Belajar Ngopi di Gerobak Kopi 86 Pontianak

Belajar Ngopi di Gerobak Kopi 86 Pontianak

Menurut saya ada 3 aliran penikmat kopi, yang pertama penikmat kopi sachet dan dengan gula pastinya, yang kedua penikmat kopi ala-ala anak gahul yang ehhmmm you know lah??!!...dan yang ketiga penikmat kopi yang nyata, yang dia memang cinta dengan cita rasa kopi sesungguhnya sampai-sampai mencoba mempelajari dari A sampai Z proses pengolahan kopi hingga kopi bisa dinikmati.

Bang Andi sapaan akrab pemilik kedai Gerobak Kopi 86 ini, di dampingi dengan Bang Aji yang tak lain adalah keponakan beliau mengembangkan konsep ngopi enak nggak harus mahal dan di tempat yang mewah, tujuan lain dari gerobak kopi ini adalah memperkenalkan kopi agar dikenal oleh masyarakat Indonesia lho, Gengs!

 

Bang Andi yang fasih berbahasa jawa ini mendedikasikan sepenuhnya terhadap kopi setelah hijrah ke Jawa selama beberapa tahun dan melanglang buana diberbagai daerah di Indonesia penghasil kopi, akhirnya beliau kembali lagi ke Pontianak dan mendirikan Gerobak Kopi 86 ini.

Bisnis kopi bukan bisnis yang main-main, beliau selalu memperhatikan detail dari racikannya dan selalu berinovasi untuk menemukan cita rasa kopi yang unik, contoh saja ketika saya disaranin untuk coba single origin arabica aceh gayo dari daerah bener meriah, Masya Allah.... sampai sekarang rasa spicy nya tidak bisa hilang dimemori ingatanku.

 

 

Ternyata setelah diceritakan prosesnya, Bang Andi dan Bang Aji memproses sendiri biji kopi tersebut mulai dari pembelian green bean, me roasting hingga peracikan. Per  roastingan pun beliau melakukan penelitian dari berbagai level dan tak luput juga level penggilingan sampai proses peracikan. 

Proses di atas tak hanya dilakukan untuk satu jenis kopi saja, namun hampir seluruh kopi di nusantara ini mulai dari kopi aceh, Sidikalang, kopi jambi, kopi daerah jawa mulai dari jawa barat hingga gunung ijen sampai ke toraja dan papua tak luput dari penelituannya yups...beliau selalu berinovasi untuk menghasilkan kopi nikmat ala gerobak kopi 86. Dan baru-baru ini gerobak kopi 86 mencoba mengeksplorasi kopi di daerah Kalimantan barat seperti robusta punggur, arabica ketapang dan beberapa daerah di kalbar yang memiliki potensi penghasil kopi.

 

 

Bang Andi pun tak segan-segan untuk mengajarkan saya dan rekan-rekan lain, bagaimana memilih dan meracik kopi yang nikmat dan bagaimana bisa menciptakan aroma dan cita rasa kopi tersebut.

Hampir lupa Gengs, alamat dari Gerobak Kopi 86 ini berada di Jalan Sejarah Gg Gunung Puting tepatnya 3 rumah sebelah kiri dan buka dari jam 15.00 wib sampai 23.30 wib.

Soo bagi temen-temen yang mau belajar ngopi, kenalan yuk dengan Gerobak Kopi 86. Ingat Gengs, ngopi mewah dan enak nggak mesti di kafe-kafe mahal masih ada gerobak kopi yang selalu menemani...salam srupuut!!!

Pecandu kopi