Budaya Nusantara Yang Dipengaruin Budaya China

Budaya Nusantara Yang Dipengaruin Budaya China

Foto: maulzxxx.wordpress.com

 

Sudah tidak dipungkiri  lagi Indonesia adalah negara yang memiliki begitu banyak budaya lokal, Gengs. Antar daerah yang berdekatan saja bisa memiliki tradisi dan budaya yang berbeda-beda, bagaimana tidak dengan daerah yang dipisahkan dengan jarak maupun lautan pastinya akan memiliki budaya-budaya yang berbeda. 
 

Tidak hanya budaya yang asli Nusantara, di negeri kita tercinta ini juga ada begitu banyak budaya yang dipengaruhi budaya- budaya negera lain loh Gengs! seperti halnya budaya China. Akulturasi budaya sejak ratusan tahun lalu dan terus berkembang sampai saat ini makin terasa seiring semakin dibukanya peluang masyarakat etnis Tionghoa untuk mengekspresikan budayanya gengs. Nah di bawah ini beberapa budaya yang dipengaruhi budaya China:

 

1. Kuliner

Foto: cookpad

Kamu pasti tahu kan gengs Indonesia banyak memiliki kuliner-kuliner yang sangat lezat. Tapi kamu tahu tidak sih, ternyata banyak makanan China yang tidak asing lagi dengan keseharian kita. Seperti Bakso. Bakso berasal dari bahasa hokkian yakni bak-so, yang berarti daging giling. Masyarakat China awalnya menggunakan bahan babi untuk bakso, namun ketika masuk Indonesia, diganti daging sapi karena menyesuaikan adat di sini, Gengs. Selain itu ada nasi goreng, mie ayam, batagor, siomay dan masih banyak lagi, Gengs.

 

2. Kosa Kata

Foto: https://suarajakarta.co

Sebagai anak gaul Jakarta pasti kamu sudah tidak asing lagi kan  geng dengan kata “Loe, Gue, cepek, gopek, mapun seceng". Ternyata kosa kata itu diambil dari kosa kata China lo, gengs. Tidak dipungkiri juga, kosa kata ini sangat melekat dengan budaya Betawi, namun pada dasarnya budaya ini dipengaruhi oleh budaya China. 

 

3. Batik

Foto: Liputan6.com

Selain makanan dan juga kosa kata, ternyata di Indonesia juga ada batik yang dipengaruhi budaya China gengs. Dikutip dari kompas.com, lingkungan pertama mereka yang mengembangkan batik sebagai kebutuhan busana dan gaya berpakaian serta pola-pola batik di lingkungan mereka sehingga lahirlah apa yang disebut batik China.

Nah geng, selain sebagai bahan busana, batik yang mereka hasilkan digunakan sebagai perlengkapan keagamaan, seperti kain altar (tok-wi) dan taplak meja (muk-li).

Lasem terkenal dengan selendang lokcan-nya (burung phoenix) sebagai ragam hias utamanya, sedangkan Demak dan Kudus mempunyai ciri khas dalam isen latar, antara lain gabah sinawur, dele kecer, dan mrutu sewu.

Nah itu beberapa budaya nusantara yang sangat lekat dikeseharian kita, namun dipengaruhi oleh budaya China gengs