Begitu Mahalnya Harga Sebuah Kepercayaan Hingga Tak Bernominal

Begitu Mahalnya Harga Sebuah Kepercayaan Hingga Tak Bernominal

Photo by rawpixel on Unsplash

 

Mencari kepercayaan itu sulit lho gengs, tidak semua orang bisa mendapatkan sebuah kepercayaan, hanya orang-orang tertentu sajalah yang mendapatkannya, yah, salah satunya kalian gengs. Kalian yang suka berkata jujur, menjaga amanah dan berbuat baik pastinya.

Bicara tentang kepercayaan, berarti bicara tentang amanah atau titipan yang diberikan seseorang kepada kita. Kepercayaan tersebut diberikan karena orang tersebut yakin kita mampu dan pantas untuk menerimanya. Tak heran jika mendapat sebuah kepercayaan dari orang lain adalah hal yang sangat berharga dan mahal. Hal tersebut tidak bisa dibandingkan dengan suatu kekayaan misal uang atau materi karena kepercayan hanya bisa dibuktikan dengan proses yang panjang. 

Jika suatu saat kekayaan yang kita miliki hilang, kita bisa mendapatkannya kembali dengan usaha dan kerja keras. Namun jika suatu kepercayaan yang diberikan seseorang pada kita sudah hilang, maka kita sulit mendapat kepercayaan itu kembali. Meskipun kita berjanji sampai merengek-rengek tidak akan mengulangi lagi atau minta maaf sambil menangis, belum tentu janji atau kata maaf tersebut mengembalikan rasa percaya yang dulu pernah ada karena sekali kepercayaan itu luntur dan berkurang, semua tak akan kembali seperti semula.

 

Kepercayaan itu ibarat cermin, Gengs? 
Mungkinkah sebuah cermin yang pecah bisa kembali seperti semula?
Tentunya tidak kan gengs, sekali ia retak selamanya ia akan retak. Jikalau pecah, bisa saja kita menyatukan kembali serpihan yang berserakan tapi tetap saja cermin tersebut tidak bisa kembali seperti semula.

Dalam hubungan apapun, suatu kepercayaan tentu harus selalu menjadi hal utama. Baik itu hubungan pernikahan, kerja, bisnis, semua itu dibangun atas dasar kepercayaan. Bahkan hubungan keluarga pun bisa saja berjarak jika terdapat suatu kekecewaan. Maka cara terbaik untuk terus dipercaya adalah dengan senantiasa menjaganya. 

Jika kalian adalah seorang anak, lalu orang tua memberikan kepercayaan penuh, maka jaga diri dengan sebaik-baiknya, pilih lingkungan yang cermat dan teman sepintar-pintarnya. Karena setiap kepercayaan yang diberikan oleh mereka, ada harapan besar dan doa yang disisipkan untuk kalian sebagai anaknya.

Jika kalian adalah seorang suami atau istri, jaga kepercayaan yang telah diberikan pasangan dengan sebaik-baiknya. Salah satunya dengan selalu terbuka dan jujur akan hal-hal yang terjadi dalam keseharian. Selain itu libatkan pasangan jika berinteraksi dengan lawan jenis terlebih yang bukan mahromnya. Sebab suami yang baik adalah ia yang mampu menjaga hati dan kepercayaan istrinya. Begitu pula sebaliknya seorang istri yang baik adalah istri yang mampu menjaga dirinya.

Jika kalian adalah seorang pengusaha, tentu kepercayaan adalah syarat mutlak untuk mengembangkan bisnis kalian. Jujur merupakan salah satu kunci meningkatkan kepercayaan pelanggan. Jangan sampai pelanggan merasa kecewa atau dibohongi, karena sekali mereka kecewa selamanya mereka tidak dapat percaya terhadap kalian. 

Sekali lagi, sebuah kepercayaan adalah hal yang begitu mahal harganya, sekali hilang tak akan mendapatkannya kembali seperti semula. So, jika kalian adalah orang-orang yang dipercayai, maka jagalah kepercayaan itu.