. Maksudnya mikirin kerjaan. 

 

By the way any way and the siomay, akhir-akhir ini di daerah Ciamis Jawa Barat, lagi heboh-hebohnya sebuah tempat wisata yang menawarkan panorama alam bernama Puncak Bangku Situ Mandala. Kebanyakan orang menjulukinya dengan sebutan 'Negeri Di Atas Awan.' Tempat wisata tersebut kian hari kian digandrungi oleh para wisatawan lokal ataupun wisatawan dari luar kota. Lantas, fakta menarik apa saja yang terdapat di tempat wisata tersebut? 

 

1. Hamparan Hijau Dan Udara yang Sejuk

Puncak Bangku Situ Mandala merupakan suatu area perbukitan yang di bawahnya terdapat lembah, persawahan dan juga beberapa rumah penduduk. Disebrang lembah terdapat gunung-gunung kecil yang tentunya menambah keindahan tempat wisata ini. Hamparan hijau pepohonan dan udara yang sejuk pastinya membuat siapapun bakal betah berlama-lama menikmati keindahan alamnya.

 

2. Hanya Dipungut Biaya Parkir

Para Pengunjung dapat menikmati tempat wisata Negeri Diatas Awan tersebut dengan gratis, hanya cukup membayar biaya parkir. Sampai saat ini belum ditetapkan harga tiket masuk ke Puncak Bangku Rancah Ciamis. Para pengunjung boleh memberikan uang seikhlasnya untuk peningkatan fasilitas dan juga agar tempat wisata ini lebih bersih dan tertata rapi. Uniknya lagi, tempat tersebut dikelola oleh warga dan anggota karang taruna.

 

3. Fenomena Kabut Awan Yang Menghilang Lewat Pukul Delapan Pagi

Untuk dapat menikmati panorama kabut awan di Puncak Bangku alias Negeri Diatas Awan tersebut para pelancong harus bisa datang di pagi hari sekitar pukul 05.00 WIB, karena kalau lewat dari pukul 08.00 WIB, fenomena kabut putih tersebut akan hilang. Ya, paling yang bisa dilihat hanya pemandangan perdesaan dari atas puncaknya.

 

4. Jarak Tempuh Yang Tak Terlalu Jauh

Untuk sampai ke tempat Puncak Bangku atau wisata negeri diatas awan hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar satu jam dari pusat kota Ciamis. Sedangkan bila dari arah kota Banjar, waktu yang akan ditempuh kurang lebih sekitar dua jam perjalanan. Bagi manteman yang tinggal di daerah Bandung, untuk mengirit waktu bisa menggunakan kereta Api, lalu melanjutkan perjalanan dengan menyewa mobil untuk menuju ke lokasi wisata.

 

5. Bisa Menikmati Dua Fenomena Alam Sekaligus

Selain kabut tebal, pemandangan yang juga tak kalah indahnya adalah sunrise. Dari Puncak Bangku Rancah Ciamis ini pengunjung dapat menyaksikan keindahan matahari terbit. Jika ingin menyaksikan pemandangan ini, datanglah saat pagi hari. Jadi ada dua pemandangan menarik yang bisa kalian saksikan saat jalan-jalan ke sini, yaitu sunrise dan hamparan kabut tebal.

 

Gimana, Gengs? Tertarik untuk berkunjung ke Puncak Bangku Situ Mandala di Ciamis?