Berikut 5 Landmark Kabupaten Mempawah

Berikut 5 Landmark Kabupaten Mempawah

Kabupaten Mempawah dahulu bernama Kabupaten Mempawah, salah satu Kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat. Memiliki luas wilayah kurang lebih sebesar 1,277 Km2 dan berpenduduk kurang lebih 234 ribu jiwa.

 

Kabupaten Mempawah ini juga memiliki beberapa Landmark yang mesti temen-temen ketahui, sebagai berikut: 

 

1. Masjid Jamiatul Khair

Foto: bujangmasjid.blogspot.com


Terletak di kelurahan Pulau Pedalaman, Kabupaten Mempawah. Masjid ini dibangun tanggal 23 Desember 1906 oleh Panembahan Mempawah yaitu Muhammad Taufiq Aqamuddin.

 

2. Istana Amantubillah

Foto: kebudayaan.kemdikbud.go.id


Tak jauh dari Masjid Jamiatul Khair terdapat Istana Amantubillah yang juga terletak di Kelurahan Pulau Pedalaman. Istana inj dibangun pada masa pemerintahan Gusti Jamiril yang bergelar Panembahan Adi Wijaya Kesuma. Pada tahun 1880 terjadi musibah kebakaran.

 

3. Tugu Pak Tani

Foto: http://alongasni.blogspot.com/


Terletak di simpang 3 atau pertigaan, Tengah, Mempawah. Tugu Pak Tani merupakan tugu Selamat Datang ketika kita memasuki Kota Mempawah. Latar belakang tugu tersebut adalah seorang petani dengan membawa pacul dan mengangkat segenggam padi hasil panen.

 

4. Jembatan Kuala

Foto: mapio.net


jembatan inj terletak di jalan Daeng Menambon, Parit Banjar. Jembatan ini merupakan penghubung antara kecamatan Mempawah Hilir dan Mempawah Timur. Jika berada tepat di jembatan ini, kita akan disuguhkan oleh pemandangan laut yang indah apalagi saat sore hari.

 

5. Bundaran Tugu PKK

Foto: mapio.net


terletak di jalan Gusti Muhammad Taufik, Terusan, Mempawah Hilir, atau lebih tepatnya Tugu ini berada tepat di jantung kota mempawah dan terdapat simpang 4 yang menghubungkan ke pusat perkantoran dan keraton Amantubillah. Bundaran Tugu PKK disebut-sebut juga sebagai ciri khas Kota Mempawah.

 

Demikian 5 landmark Kabupaten Mempawah yang dapat temen-temen ketahui, namun sebenarnya ada beberapa Landmark lain di Kabupaten ini seperti Tugu Garuda Antibar yang terletak di Jalan Antibar, Tugu Pramuka Simpang Anjongan yang berlokasi di Anjongan dan Mercusuar Pulau Setinjang yang terletak di Pulau Setinjang karena keterbatasan informasi jadi kita tifak dapat mengulik lebih dalam.