Candi Prambanan, Kilas Balik Legenda Roro Jonggrang Dan Bandung Bondowoso

Candi Prambanan, Kilas Balik Legenda Roro Jonggrang Dan Bandung Bondowoso

Keindahan candi prambanan via @ci.chill

 

Kali ini saya akan mengajak kamu ke sebuah Candi yang Legendaris. Penasaran dong pastinyaa? He he he

Candi Prambanan namanya, guys.

Candi ini terletak di Jl.Raya Solo-Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Prambanan, kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi Candi Prambanan hanya sekitar 100 m dari jalan raya Yogya-Solo, sehingga cukup mudah untuk menemukannya. Berada disebelah timur Yogyakarta, sejatinya Candi Prambanan berada diantara 2 wilayah yaitu Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Tahu gak sih guys? Candi Prambanan merupakan Candi Hindu yang terbesar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara, lhoo. Bagaimana tidak? Candi Prambanan memiliki tinggi 47 meter atau lebih tinggi 5 meter dari candi Borobudur. WOW.. Besar sekali, bukan?

Dengan harga tiket terbaru Rp 40.000,- per orang, kamu bisa puas mengelilingi kompleks candi Prambanan.

Konon, Candi ini dibangun sekitar pertengahan abad ke-9 oleh raja dari Wangsa Sanjaya, yaitu Raja Balitung Maha Sambu. Dugaan tersebut didasarkan pada isi prasasti Syiwargrha yang ditemukan disekitar Prambanan dan saat ini tersimpan di Museum Nasional di Jakarta. Prasasti tahun 778 Saka ( 856 M ) ini ditulis pada masa pemerintahan Rakai Pikatan, guys.

Jika berbicara mengenai Legenda, Candi Prambanan seolah tak luput dengan simbol kisah cinta yang melegenda. Hayoo kisah cinta siapa?

Yang pastinya bukan kisah cinta penulis yah. He he

Yups, cerita legenda tersebut merupakan kisah cinta seorang pangeran yang bernama Bandung Bondowoso yang menaruh hati kepada seorang putri yang bernama Roro Jonggrang. Sayangnya, kisah cinta itu bertepuk sebelah tangan, guys. Hiks

Sang putri Roro Jonggrang tidak mencintai Bandung Bondowoso. Lalu, sang putri mencari cara agar Bandung Bondowoso tidak lagi mencintainya.

Naah, lalu Roro Jonggrang mengajukan syarat yang harus dipenuhi. Syaratnya Bandung Bondowoso harus membuat 1000 candi dalam waktu satu malam.

Mustahil bukan, guys?

Dengan mantap hati, diterimalah syarat dari Roro Jonggrang tersebut. Dengan keyakinannya dan dibantu oleh bangsa jin, Bandung Bondowoso berusaha sekuat tenaga mewujudkan persyaratan dari Roro Jonggrang untuk membuat 1000 candi dalam waktu 1 malam.

Melihat hal tersebut, Roro Jonggrang khawatir. Ditumbuklah lesung-lesung dengan bantuan selir-selirnya. Lalu, apa yang terjadi?

Ayam jago berkokok seakan hari sudah pagi. Benar saja usaha Bandung Bondowoso telah mencapai 999 candi tinggal 1 candi lagi. Karena tau bahwa dirinya telah dicurangi oleh Roro Jonggrang, dikutuklah  Roro Jonggrang menjadi arca Candi yang ke-1000.

Kurang lebih seperti itu legendanya guys.

Dibalik ceritanya yang  melegenda, Candi Prambanan pastinya menyimpan keindahan yang luar biasa. Nah, keindahan inilah yang menajdi daya tarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Terlebih, terdapat suatu pertunjukan yang sangat populer lhoo guys. Yaitu pertunjukan Ramayana Balllet atau Sendratari Ramayana.

So, kamu kapan ke Candi Legendaris ini?