Candi Joglo Semar Purwodadi, Perpaduan Budaya Jawa Bali Ada Disini

Candi Joglo Semar Purwodadi, Perpaduan Budaya Jawa Bali Ada Disini

Siapa yang tidak kenal dengan Pulau Bali, kamu juga pasti tau kan geng? Pulau bak surga dunia dengan keindahan alam dan kekayaan budayanya. Bagi sebagian orang terutama kalangan menengah kebawah, berkunjung ke Bali merupakan sebuah impian. Bagaimana tidak? Untuk sampai kesana membutuhkan banyak sekali duit, betul kan?

Nah untuk kalian yang berada di Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Grobogan tidak ada salahnya jika berkunjung ke Desa Krangganharjo Kecamatan Toroh. Ada sebuah tempat wisata yang menyuguhkan perpaduan budaya Jawa dan Bali. Yaps, Candi Joglo Semar Purwodadi.

Candi ini terletak cukup dekat dengan pusat Kota Purwodadi. Kalian tinggal menuju ke arah Selatan Jalan menuju Solo. Lalu kalian akan sampai di Kecamatan Toroh. Desa Krangganharjo berada di Kecamatan Toroh. Jalan menuju ke Candi sudah bagus, bisa menggunakan sepeda motor ataupun mobil.


Candi Joglo Semar ini di resmikan oleh Bupati Grobogan, Ibu Sri Sumarni, SH,MM pada tanggal 29 November 2018. Seperti yang penulis sampaikan di awal tadi, bahwa tempat wisata ini merupakan perpaduan dari budaya Jawa dan Bali. Bangunan utama candi ini adalah rumah Joglo yang merupakan budaya Jawa. Dengan dihiasi patung singa dan payung yang menjadi ciri khas di Bali. Nah, supaya kalian merasa sungguhan di Bali, bisa menyewa kain Poleng khas Bali plus mahkotanya. Tak perlu jauh- jauh ke Bali. Karena disini suasananya sudah seperti di Bali dengan udara sejuk karena letak candi ini dipinggir sawah serta alunan music tradisional khas Bali.

Saat kalian masuk dalam candi yang berbentuk joglo ini, kalian akan disuguhkan dengan berbagai pernak-pernik kebudayaan Jawa dan Bali. Ada miniature rumah joglo, berbagai bentuk keris, macam – macam alat meramu jaman dahulu, duplak/lumpang serta alu yang digunakan orang jaman old untuk menumbuk padi, bokor atau kencono, wayang kulit dan berbagai alat kesenian jawa seperti kendhang dsb. Pokoknya banyak banget pernak-pernik budaya Jawa dan Bali di sini. Kalian harus kesini deh !


Yang paling menarik menurut penulis adalah lukisan Joko Tarub dan 7 Bidadari. Gengs pasti taulah cerita Jaka Tarub dan 7 Bidadari. Disamping lukisan ini terdapat cerita legenda tersebut. Kalian bisa membaca cerita lengkapnya.


 

Sudut lain dari candi ini menyajikan dapur jaman old gengs. Didapur ini terdapat alat-alat yang digunakan untuk memasak jaman dahulu. Bukan kompor gas, kulkas, blender, mixer dan ricecooker ya gengs. Tapi tungku yang menggunakan kayu bakar sebagai bahan bakarnya, dandang dan kukusan yang digunakan untuk menanak nasi, dan perkakas-perkakas jaman dahulu seperti tampah, kipas dari bamboo, pedaringan, bakul, tumbu, ayakan bamboo, kendi(tempat air minum), cobek batu, cobek tanah liat dan masiiih banyak lagi.

Nah, sekarang mari kita bicarakan berapa harga tiket masuk Candi ini. Berapa gengs? Tahu nggak? Murah pake banget looo. Cukup dengan 15 ribu rupiah kalian bisa menikmati pemandangan serta Budaya Jawa dan Bali ini gengs. Lengkap dengan sewa kain poleng plus mahkotanya gengs. Dapat bonus gratis foto 1 lembar pula. Kamu bebas mau minta foto di sudut mana saja Candi ini. Luar biasa kan…?
So, kapan kalian kesini…?