Destinasi Komplek Candi Arjuna, Komplek Candi Terbesar di Dieng

Destinasi Komplek Candi Arjuna, Komplek Candi Terbesar di Dieng

Hai Gengs, akhir pekan ini kamu mau kemana? Saya punya list yang recomended untuk kamu kunjungi, yaitu Candi Arjuna, Dieng. Candi ini terletak di desa Dieng Kulon, kecamatan Batur, kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah dengan luas sekitar 1 hektaare.

Di Kompleks ini, terdapat lima bangunan Candi, yaitu candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi,Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra.

Cukup dengan merogoh kocek Rp.10.000,- kamu sudah bisa memasuki kawasan obyek wisata  Kompleks Candi Arjuna, Sendang Sedayu, Sendang Maerokoco, Dharmasala, serta Kawah Sikidang. Murah banget kan Gengs? Kapan lagi?hehe

Sebelum memasuki kompleks Candi Arjuna, pengunjung diharuskan memakai sarung khas Dieng yang sudah dipersiapkan oleh petugas. Ini berlaku untuk orang dewasa baik laki-laki ataupun perempuan loh Gengs.

Tau gak  sih Geng? Kompleks Candi ini pertama kali ditemukan pada abad 18 oleh seorang tentara Belanda, Theodorf Van Elf. Saat pertama kali ditemukan, kondisi candi  tergenang air. Upaya penyelamatan Candi pertama kali dilakukan oleh HC Cornelius yang berkebangsaan Inggris sekitar 40  tahun setelah pertama kali Candi ini ditemukan. Lalu, usahanya kemudian dilanjutkan oleh seorang berkebangsaan Belanda bernama J Van Kirnbergens.

Dataran tinggi Dieng memiliki kawasan Candi yang sangat luas. Diperkirakan candi-candi yang terdapat di kawasan ini menempati area seluas 90 hektare, lhoo guys... Hmm, luas sekali yaa...

Hanya saja, baru sebagian kecil dari candi-candi tersebut yang sudah selesai direstorasi. Diantara banyak candi di Dataran Tinggi Dieng, Kompleks Candi Arjuna  merupakan yang terluas.

 

Jika dilihat  dari bentuk serta ornamen yang terdapat  pada setiap candi, diperkirakan Candi-candi tersebut dibangun pada masa yang berbeda, Geng...

Candi Arjuna, sebagai Candi utama di kompleks ini diperkirakan sebagai candi tertua, diperkirakan dibangun pada abad 8 Masehi oleh Dinasti Sanjaya dari Mataram Kuno.

Dalam suatu kesempatan, penulis berkunjung ke kompleks Candi Arjuna bersama rekan-rekan. Udaranya yang sejuk disekitar Candi, kebersihan yang terjaga, serta harga tiket yang murah menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan domestik  maupun mancanegara.

 

 

Kebanyakan wisatawan mancanegara yang mengunjungi Kompleks Candi Arjuna berasal dari India. Karena apa? Karena Candi identik dengan umat Hindu, dan di India mayoritas beragama Hindu.

Wisata ini recomended banget untuk semua kalangan, baik anak-anak, remaja, maupun orang dewasa, lhoo guys. Satu  hal yang membuat penulis kagum adalah Meskipun ada pergeseran kepercayaan ( Candi yang identik dengan agama Hindu), namun suara Adzan terdengar disekitar Obyek wisata Kompleks candi  Arjuna ini, ini menandakan bahwa penduduk sekitar banyak yang beragama Islam. Masyaa Allah...

So, kamu kapan kesini?