Berkunjung Ke Wonosobo? Rasanya Tak Lengkap Jika Tak Mencicipi Makanan Khas Ini

Berkunjung Ke Wonosobo? Rasanya Tak Lengkap Jika Tak Mencicipi Makanan Khas Ini

Foto: http://kuliner.panduanwisata.id

 

Assalamu’alaikum Sahabat Reviensmedia,

Apakabar? Semoga sehat selalu yah Gengs.

Gengs, Rasanya tak lengkap jika berkunjung ke suatu daerah tanpa mencicipi makanan khas daerah tersebut, bukan? Nah, kali ini saya akan mengajak kalian untuk berburu kuliner khas Wonosobo. Penasaran?

 

Kata pepatah “Tak kenal maka tak cinta”. So, Yuuk saya perkenalkan.

 

1. Mie Ongklok

 

Foto: http://baltyra.com

Dari namanya terkesan unik “Ongklok”. Apa sih mie Ongklok itu? Mie Ongklok adalah makanan khas Wonosobo yang menjadi ikon utama kota Wonosobo, Gengs. Karena cuaca Wonosobo yang sangat dingin, makanan yang hangat-hangat selalu dicari wisatawan baik domestik maupun mancangara. Naah, mie Ongklok ini salah satunya.

Mie Ongklok terbuat dari mie, kubis, kol, daun kucai dilengkapi dengan kuah kacang kental berkanji yang disebut masyarakat sekitar “Loh”. Biasanya, mie ongklok ini disajikan dengan sate kambing atau tempe kemul. Hmmm, it is Delicious Gengs. He he he

 

 

2. Carica

Foto via carica.co.id/

 

Carica adalah buah khas Dieng Wonosobo dan hanya bisa tumbuh di Dieng loh Gengs. Carica hampir sama dengan papaya. Yang membedakan yaitu buahnya lebih kecil dan bergelombang. Rasa buahnya asam pada dagingnya dan manis keasaman pada bijinya.

Oleh warga sekitar, buah Carica diolah menjadi manisan Carica yang sudah dikemas dalam berbagai kemasan mulai dari cup, kaleng, hingga botol.

Rasanya asam manis, segarrrr. Apalagi kalau dimasukkan ke dalam kulkas Gengs. Hmmm. Mantul deh pokoknya.

Tahu gak sih? Saat berkunjung ke Wonosobo, oleh-oleh pertama yang penulis cari adalah manisan carica ini lhoo Gengs. Ha ha ha

 

 

3. Purwaceng

Foto: http://diengcool.com

 

Purwaceng merupakan tanaman khas Wonosobo yang diolah masyarakat sekitar menjadi teh ataupun campuran kopi untuk obat berbagai penyakit. Seperti meningkatkan metabolisme tubuh, saraf, dan otot, mengatasi masuk angin, melancarkan buang air kecil, mengatasi pegal linu, dan yang paling terkenal purwaceng ini juga bisa digunakan sebagai Viagra tradisional lhoo Gengs. Hayoo, pasti penasaran yah dengan rasanya? He he

 

 

4. Tempe Kemul

 

Tempe kemul…. Hmmm, sekilas dari namanya pasti kita akan mengatakan “Sudah pernah coba, palingan sama dengan mendoan”. Eiitts, Tempe kemul khas Wonosobo ini mempunyai ciri khas tersendiri lhooh Gengs. Ciri khas tempe ini yaitu disajikan dengan renyah dengan taburan kucai juga ditambah dengan cabai mentah atau ulegan cabai. Hmmm, nikmatnya tak tertandingi deh pokoknya.

Biasanya, para wisatawan baik domestik maupun mancanegara mencari tempe kemul ini sebagai pelengkap mie ongklok untuk dinikmati saat berkunjung ke Wonosobo.

 

5. Nasi Megono

Foto: via instagram/@wonosobozone

 

Mungkin kita pernah mendengar nasi Megono di daerah Pekalongan, Jawa Tengah. Naah, di Wonosobo juga terdapat nasi Megono lhoo Gengs. Nasi ini dibungkus sebagai menu sarapan dan rasanya nikmaat sekali, Gengs. Biasanya, jika menikmati nasi Megono dilengkapi dengan tempe kemul hangat yang membuat kita ketagihan untuk menikmati nasi Megono ini.

Nah, itu adalah beberapa makanan dan minuman khas yang wajib kalian incipi saat berkunjung ke Wonosobo. Selain makanan khas diatas, masih ada banyaaakkk lagi lhoo Gengs.

So, Selamat berkunjung ke Wonosobo dan Selamat menikmati makanan khasnya yaa.