Bahaya Makanan dalam Plastik, Ini 4 Hal yang Harus diperhatikan!

Bahaya Makanan dalam Plastik, Ini 4 Hal yang Harus diperhatikan!
Bahaya Makanan dalam Plastik, Ini 4 Hal yang Harus diperhatikan!

Kebanyakan orang tidak mengerti tentang keamanan bahan kimia yang ditemukan dalam plastik.Tetapi dalam beberapa tahun terakhir, konsumen dan pakar kesehatan masyarakat semakin menyatakan keprihatinan tentang dampak kesehatan potensial dari paparan kita terhadap plastik sehari-hari yang biasa dipakai dan pada plastik mikro yang secara tidak sengaja terpapar pada manusia melalui makanan, air, dan udara.

 

Namun dalam praktiknya, "itu sebenarnya tidak terlalu dipahami dengan baik," katanya, dan "kami masih menggunakan bahan kimia berbahaya yang dikenal untuk membuat kemasan plastik yang larut ke dalam makanan."

 

Beberapa contoh paling terkenal termasuk BPA, ditemukan dalam botol air plastik, wadah penyimpanan plastik, penerimaan kertas termal, dan lapisan kaleng makanan; dan phthalate, ditemukan dalam banyak produk dan sering digunakan untuk membuat plastik PVC (seperti kulit imitasi dan beberapa tirai shower) lebih fleksibel, kata Vandenberg.

 

Karena ada begitu banyak yang tidak diketahui, kita harus mengambil pendekatan yang lebih hati-hati untuk memutuskan apakah plastik itu aman atau tidak, hemm...


Menghindari plastik sama sekali hampir tidak mungkin, tetapi dimungkinkan untuk mengurangi paparan mu terhadap bahan kimia yang ditemukan dalam beberapa produk, gengs.

 

1.Makanlah makanan segar

Semakin banyak makanan olahan yang kamu konsumsi, semakin banyak pula yang bersentuhan dengan bahan-bahan yang berpotensi melarutkan bahan kimia.
 

Jangan membeli ke sensasi "bioplastik". Plastik hijau atau biodegradable kedengarannya hebat, tetapi sejauh ini, itu tidak sesuai dengan hype. Sebagian besar data menunjukkan bahwa produk-produk ini tidak dapat terbiodegradasi seperti yang disiratkan oleh pemasaran mereka, katanya. Selain itu, penelitian terbaru ini menunjukkan bahwa produk-produk ini (seperti biobased, biodegradable PLA) dapat memiliki tingkat toksisitas yang tinggi.


2. Jangan menyimpan makanan mu dalam plastik

Wadah makanan bisa mengandung bahan kimia yang larut ke dalam makanan. Ini terutama berlaku untuk makanan yang berminyak atau berlemak, menurut Muncke, dan makanan yang sangat asam atau basa. Pilih wadah stainless steel, gelas, atau keramik lembam, gengs.

 

3. Jangan memanaskan plastik

Pemanasan plastik dapat meningkatkan laju pelepasan bahan kimia, jadi cobalah untuk tidak memasukkannya ke dalam microwave atau mesin pencuci piring. Bahkan meninggalkan wadah plastik di dalam mobil panas dapat meningkatkan pelepasan bahan kimia yang memprihatinkan, gengs.

 

4. Pilih dengan dompet mu

Cobalah untuk membeli produk yang tidak dikemas dalam plastik sejak awal.  Kita perlu membuat produsen sadar bahwa ada masalah. Ada produk yang bisa memberikan manfaat yang kita butuhkan untuk membuat rantai makanan lebih aman.

Demikianlah 4 hal yang perlu diperhatikan agar terhindar dari bahaya plastik, gengs.