Berat Badan Tak Kunjung Turun Pasca Melahirkan? Coba Moms Lakukan Tips Berikut Ini!

Berat Badan Tak Kunjung Turun Pasca Melahirkan? Coba Moms Lakukan Tips Berikut Ini!

Photo by John Looy on Unsplash

 

Memiliki tubuh yang tetap ideal setelah melahirkan adalah idaman bagi setiap wanita. Tapi, sayangnya berat badan sulit sekali turun usai melahirkan. Tak jarang, banyak moms  yang stres akan hal ini. Padahal nih moms, berat badan bisa turun drastis pasca melahirkan tanpa diet, lho!

 

1. Jangan DIET!

Pasca melahirkan, melakukan diet ekstrem bukanlah suatu solusi untuk menurunkan berat badan. Tau gak sih moms,  diet ketat justru menggagalkan usaha Anda untuk menurunkan berat badan setelah kehamilan. Cara termudah dalam menurunkan berat badan adalah dengan mengatur jumlah kalori yang masuk ke tubuh moms. Dengan menghitung kalori yang dibutuhkan dan dikonsumsi membuat moms bisa mengatur pola makan lebih mudah. Oh ya moms, hindari kue, cookies, dan minuman manis seperti soda dan alkohol, serta kurangi konsumsi junk food seperti pizza dan burger. Tetap konsumsi makanan yang sehat dan seimbang ya moms!

 

2. Minum air putih

Memenuhi kebutuhan air putih dengan cukup dapat membantu proses penurunan berat badan secara signifikan. Karena minum cukup air putih dapat membantu membakar lebih banyak kalori pada tubuh, serta dapat membantu mengurangi nafsu makan dan asupan kalori. Dan jangan dehidrasi ya moms, karena jika tubuh Anda dehidrasi, tubuh akan lebih lambat dalam membakar kalori serta tidak baik bagi ibu yang sedang menyusui.

 

3. Menyusui

Tau gak sih Moms, memberi ASI tak hanya bermanfaat bagi bayi, tapi juga bagi ibu menyusui. Selain bayinya sehat, moms juga bisa tambah kurus,lho! Karena ketika menyusui, Moms akan mengeluarkan banyak kalori. Oleh karena itu, menyusui secara ekslusif sangat baik untuk mengembalikan berat badan menjadi normal moms, tapi jangan lupa harus diimbangi dengan olahraga dan makanan yang sehat juga ya moms!

 

4. Istirahat yang cukup

Mungkin tidur delapan jam sehari adalah hal yang sulit bagi seorang Ibu. Tapi moms, tidur yang cukup dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Dalam sebuah penelitian, ibu baru yang tidur 5 jam atau kurang cenderung sulit turun berat badan dibandingkan dengan mereka yang tidur 7 am per hari. Jika moms kurang tidur, hal ini dapat mempengaruhi metabolisme tubuh yang menyebabkan penurunan berat badan menjadi lambat. Oleh karena itu, moms bisa meminta bantuan pasangan atau babysitter  untuk bergantian merawat si kecil, sementara moms beristirahat sejenak agar tidak kelelahan ya!

 

5. Jangan lupa untuk tetap berolahraga, Moms !

Selain mengatur pola makan, dan beristirahat yang cukup, kayaknya kurang lengkap kalo moms gak berolahraga deh. Tapi inget ya moms, usai melahirkan lakukan olahraga secara bertahap dan jangan terlalu berat. Oleh karena itu, moms bisa berkonsultasi dengan dokter agar tetap aman dan sehat berolahraga pasca melahirkan.