Butuh Suntikan Semangat dalam Bekerja, Datangilah Kawanan Semut!

Butuh Suntikan Semangat dalam Bekerja, Datangilah Kawanan Semut!

Photo by Mikhail Vasilyev on Unsplash

 

Apa yang terbesit dalam alam pikir kalian ketika melihat semut, Gengs?
Salah satu hewan yang bertubuh kecil, jika menyengat dapat membuat gatal-gatal, termasuk jenis serangga yang menyebalkan sebab mengganggu makanan, hewan yang tampak menjijikkan karena terlihat kotor dan bla bla bla ...


Sering kali kita berfikir semut adalah salah satu hewan pengganggu. Namun di balik itu semua, jika kita amati dengan seksama kehidupan kawanan semut ternyata memiliki nilai yang patut diteladani dalam dunia kerja lho. Meski secara fisik semut itu kecil, namun tingkah lakunya yang sederhana tapi hebat dapat dijadikan semangat dalam bekerja. Bukan suatu yang mustahil jika kita terapkan dalam dunia kerja, kita bisa menjadi pekerja handal yang luar biasa. Wow!


Memang apa sich kehebatan semut hingga bisa menginspirasi dalam bekerja? Penasaran? Ini lho ulasannya, simak yuk!

 


1. Ramah

Kebiasaan kawanan semut yang suka menegur sapa atau bersalaman jika bertemu semut lain, menandakan jika kawanan semut memiliki sifat ramah. Mereka merasa bahwa tidak ada yang berbeda di antara mereka. Gengs, tidaklah kita malu dengan semut yang hanya serangga kecil tapi memiliki kerendahan hati yang luar biasa.

Dalam dunia kerja sifat ramah itu sangat penting sebab dapat menghilangkan rasa minder, tidak setingkat, merasa lebih rendah atau bahkan sebaliknya. Selain itu juga dapat menumbuhkan iklim kerja yang kondusif. Dengan lingkungan kerja yang saling akrab satu sama lain semakin menambah rasa persaudaraan dan mempererat silaturahim di antara rekan kerja. 

 


2. Pantang menyerah

Jika kita menghalang-halangi dan berusaha menghentikan langkah kawanan semut, mereka selalu mencari jalan lain, hal ini menunjukan jika mereka tidak pernah menyerah dalam menghadapi suatu masalah. Dalam dunia kerja terkadang kita dihadapkan oleh suatu masalah yang menyebabkan kita cepat putus asa sebab tidak menemukan jalan keluar yang lain dari masalah tersebut.

Sikap putus asa inilah yang menyebabkan kita jauh dari kesuksesan. Semut saja tidak pernah menyerah terhadap halangan apapun yang menghambat dan menghalangi tujuannya gengs, mengapa kita mudah  takut gagal? Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, peganglah prinsip itu sekuat-kuatnya. 

 


3. Saling kerjasama

Seekor semut jika menemukan makanan yang cukup berat selalu mengundang kawannya untuk menggotong secara beramai-ramai, kemudian memakannya bersama-sama pula. Hal ini menandakan betapa solidnya kawanan semut itu. Sikap saling kerjasama inilah yang patut kita teladani dari kawanan semut. Dalam dunia kerja, suatu kerjasama memang perlu gengs, jika ada rekan kerja yang mengalami kesulitan apa salahnya jika kita bantu.

Toh hasilnya bukan untuk kepentingan pribadi tapi demi kepentingan bersama. Oleh karena itu jika kita diberikan amanat menyelesaikan pekerjaan besar yang membutuhkan kerjasama team, tak perlu lah bersikap sombong. Apalagi mengangkat martabat diri sendiri.

Semut saja tidak ada yang bersantai ria saat semut yang lain bekerja, mengapa kita malah berat tangan, lebih baik saling tolong menolong dengan satu tujuan menyelesaikan pekerjaan besar tersebut.

 


4. Kerja keras

Lihatlah bagaimana kawanan semut mengangkat suatu makanan dari tempat satu ke tempat lainnya. Mereka bekerja keras mengumpulkannya demi memenuhi kebutuhan makan mereka. Dalam bekerja terkadang kita mengalami suatu kegagalan, hal ini janganlah sampai membuat kita takut bangkit untuk mencobanya lagi. Semut saja tidak pernah mengeluh saat mengangkat makanan yang begitu beratnya, mereka bekerja keras sekuat tenaga mengumpulkannya.

Mengapa kita tidak berusaha untuk lebih bersabar dan berusaha lebih keras lagi untuk meraih kesuksesan. Lebih baik jadikanlah kegagalan tersebut sebagai motivasi untuk menjadi lebih baik lagi.


Wow! Serangga kecil yang sangat menginspirasi, luar biasa.

Bagaimana? nggak mau kalah semangat dari kawanan semut kan gengs dalam bekerja?
Tunjukanlah bahwa kita bisa, semangat !!!